Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.120 views

Filipina Salahkan Abu Sayyaf untuk Pemboman Mematikan di Kota Davao

DAVAO, FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Pemerintah Filipina telah menyalahkan kelompok pejuang Abu Sayyaf untuk pemboman sebuah pasar malam di kota asal Presiden Rodrigo Duterte yang menewaskan sedikitnya 14 orang.

Sebuah alat peledak improvisasi merobek pasar yang ramai di jantung kota Davao dan dekat dengan salah satu hotel hanya sebelum 23:00 pada hari Jum'at.

Pihak berwenang mengatakan hari Sabtu (3/9/2016) bahwa Abu Sayyaf, sebuah kelompok kecil dari pejuang di Filipina selatan yang telah menyatakan kesetiaan kepada Islamic State (IS), kemungkinan besar melakukan serangan dalam menanggapi serangan militer yang dilancarkan terhadap mereka pekan lalu.

"Kantor presiden mengirim sms dan menegaskan bahwa itu adalah pembalasan Abu Sayyaf. Untuk sisi pemerintah kota, kita bekerja pada (asumsi) bahwa itu adalah pembalasan Abu Sayyaf," Walikota Davao Sara Duterte, yang juga putri presiden, mengatakan kepada CNN Filipina .

Menteri Pertahanan Nasional Delfin Lorenzana mengatakan Abu Sayyaf telah menyerang balik setelah menderita korban berat pada kubu mereka di pulau Jolo sekitar 900 kilometer dari Davao.

"Kami memperkirakan ini dan telah memperingatkan pasukan kami secara seksama tapi musuh juga mahir menggunakan ruang demokrasi yang diberikan oleh konstitusi kita untuk bergerak bebas dan leluasa untuk menabur teror," kata Lorenzana dalam sebuah pernyataan.

Duterte, yang berada di Davao pada saat serangan itu tetapi tidak dekat pasar, mengatakan kepada wartawan sebelum fajar pada hari Sabtu bahwa itu adalah tindakan terorisme, saat ia mengumumkan kekuatan ekstra untuk militer.

Setidaknya 14 orang tewas dan 67 lainnya luka-luka dalam ledakan itu, kata polisi. Enam belas dari yang cedera berada dalam kondisi kritis, direktur rumah sakit setempat mengatakan kepada wartawan.

Davao adalah kota terbesar di Filipina selatan, dengan populasi sekitar dua juta orang. Ini berjarak sekitar 1.500 kilometer dari ibukota Manila.

Kota ini merupakan bagian dari wilayah selatan Mindanao, di mana para pejuang Islam telah melakukan perjuangan pemisahan diri selama puluhan tahun yang telah merenggut lebih dari 120.000 jiwa.

Duterte telah menjadi walikota Davao untuk selama hampir dua dekade terakhir, sebelum menang pemilu nasional di tahun ini dan dilantik sebagai presiden pada 30 Juni.

Duterte dikenal baik karena membawa perdamaian dan ketertiban relatif ke Davao City dengan kebijakan keamanan garis keras, sementara juga menengahi penawaran damai dengan pejuang Muslim dan komunis setempat.

Duterte dalam beberapa pekan terakhir telah mengejar pembicaraan damai dengan dua kelompok pejuang Moro utama, yang masing-masing memiliki ribuan pengikut bersenjata. pemimpin mereka mengatakan mereka ingin menengahi perdamaian abadi.

'Hancurkan' Abu Sayyaf

Namun Abu Sayyaf, sebuah kelompok yang lebih kecil dan terkenal karena penculikan orang asing untuk mengekstrak tebusan, telah menolak proposal perdamaian Duterte ini.

Sebagai tanggapan, Duterte mengerahkan ribuan tentara ke pulau-pulau kecil dan terpencil Jolo untuk "menghancurkan" kelompok itu.

Militer melaporkan 15 tentara tewas dalam bentrokan pada hari Senin, tetapi juga mengklaim menewaskan puluhan orang bersenjata Abu Sayyaf.

Pada Sabtu pagi, Duterte menyatakan "keadaan pelanggaran hukum" nasional, yang penasehat keamanannya mengatakan memberi kekuatan ekstra bagi militer untuk melakukan operasi penegakan hukum yang biasanya dilakukan hanya oleh polisi.

Sementara Davao telah dianggap sebagai relatif aman dibandingkan dengan bagian lain dari Mindanao, Abu Sayyaf dan kelompok pejuang Islam lainnya telah melakukan serangan mematikan ada di masa lalu.

Pada tahun 2003, dua serangan bom yang dipersalahkan pada gerilyawan Muslim di bandara Davao dan pelabuhan kota dalam waktu satu bulan satu sama lain menewaskan sekitar 40 orang.

Sebelum putri dan sekretaris pertahanan nya menyalahkan Abu Sayyaf, Duterte juga mengangkat kemungkinan bandar narkoba yang melaksanakan serangan tersebut sebagai cara perlawanan kembali terhadap perang melawan kejahatan.

Duterte telah membuat pemberantasan narkoba prioritas utama dari awal kepresidenannya.

Pasukan keamanan telah melakukan penggerebekan di masyarakat di seluruh negeri untuk menangkap atau membunuh pengedar narkoba.

Lebih dari 2.000 orang telah tewas dalam perang kejahatan, menarik kecaman internasional yang luas melalui gelombang pembunuhan di luar hukum. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!