Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.177 views

Menlu Julie Bishop: 150 Warga Australia Berjihad di Irak dan Suriah

CANBERRA, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Sekitar 150 warga Australia telah berjihad bersama mujahidin di Suriah dan Irak sehingga meningkatkan kekhawatiran akan ancaman bagi Australia jika para mujahid itu kembali ke kampung halaman mereka, kata menteri luar negeri pada hari Kamis (19/6/2014).

Menteri Luar Negeri Julie Bishop mengatakan ia telah membatalkan sejumlah paspor atas saran dari badan-badan keamanan dalam upaya untuk mengurangi ancaman keamanan bagi Australia. Dia tidak mengatakan apakah paspor yang dibatalkan tersebut untuk mencegah warga Australia pergi atau kembali ke negara itu.

"Perkiraan terbaik kami adalah bahwa ada sekitar 150 warga Australia ... yang telah atau masih berjuang dengan kelompok-kelompok oposisi di Suriah dan di luar," kata Bishop kepada Australian Broadcasting Corp

Di Suriah, katanya tampaknya mereka telah pindah dari mendukung kelompok oposisi yang lebih moderat kepada yang lebih ekstrim dan itu termasuk kelompok ISIS, atau Negara Islam Irak dan Suriah Raya.

Duta Besar Irak untuk Australia, Mouayed Saleh, mengatakan bahwa warga Australia yang berjuang bersama ISIS harus dicabut kewarganegaraan mereka.

"Jika mereka bergabung dengan ISIS, tentu saja," kata Saleh. "Seluruh dunia ... tidak akan membiarkan orang untuk bergabung kepada kekuatan-kekuatan buas."

Dia menyambut baik keputusan Australia membatalkan paspor tersangka militan (baca;mujahid) dan mendesak pemerintah untuk tetap waspada. Dia tidak secara pribadi mengetahui adanya mujahid Australia di Irak.

Menteri Imigrasi Scott Morrison mengatakan pencabutan kewarganegaraan tidak bisa dikesampingkan. Dia mengatakan militan yang tinggal di Australia sebagai penduduk tetap bisa dapat dicabut visa mereka.

Polisi Australia telah mendakwa beberapa orang dalam beberapa bulan terakhir karena merekrut pejuang dan mendukung perjuangan bersenjata di Suriah. Beberapa orang telah dicegah meninggalkan Australia atas kecurigaan bahwa mereka berniat untuk berjihad.

"Kami prihatin bahwa warga Australia bekerja sama dengan mereka, menjadi radikal, mempelajari ketrampilan teroris dan jika mereka kembali ke Australia, tentu saja itu merupakan ancaman keamanan dan kami melakukan apa yang kami bisa untuk mengidentifikasi mereka," kata Bishop.

Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan warga negara Australia yang diduga berjihad di Timur Tengah akan diawasi jika mereka kembali.

"Kami melipatgandakan kewaspadaan kita di perbatasan kami untuk mencoba untuk memastikan bahwa para jihadis tidak mendapatkan akses ke negara kita atau dipantau jika mereka memiliki hak akses ke negara ini," katanya.

"Saya tidak ingin orang berpikir ini hanyalah sebuah kesulitan dalam negara jauh yang tidak memiliki konsekuensi bagi dunia yang lebih luas," tambahnya. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X