Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.510 views

Iran Tawan 10 Pelaut dan 2 Kapal Angkatan Laut AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sepuluh pelaut penumpang dua kapal Angkatan Laut AS ditawan oleh Iran di Teluk pada hari Selasa (12/1/2016), kata para pejabat AS,menambahkan bahwa  Teheran berjanji kepada Amerika Serikat akan segera mengembalikan awak kapal tersebut.

"Kami telah menerima jaminan dari Iran bahwa pelaut kami aman dan bahwa mereka akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka segera," kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest kepada CNN.

Dua pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa tidak mungkin para pelaut itu akan dibebaskan dalam semalam.

Kantor berita setengah resmi Iran Fars mengatakan: "Angkatan Laut Pengawal Revolusi Syi'ah Iran menyita kapal Amerika dua kilometer di dalam wilayah perairan Iran saat mereka menyelinap di sekitar."

Pejabat dari Iran dan Amerika Serikat sedang bernegosiasi untuk membebaskan para awak, Fars melaporkan. Para pejabat pertahanan AS mengatakan sembilan pria dan seorang wanita menaiki dua kapal yang disita.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan Amerika Serikat telah kehilangan kontak dini hari dengan dua kapal kecil yang sedang dalam perjalanan dari Kuwait ke Bahrain.

Pejabat AS lainnya mengatakan masalah mekanis mungkin telah menonaktifkan salah satu kapal, yang mengarah ke situasi di mana kedua kapal mengapung secara tidak sengaja memasuki perairan Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif meyakinkan Menteri Luar Negeri AS John Kerry bahwa para pelaut AS itu akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka segera, kata pejabat AS lain.

Dalam sebuah pernyataan, Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) menegaskan mereka menyita kapal dan mengatakan para pelaut itu aman dan baik. Kapal induk Prancis dikatakan Charles de Gaulle dekat perahu AS yang disita.

Mereka berada di kapal dua kapal patroli sungai, salah satu pejabat mengatakan. Perahu sungai itu sepanjang 38-kaki, merupakan kapal patroli kecepatan tinggi yang digunakan oleh Angkatan Laut AS dan Marinir untuk patroli sungai dan perairan pesisir.

Ini adalah insiden yang dilaporkan terbaru antara pasukan AS dan Iran di Teluk dalam beberapa pekan terakhir.

Angkatan Laut AS mengatakan bulan lalu bahwa kapal Garda Revolusi Iran menembakkan roket terarah di dekat kapal perang termasuk kapal induk USS Harry S Truman di Selat Hormuz pada 26 Desember. Namun Iran tidaki mau mengakui kapal mereka telah melakukannya.

Sebelumnya Iran juga terlibat dalam penahanan pelaut dan marinir Inggris.

Pada bulan Juni 2004, Iran menangkap enam Marinir Kerajaan dan dua personel angkatan laut - bagian dari pasukan pimpinan AS di Irak - karena menyimpang ke perairan, meningkatkan ketegangan diplomatik antara keduanya. Menyusul negosiasi kedelapannya dibebaskan tiga hari kemudian.

Pada bulan Maret 2007, pasukan Iran menawan 15 prajurit Inggris - delapan pelaut Angkatan Laut Kerajaan dan tujuh marinir - di mulut Selat Shatt al-Arab yang memisahkan Iran dan Irak, memicu krisis diplomatik pada saat ketegangan atas ambisi nuklir Teheran. Mereka ditahan selama 13 hari.

Pada bulan November 2009, kapal angkatan laut Iran menahan lima warga Inggris yang sedang dalam perjalanan balap yacht dari Bahrain ke Dubai. Mereka dibebaskan sepekan kemudian. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X