Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.601 views

Uni Afrika Tetapkan Milisi Kristen Anti-Balaka Sebagai Teroris

REPUBLIK AFRIKA TENGAH (voa-islam.com) - Uni Afrika, hari Selasa (25/3/2014) menetapkan milisi Kristen yang menargetkan umat Muslim di Republik Afrika Tengah (CAR) sebagai "teroris" dan mengatakan mereka akan diperlakukan sebagai petempur musuh. Penetapan ini diumumkan sehari setelah penjaga perdamaian Kongo tewas akibat serangan kelompok yang disebut anti-Balaka tersebut.

Uni Afrika (AU) mengatakan penjaga perdamaian dari Republik Kongo tewas dalam pertempuran Senin malam di Boali, 80 km utara dari Bangui. Pasukan AU menewaskan 12 milisi Kristen dalam bentrokan berikutnya, kata pernyataan itu.

Insiden itu adalah yang terbaru dalam gelombang serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian AU, yang dikenal sebagai MISCA, oleh milisi Kristen anti-Balaka yang sekarang banyak berkeliaran di ibukota dan seluruh bekas koloni Prancis tersebut yang berpenduduk 4,5 juta orang.

"Sejak saat itu, MISCA menganggap milisi Kristen anti-Balaka sebagai teroris dan petempur musuh, dan mereka akan diperlakukan demikian," kata pernyataan tersebut.

Pembunuhan terhadap pasukan Kongo menjadikan jumlah pasukan penjaga perdamaian MISCA yang telah meninggal di Republik Afrika Tengah menjadi 21 tentara, pernyataan itu menambahkan.

PBB memperkirakan sekitar 15.000 Muslim masih terjebak di Bangui dan daerah lainnya di utara, barat laut dan selatan negara itu, yang meski ada pasukan internasional tetapi tidak terlindungi.

Tembakan senjata berat dan ledakan granat terdengar ketika pertempuran mencengkeram bagian ibukota selama akhir pekan, menewaskan sedikitnya sembilan orang, menurut Palang Merah setempat.

Amal medis Medecins Sans Frontieres mengatakan tim mereka merawat 38 orang yang terluka oleh peluru, ledakan atau parang.

"Serangan-serangan baru menunjukkan bahwa kekerasan di Bangui belum berakhir, meskipun kehadiran lanjutan dari pasukan internasional," kata Hakim Chkam, kepala misi MSF dalam CAR.

Pejabat tinggi HAM PBB memperingatkan pekan lalu bahwa kebencian antara Kristen terhadap Muslim di Republik Afrika Tengah telah mencapai "tingkat yang mengerikan". (by/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X