Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.557 views

PBB: Mogadishu Lebih Aman Bagi Pekerja Kemanusiaan Saat Dikuasai Al-Shabaab

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Seorang pejabat senior PBB mengatakan bahwa di ibukota Somalia Mogadishu hari ini lebih berbahaya bagi para pekerja kemanusiaan untuk melakukan tugasnya dibangingkan ketika bagian-bagian kota itu dikuasai oleh kelompok mujahidin Al-Shabaab.

Situasi ini membuat sangat sulit bagi para pekerja bantuan untuk memberi pertolongn hampir 370.000 orang pengungsi internal (IDP), terutama perempuan dan anak-anak, yang tinggal di kamp-kamp kumuh yang tersebar di seluruh Mogadishu dan diteror oleh milisi-milisi pro pemerintah yang menjalankan kamp-kamp tersebut, Edem Wosornu, pejabat pelaksana kantor untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan  Somalia (OCHA), mengatakan kepada Thomson Reuters Foundation.

Al-Shabaab menguasai sebagian besar Somalia selatan dari tahun 2006 hingga 2011, ketika pasukan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) mengusir mereka keluar dari Mogadishu dan daerah perkotaan lainnya.

Meski demikian, mujahidin Al-Shabaab masih bisa melakukan serangan dengan target bagian ibukota yang dikuasai pemerintah, dan juga di seluruh kawasan tersebut, sesuka hati mereka.

"Saya telah meliput Somalia selama tiga tahun terakhir dan ini adalah yang terburuk," kata Wosornu.

"Ini bahkan lebih buruk dibanding ketika Al-Shabaab memegang kendali mayoritas distrik di Mogadishu karena Anda tahu daerah mana yang tidak aman untuk pergi dan daerah mana yang disebut aman. Ketika anda berkendara dengan Casspirs [kendaraan lapis baja yang melindungi dari ranjau darat] dengan pasukan AMOSOM, Anda tahu bahwa Anda berada di semacam zona perang."



Misi kemanusiaan memperluas kehadiran mereka di Mogadishu setelah Al-Shabaab diusir dari kota tersebut dan merelokasi staf yang telah bekerja dari tetangga Kenya.

Sebuah serangan di kompleks utama PBB di Mogadishu pada bulan Juni tahun lalu, yang menewaskan sedikitnya 22 orang, bagaimanapun telah merubah permainan.

"(Serangan) 19 Juni merupakan pukulan mutlak," kata Wosornu. "Seluruh landscape berubah."

OCHA memiliki 22 staf yang berbasis di Mogadishu pada waktu itu, termasuk sembilan staf internasional. Enam berada di kompleks PBB ketika diserang, katanya, dan sebagai akibat dari serangan itu OCHA mengurangi staf di ibukota hingga menjadi dua.

Hingga kini Situasi keamanan tetap genting di ibukota. Dalam beberapa pekan terakhir, Mogadishu telah dilanda serangkaian bom jibaku, termasuk serangan terhadap kompleks presiden pada 21 Februari yang menewaskan sedikitnya 11 orang.

Uganda berencana untuk mengirim sekitar 400 tentara tambahan untuk melindungi personil PBB di Mogadishu sebagai tanggapan atas permintaan PBB.

Serangan itu membuat sulit pekerja kemanusiaan untuk menjangkau mereka yang membutuhkan.

Mogadishu adalah rumah bagi sekitar 369.000 pengungsi, yang tinggal di ratusan permukiman kumuh yang tersebar di seluruh kota. Sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak yang telah melarikan diri dari kelaparan dan perang.

Milisi pro pemerintah yang menjalankan kamp-kamp kumuh tersebut sering memperkosa perempuan dan anak perempuan di tenda-tenda mereka dan memeras bantuan untuk pengungsi, para pekerja bantuan mengatakan.

"Para pengungsi hidup dalam kondisi menyedihkan," kata Wosornu. "Kamp-kamp cukup mengerikan."

Dia mencoba untuk mengunjungi salah satu kamp pada 12 Februari dengan direktur operasi OCHA John Ging.

"Ketika kami berada di kamp kami mendengar suara tembakan, dan Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB harus meminta kami untuk keluar dari kamp segera," katanya.

"Ketidakamanan di Mogadishu tidak memungkinkan kita untuk melakukan pekerjaan kita dengan cara yang kita inginkan ... Ini bukan pengiriman bantuan besar karena kita memiliki masalah keamanan serius." (by/harar)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam