Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.713 views

Junta Militer Mesir Paksa Puluhan Hakim Mengundurkan Diri Karena Tolak Penggulingan Mursi

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Dewan Pengadilan Tertinggi Mesir, hari Senin (28/3/2016) memaksa 32 hakim mengundurkan diri karena telah menentang kudeta militer yang menggulingkan presiden asal kelompok Islam Mohamed Morsi pada 2013, kata para pejabat.

Mursi digulingkan oleh kepala militer saat itu dan sekarang menjadi presiden Abdel Fattah al-Sisi, dan sejak itu pemerintah telah menumpas segala bentuk perbedaan pendapat, termasuk sekuler dan liberal terlebih kepada Islam.

"Hari ini, Dewan Pengadilan Tertinggi mengambil keputusan untuk memaksa 32 hakim pensiun karena intervensi dalam politik dan mendukung pihak tertentu" setelah penggulingan Mursi, seorang pejabat senior dari dewan mengatakan pada kondisi anonimitas.

Pekan lalu Dewan tersebut, yag berada dibawah bayang-bayang junta militer Mesir pimpina Al-Sisi telah mengambil tindakan serupa terhadap 15 hakim lainnya untuk alasan yang sama.

Para hakim tersebut telah ditangguhkan sejak Maret 2015 setelah sebuah panel yang lebih rendah dari dewan memerintahkan mereka dikirim untuk pensiun. Pada hari Senin dewan memperkuat perintah tersebut.

Para hakim itu telah menolak untuk mengakui legalitas penggulingan Mursi, presiden pertama yang dipilih secara bebas di Mesir yang digulingkan setelah protes jalanan massal oleh kaum sekuler dan liberal terhadap setahun pemerintahannya.

Pejabat Dewan mengatakan bahwa beberapa hakim telah secara terbuka menyatakan penentangan mereka terhadap penggulingannya pada saat itu dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani di Rabaa al-Adawiya Square Kairo.

Puluhan ribu pendukung pro-Morsi telah berdemonstrasi di alun-alun selama berminggu-minggu menuntut pengembalian Mursi.

Pada 14 Agustus 2013 Polisi menyerbu Rabaa al-Adawiya Square untuk membubarkan aksi duduk damai tersebut.

Ribuan orang tewas dalam beberapa jam di Rabaa al-Adawiya dan Nahda Square di ibukota di mana aksi protes serupa lain diadakan.

Ratusan lainnya juga tewas dalam bentrokan jalanan dengan polisi selama beberapa bulan setelah pembantaian 14 Agustus

Kelompok hak asasi global Amnesty International dan Human Rights Watch mengatakan bahwa sedikitnya 40.000 orang ditahan dalam tahun pertama dari pemecatan Mursi pada 3 Juli 2013.

Ratusan lebih telah dijatuhi hukuman mati atau hukuman penjara panjang setelah pengadilan massal cepat, termasuk Mursi dan beberapa pemimpin gerakan nya dilarang Ikhwanul Muslimin.

Komisi Internasional untuk Ahli Hukum mendesak Mesir untuk membalikkan keputusan mengenai hakim.

"Intensitas serangan Mesir terhadap individu hakim mencapai tingkat yang menakutkan," kata Said Benarbia, direktur ICJ Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dia mengatakan langkah itu mengirimkan "pesan mengerikan kepada orang lain yang mungkin menantang tindakan keras yang sedang berlangsung pada hak-hak dasar dan kebebasan di Mesir." (st/AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 22/05/2024 17:21

Racun-racun Perusak Ukhuwah