Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.404 views

Pejuang Oposisi dan Rezim Assad Lakukan Pertukaran Tawanan di Aleppo

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Juru bicara dari Gerakan Ahrar al-Sham Abu Yousef al-Mujajir mengkonfirmasi kesepakatan pertukaran tawanan antara rezim Suriah dan faksi pejuang oposisi pada hari Senin (20/6/2016).

Al-Muhajir mengatakan kepada Zaman al-Wasl bahwa pertukaran tawanan itu termasuk pembebasan dua tawanan milisi pro-rezim Liwa Al-Quds untuk dua tawanan kelompok oposisi brigade al-Sultan Murad.

Seorang sumber dari Bulan Sabit Merah (RC) yang mensponsori pertukaran itu menunjukkan para tawanan dari milisi Quds adalah pemimpin dalam milisi tersebut.

Kedua tawanan dari faksi oposisi brigade al-Sultan Murad menjadi tawanan pasukan rezim sebulan yang lalu selama gerak maju rezim di front al-Malah, al-Muhajir mengkonfirmasi.

Al-Muhajir menunjukkan tawanan Quds itu, salah satu dari mereka ditangkap oleh brigade Nuruddin al-Zanki dan yang lainnya berawa di tangan brigade al-Muntasir Billah. Mereka berasal dari kamp al-Nairab dan Ahrar al-Sham hanya mengkoordinasikan pertukaran tersebut.

Sumber Bulan Sabit Merah pada gilirannya menggambarkan operasi itu kepada Zaman al-Wasl itu sebagai pertukaran tawanan tingkat tinggi karena dalam pertukaran itu termasuk  para pemimpin dan pertukaran terjadi di titik perlintasan Bustan al-Qasir.

Sumber RC mengungkapkan operasi pertukaran dilakukan oleh tim koordinasi RC dari dua sisi dari titik-titik perlintasan. Kedua pihak bertemu di tengah-tengah titik perlintasan untuk kemudian mengumumkan keberhasilan operasi tersebut.

Sumber itu menambahkan pertukaran dilakukan dengan proposal dari salah satu pihak ke RC mengenai pertukaran tawanan. Satu permintaan faksi atau sebuah LSM atas nama rezim. Mereka menyampaikan permintaan itu kepada RC untuk melakukan negosiasi dan RC memediasi perundingan pertukaran seluruhnya sampai mencapai kesepakatan.

Koordinator RC telah mengambil foto dari tawanan dari kedua belah pihak untuk menanamkan kepercayaan di kedua belah pihak. Sumber itu menjelaskan pertukaran mayat lebih mudah daripada pertukaran tawanan dan membutuhkan sedikit usaha.

Milisi Liwa al-Quds bertempur di jajaran rezim Assad di Aleppo sejak pembentukannya pada tahun 2013 oleh warga Palestina kelahiran Nairab, Mohamed al-Saeed dengan fasilitas dan koordinasi dengan Intelijen Angkatan Udara Suriah. Para anggota milisi termasuk warga Palestina dan Suriah.

Milisi Quds terkait dengan Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) yang ditempatkan di bandara al-Nairb dekat kamp di sekitar Aleppo.

Hubungan antara keduanya ditingkatkan untuk kepentingan Iran untuk membentuk Hizbullata Suriah. Pemerintah Syi'ah Iran mulai mendukung milisi Quds secara finansial, militer, dan logistik. Satu operasi milisi Quds termasuk menggali terowongan di sekitar bandara Nairb untuk menjamin perlindungan bagi para pengawal revolusi di dalam bandara yang takut pejuang oposisi menyerbu bandara tersebut.

Jumlah preman Syi'ah Shabiha di Liwa Al-Quds diperkirakan sebanyak 1.000 milisi bersenjata dan Liwa Al-Quds dianggap sebagai tulang punggung dari Shabiha di provinsi Aleppo. Milisi itu bertempur bersama pasukan Assad di front al-Zahraa, al-Ramuseh, Azizeh, Karam al-Tarab, al-Bareej, dan Handarat. (st/za)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X