Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.251 views

Uni Emirat Arab Akhiri Misi Tempur di Yaman

DUBAI (voa-islam.com) - Uni Emirat Arab (UEA) telah mengumumkan akhir operasi tempur mereka di Yaman, menandai kepulangan dari koalisi pimpinan Saudi yang telah melancarkan perang di negara miskin tersebut.

"Sudut pandang kami jelas: perang berakhir untuk pasukan kita. Kami sedang memantau pengaturan politik, pemberdayaan warga Yaman di daerah dibebaskan," Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, putra mahkota Abu Dhabi dan wakil panglima tertinggi dari Angkatan Bersenjata UEA, menulis di akun resmi Twitter-nya pada Rabu malam (15/6/2016), mengutip pernyataan sebelumnya Menteri Negara Urusan Luar Negeri Anwar Gargash.

Tidak ada penjelasan telah diberikan mengapa keputusan itu dibuat.

UAE telah menderita korban besar dalam perang melawan pemberontak Syi'ah Houtsi dan sekutunya di Yaman.

Pada hari Senin, sebuah helikopter militer UEA jatuh di dekat pantai al-Buraiqeh dari kota pelabuhan Yaman selatan Aden, menewaskan dua pilot.

Pada tanggal 14 Maret, dua pilot UEA tewas ketika jet tempur Mirage mereka jatuh karena kesalahan teknis saat melakukan operasi militer untuk koalisi militer yang dipimpin Saudi di distrik Yaman yang sama.

Seorang komandan militer senior UEA dan tiga tentara asing lainnya dari koalisi yang didukung Saudi telah tewas dalam serangan oleh pasukan pemberontak Yaman di distrik Dhubab dari provinsi barat daya Ta'izz dua bulan sebelumnya.

September lalu, UEA menegaskan bahwa setidaknya 52 tentara mereka tewas ketika para pejuang Ansarullah dan pejuang sekutu dari Komite Rakyat menembakkan berondongan rudal di dipimpin Saudi polisi asing di Ma'rib Provinsi pusat. Setidaknya 70 tentara juga terluka dalam serangan rudal.

Sementara itu, ada laporan bahwa pasukan dan penasihat militer Yordania akan menggantikan tentara UEA berjuang dalam perang negara Arab Sunni melawan pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran di Yaman.

Kantor berita Yaman Khabar, mengutip sumber-sumber informasi, melaporkan bahwa keputusan telah dibuat setelah kunjungan oleh Deputi Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman Al Saud ke Yordania pada pertengahan April.

Putra mahkota Saudi juga melakukan perjalanan ke UEA dalam upaya untuk memperbaiki hubungan setelah laporan gesekan yang signifikan antara kedua sekutu selama perang Yaman.

Sebuah keputusan Saudi awal tahun ini untuk memberhentikan seorang mantan jenderal yang memiliki hubungan dekat dengan UEA membuat marah penguasa Emirat.

Pada bulan Februari, presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi yang didukung Arab Saudi memecat Khaled Bahah dan menunjuk Ali Mohsen Al Ahmar untuk memimpin perang melawan pemberontak Syi'ah Houtsi dan sekutunya di Yaman. Ahmar telah berbasis di Arab Saudi sejak pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran mengambil alih Sana'a pada tahun 2014.

Arab Saudi meluncurkan agresi militer terhadap Yaman pada 26 Maret 2015, dalam upaya untuk membantu Presiden Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi - yang merupakan sekutu setia Riyadh - kembali ke kekuasaan dan mengalahkan pemberontak Syi'ah Houtsi yang mencaplok banyak wilayah negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X