Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.302 views

Ulama Saudi Bersimpati Kepada Ikhwan Ikut Diberangus

RIYAD (voa-islam.com) - Pemerintah Arab Saudi pada  Jumat (7/3), menyatakan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris, kebijakan  itu merupakan upaya menyerang Ikhwan dalam kondisi mereka yang sulit, akibat tindakan junta militer Mesir.

Arab Saudi ikut menyatakan Ikhwan sebagai ‘teroris’, langkah ini seperti yang dijalankan oleh Zionis-Israel dan Amerika yang menyatakan al-Qaidah sebagai teroris.

Langkah Arab Saudi itu, sebagai langkah kampanye ke seluruh dunia terhadap Ikhwan, sebagai teroris,  kata  Abdulkhaleq Abdulla, seorang profesor ilmu politik di Universitas Uni Emirat Arab (UAE).

Dikeluarkannya daftar hitam oleh Saudi, dan kemudian diikuti oleh negara Teluk (GCC), seperti Bahrain dan UAE, selanjutnya menarik Duta Besar mereka dari Qatar, yang dianggap menjadi pendukung pemerintah Presiden Mesir Mohammad Mursi dari Ikhwan.

“Ikhwanul Muslimin  telah kehilangan begitu banyak assetnya,  sebagai  akibat dari tindakan biadab di Mesir,  dan penggulingan kepemimpinan mereka, mungkin benar melarang mereka”, kata Abdulla.

Dengan bergabung Mesir menetapkan kelompok Ikhwan sebagai organisasi teroris, Kerajaan Arab Saudi, akan dapat membujuk pemerintah Barat di memblacklist (memasukkan daftar hitam)  Ikhwan, dan akan semakin melemahkan kekuatan gerakan itu, tambah  analis itu.

“Mungkin UEA dan Negara Teluk lainnya,  bergabung bersama, dan akan mengirim pesan ke Barat, ke London dan Washington, ini mungkin akan menjadi tujuan utama  Saudi”, katanya kepada Al Arabiya.

Larangan kepada Da’i

Larangan terhadap Ikhwan dan memasukkan organisasi itu sebagai ‘teroris’, kemudian diikuiti dengan tindakan terhadap para ulama dan da’i yang selama ini dinilai menjadi pendukung Ikhwan, dan Mursi. Para ulama dan da’i itu, sekarang dilarang memberikan simpati kepada Ikhwan dan gerakannya melalui ceramah-ceramahnya mereka.   

Perubahan ini juga nampak dari  Twitter yang menunjukkan perubahan gambar profil sejumlah tokoh agama. Ini membandingkan foto-foto mereka sebelum dan sesudah Kerajaan Arab Saudi melarang Ikhwan.

Sheikh Mohamad al-Arefe, seorang ulama terkemuka Saudi, dan  profesor di Universitas Raja Saud di Arab Saudi , telah  mengubah tampilan fotonya di Twitter yang awalnya berisi logo dengan jari yang menunjukkan  “Rabaa”, yang menggambarkan  empat jari - sekarang dilarang di Mesir – dan merupakan simbol perjuangan para  pendukung mantan Presiden Mohammad Mursi .

Pengguna Twitter mengkritik Arefe, yang memiliki lebih dari 8 juta pengikut di Twitter, agar mengubah  fotonya. Ini tak lain, taktik dari Kerajaan Saudi, yang melarang segala sesuatu yang menguntungkan bagi Jamaah Ikhwan.

Salman al-Odah , seorang ulama terkemuka dan  penulis, serta penceramah di sejumlah program TV keagamaan, juga telah mengubah profil gambar di Twiter gambarnya, dan sekarang  tanpa simbol ‘Rabaa’.

Karena ketegangan antara negara-negara Teluk dicatat bahwa tweet yang dilakukan oleh beberapa ulama ini menjadi kurang eksplisit mendukung Ikhwan di Mesir atau bagian-bagian lain di wilayah negara itu. Mereka diberangus oleh kerajaan yang tidak menginginkan apapun yang berbau Ikhwan harus dijauhi.

Kemudian, Arefe  mengatakan di Twitter,“Pengguna Twitter yang terhormat ... Barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, sepatutnya dia berkata baik atau diam”, secara tidak langsung menghindari kritik terhadap Kerajaan, yang baru-baru ini untuk melarang Ikhwan. (afgh/aby/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam