Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.546 views

Rezim Assad Larang Bantuan PBB Masuki Aleppo, Langgar Kembali Perjanjian Gencatan Senjata

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Rezim teroris Assad kembali melarang truk-truk bantuan PBB mencapai wilayah sipil terkepung di daerah yang dikuasai oposisi, meski gencatan senjata di Suriah yang mulai berlaku pada hari Senin mewajibkan pemerintah untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan sampai di temat-tempat yang sangat membutuhkan bahan pokok tersebut.

Ini menjadi pelanggaran serius pertama sejak gencatan senjata di Suriah yang dibrokeri oleh AS dan Rusia mulai berlaku efektif di hari pertama Idul Adha.

Utusan khusus PBB Staffan de Mistura mengatakan perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani pekan lalu jelas menyatakan bahwa pemerintah brutal Assad hanya cukup diberitahu bantuan memasuki kota.

Sebanyak 20 truk siap untuk bergerak dan prosedur yang disepakati adalah bahwa pemerintah diberikan rincian dari isi truk. Izin pemerintah Suriah atau inspeksi oleh pejabat seharusnya tidak diperlukan.

De Mistura mengatakan "truk tidak bergerak" dan menyiratkan pemerintah brutal Suriah telah melanggar perjanjian dengan menolak untuk mengizinkan akses tanpa hambatan. "Kita perlu melakukan lebih banyak pekerjaan rumah," kata de Mistura.

Dia mendesak dewan Aleppo timur untuk membuang prasyarat apapun untuk pengiriman bantuan. Namun demikian, ia mengklaim 24 jam pertama dari gencatan senjata telah melihat penurunan yang signifikan dalam kekerasan. "Ketenangan telah menang," katanya.

Pernyataannya akan diambil sebagai peringatan kode bagi Rusia untuk menggunakan pengaruh mereka kepada bonekanya, pemerintah Bashar Al-Assad, untuk mengizinkan truk bantuan ke Aleppo timur berdasarkan ketentuan yang disepakati pekan lalu setelah pembicaraan marathon antara Rusia dan AS di Jenewa.

De Mistura bersikeras proses untuk timur Aleppo berbeda dari sisa Suriah di mana surat-surat resmi dari otorisas diperlukan sebelum bantuan dapat disampaikan. Selama berbulan-bulan, PBB telah menghadapi perlawanan harian untuk mendapatkan izin tersebut dari pemerintah dalam upaya untuk mengangkat pengepungan kota-kota Suriah.

Sementara itu dalam sebuah pernyataan, pemerintah rezim teroris Suriah memperingatkan tidak akan mengizinkan bantuan kemanusiaan Turki ke kota yang terkepung dari Aleppo tanpa izin mereka.

Pada saat yang sama, kelompok oposisi menolak kehadiran Rusia di sepanjang Castello Road, rute pasokan utama ke kota terkepung Aleppo timur, yang berpopulasi 250.000 jiwa. Berdasarkan perjanjian tersebut, Rusia seharusnya mengambil alih beberapa pos pemeriksaan di Castello Road.

Perjanjian gencatan senjata untuk Suriah, disepakati antara Moskow dan Washington, mulai berlaku pada Senin malam dan berlaku selama 7 hari.

Rezim Assad dan Rusia kembali langgar gencatan senjata

Sementata itu, rezim teroris Assad kembali melakukan pelanggaran gencatan senjata untuk hari kedua berturut-turut, dengan menargetkan kota-kota dan daerah-daerah yang dikuasai oposisi di pedesaan Aleppo, menurut koresponden Orient News.

Rezim teroris Assad pada hari Selasa (13/9/2016) menargetkan desa al-Qarrasi, di sebelah selatan Aleppo, dengan artileri, koresponden Orient News di Aleppo melaporkan.

Kota Zaitan di pedesaan selatan Aleppo juga ditargetkan dengan artileri berat oleh pasukan teroris Assad, yang merupakan pelanggaran gencatan senjata kedua oleh teroris Assad yang direkam pada hari Selasa.

Pesawat-pesawat tempur Assad juga menargetkan kota Anadan di pedesaan utara Aleppo dengan senapan mesin berat.

Pada hari Senin, helikopter Assad menjatuhkan bom barel di Handarat dan Syaqif di pedesaan Aleppo, hanya beberapa menit setelah kesepakatan gencatan senjata mulai berlaku.

Selain rezim teroris Suriah, Rusia, yang notebene merupakan broker gencatan senjata, juga melakukan pelanggaran dengan pesawat-pesawat tempur menargetkan Taibet al-Imam di pedesaan utara Hama.

Di Idlib, pesawat tempur rezim Assad ditargetkan daerah-daerah berpenduduk sipil di Ma'aret Misreenn. Tiga belas warga sipil tewas dan puluhan terluka sangat parah setelah teroris Assad menyerang kota tersebut dengan bom cluster. (st/grd,Orient)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X