Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.875 views

Buntut Upaya Kudeta, Warga Turki di AS Tuntut Ekstradisi Fetullah Gulen ke Turki

PENNSYLVANIA (voa-islam.com) - Warga Turki di AS pada Sabtu (16/7/2016) berkumpul di Pennsylvania untuk memprotes upaya kudeta di Turki yang dipimpin oleh seorang ulama ekspatriat yang tinggal di pengasingan di negara bagian tersebut.

Sekitar 100 warga Turki dari negara-negara bagian tetangga berkumpul di kediaman Fetullah Gulen di Saylorsburg.

Beberapa datang dari jauh seperti Washington DC untuk menuntut ekstradisi Gulen ke Turki di mana ia diburu untuk dakwaan terkait dengan beberapa upaya untuk secara paksa menjatuhkan pemerintah Turki yang terpilih.

Upaya terbaru terjadi Jum'at malam ketika sebuah kelompok dalam tentara mencoba untuk melakukan sebuah kudeta militer - meningkatkan kecemasan dari apa yang banyak orang Turki harapkan adalah era yang telah berlalu dari kudeta periodik oleh militer yang secara historis kuat di negara itu.

Sekitar 160 orang tewas oleh komplotan kudeta yang memblokir jembatan dan bandara, berusaha memadamkan media dan bergerak jauh dengan mengebom Gedung Parlemen, bangunan-bangunan utama dan menembaki para warga Turki dan aparat penegak hukum.

"Obama, buat dia pergi!" dan "Bangsa ini di sini, di mana para pengkhianat?" kerumunan di Pennsylvania berteriak sambil berseru melalui megafon ke kendaraan yang lewat, "Tetangga Anda adalah seorang teroris."

Nejit Zafer Saydam yang melakukan perjalanan dari Connecticut untuk bergabung dalam protes mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa ia ingin Gulen untuk menghadapi tuduhan di Turki.

"Apa yang kami inginkan adalah orang ini harus diserahkan oleh pemerintah AS kepada pemerintah Turki agar ia bisa kembali dan diadili atas apa yang dia lakukan untuk Turki," katanya.

Musa Kalsavlan datang dari negara bagian tetangga New Jersey ke kompleks besar Gulen dan menggemakan seruan Saydam, menambahkan bahwa ulama tertutup itu adalah "pembunuh orang Turki, dia membunuh orang Muslim."

Hasan Guclu, organizer protes dari Delaware, mengatakan bahkan demonstrasi tidak akan cukup untuk membuat malu Gulen untuk kembali ke negara asalnya untuk menghadapi tuduhan, tapi protes itu tetap signifikan untuk meningkatkan kesadaran.

"Ada kebutuhan untuk terjadi kesepakatan antara pemerintah AS dan pemerintah Turki pada masalah ini," kata Guclu mengacu pada tuntutan ekstradisi Ankara. "Ini tidak cukup untuk mengatakan kami adalah sekutu dan tidak menindak-lanjuti itu.

"Mereka [para pejabat AS] selalu berbicara tentang aliansi strategis" dengan Turki, kata Hasan. "Sejauh yang saya lihat, harus ada situasi strategis yang mencegah mereka dari menahan (ekstradisi) dia."

Guclu berharap situasi bisa berubah setelah upaya kudeta.

"Turki harus memainkan semua kartu untuk mendapatkan dia kembali," katanya.

Para pengikut Gulen telah membuka banyak sekolah di AS dan ia diyakini memiliki aset keuangan bernilai miliaran dolar.

Para pengunjuk rasa juga menyuarakan dukungan untuk mengembalikan hukuman mati  di Turki.

Hukuman mati dihapuskan pada tahun 2004, tetapi selama setidaknya satu dekade sebelum bahwa Turki tidak mengeksekusi satu pun tahanan.

Tetangga Gulen, Penny dan Lester, yang tidak memberikan nama terakhir mereka, mengatakan mereka terkejut pemerintah AS tidak membantu Turki dalam upaya ekstradisi.

"Mengapa mereka tidak mengirim dia kembali?" Lester, 74, bertanya secara retoris ketika ia mempelajari tentang tuduhan Gulen merencanakan dan mendalangi upaya kudeta.

Sekitar 2.839 personil militer yang terlibat dalam upaya kudeta telah ditangkap dan 20 tentara pro-kudeta, termasuk perwira senior, tewas selama kampanye mereka untuk menggulingkan pemerintah.

Pemerintah mengatakan upaya kudeta diorganisir oleh para pengikut Gulen, yang dituduh mengejar kampanye asimetris yang berlangsung lama melawan pemerintah melalui para pendukungnya dalam negara Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X