Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.291 views

Dabiq, Majalah Perdana Terbitan 'Kekhalifahan Islamiyah'

SURIAH (voa-islam.com) - Sebuah majalah besutan ISIS -rebranded IS- dirilis dengan nama DABIQ. Edisi perdana DABIQ bertema The Return of of Khilafah atau Kembalinya Khilafah. Dengan cover warna dominan coklat dan berlatar belakang peta Bumi Syam, DABIQ disebarluaskan secara online.

Gambar tersenyum penduduk setempat, cerita pengalaman yang mengubah hidup, artikel memuliakan abad warisan dan memprediksi masa depan yang cerah: jika "khalifah" yang mengangkangi Irak dan Suriah memiliki sebuah maskapai penerbangan, Dabiq akan menjadi pesawat terbangnya.

Majalah 50 halaman yang terbit secara online ini berusaha untuk meyakinkan pembacanya bahwa khalifah yang dicanangkan bulan lalu oleh Baghdadi, pemimpin Negara Islam (IS) di atas lahan dua kali ukuran Israel, adalah rumah yang sah dan layak untuk Muslim di dunia.

Dalam desain, majalah ini sangat mirip majalah Inspire diterbitkan oleh franchise Al-Qaeda di Semenanjung Arab.

Penekanan editorial di Dabiq, analis mengatakan, lebih pada pembangunan negara dari pada masalah operasional. Banyak pejuang asing telah mengambil langkah itu dan Richard Barrett, mantan kepala kontra-terorisme di Inggris badan intelijen asing MI6, berpendapat Dabiq berupa brosur yang menjual kekhalifahan sebagai entitas nyata dan kredibel.

"Ini adalah fenomena yang sama seperti teknik iklan yang bertujuan untuk mendukung pilihan Anda sebagai produk menginspirasi", kata Barrett, yang sekarang bekerja untuk The Soufan Group, sebuah konsultan berbasis di New York.

Majalah Berhubungan Dengan Akhir Zaman

Ribuan orang asing telah bergabung dengan kelompok jihad di Suriah sejak awal perang di sana pada Maret 2011 dan banyak dari mereka yang sekarang bagian dari baru -rebranded IS, yang telah memperluas kekuasaanya dari Irak ke Suriah.

Isu pertama Dabiq juga menyanyikan pujian kepada jihadis kelahiran Yordania Abu Musab al-Zarqawi, seorang komandan militer yang memimpin IS pertama kali sebelum gugur di tahun 2006 karena serangan udara AS.

Pengantar majalah itu menjelaskan bahwa majalah itu dinamai lokasi pertempuran abad ke-16 besar di tempat yang sekarang di Suriah utara dimana waktu itu Ottoman mengalahkan Mamluk dan memulai fase ekspansionis utama sebuah kekhalifahan Baghdadi dan para pengikutnya menganggap telah menjadi khalifah terakhir.


Apa kelompok jihad yang "ingin berkomunikasi dengan memilih nama ini bahwa mereka mengikuti jejak Ottoman", kata Neumann, seorang profesor di King College London.

Dabiq juga diungkapkan oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad, Abu Hurairah, sebagai tempat di mana penyerbu dari "Roman" dikalahkan, membuka jalan bagi tentara Allah untuk memperluas dan mengalahkan Dajjal di akhir zaman.

"Tema apokaliptik ini telah menjadi untaian kuat dalam ekstremisme Islam selama bertahun-tahun, dan tampaknya motivator bagi sebagian orang", kata Barrett.

Edisi pertama Dabiq, berjudul "The Return of Khilafah (khalifah)", termasuk kutipan dari pidato oleh Baghdadi menyatakan era baru dalam Islam dan relay seruannya untuk tenaga profesional di seluruh dunia agar datang dan membantu negara baru.

Sambutan Meriah

Majalah ini membawa gambar orang banyak bersorak pada parade militan IS melalui kota-kota Suriah dan Irak dengan bendera hitam, foto grafis tampak warga sipil Sunni dibunuh oleh "Rafidhi", istilah untuk Syiah Rafidhah, dan tentara Syiah "heroik" dibunuh oleh mujahidin.

Dabiq juga dilengkapi sebuah artikel teologis yang panjang dan rumit yang dasarnya membenarkan kekhalifahan dan posisi Baghdadi sebagai pemimpin agama dan politik.

Menurut Barrett, IS "telah pandai menjangkau pendukung dan jelas memiliki kemampuan desain, namun karya tertulis mereka tidak memiliki pizzaz dari Inspire".

Tim redaksi Dabiq juga anehnya memilih untuk menggambarkan artikel tentang "Imamah", atau kepemimpinan, dengan gambar dari perbatasan seekor anjing collie menggiring domba jauh dari tebing.

"Saya kira itu menunjukkan bahwa itu benar-benar dibuat oleh orang Barat", kata Neumann, mengacu pada fakta bahwa anjing dianggap najis dalam budaya Islam dan di sebagian besar dunia Arab.

Menginspirasi dan promosi dari "open source jihad" diyakini telah menjadi gagasan yang lahir dari ulama Yaman Anwar al-Awlaki namun belum jelas siapa yang berada di belakang Dabiq.

Barrett memperkirakan bahwa corong bahasa Inggris kekhalifahan tidak mungkin memiliki dampak yang sama dan sukses seperti Inspire, yang menjadi publikasi jihad paling di download di dunia.

"Propaganda utama masih melalui situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan platform yang lebih interaktif dan 'modern' lainnya," katanya. [acw/WartaPerang/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Ahad, 16/06/2024 13:34

UKT dan Liberalisasi Pendidikan