Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.535 views

Militer AS Tingkatkan Penargetan Al-Qaidah di Yaman, Luncurkan 20 Serangan Selama Akhir Pekan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Militer AS terus meningkatkan penargetan dari jaringan Al-Qaidah di Yaman, meluncurkan lebih dari 20 serangan udara terhadap kelompok tersebut selama akhir pekan. AS kini telah meluncurkan lebih dari 75 serangan udara di Yaman sejak awal tahun, sudah hampir dua kali lipat total tahunan sejak program pesawat tak berawak terhadap Al-Qaidah di Yaman dimulai tahun 2009.

Menurut data yang dikumpulkan oleh FDD Long War Journal, jumlah rekor sebelumnya dari serangan udara yang dilakukan oleh AS di Yaman dalam satu tahun adalah 41 pada tahun 2009.

Banyaknya serangan selama periode waktu yang singkat menunjukkan AS telah, di bawah pemerintahan Trump, mengubah taktik dalam memerangi AQAP di Yaman. Militer AS menjelaskan sebelumnya AQAP sebagai salah satu jaringan jihad yang paling berbahaya yang bertekad untuk menyerang kepentingan AS, namun sudah terlalu berhati-hati dalam menargetkan kelompok itu. Selama lima tahun sebelumnya, militer AS rata-rata hanya melakukan dua sampai tiga serangan terhadap AQAP bulan.

“Serangan udara presisi menargetkan Al-Qaidah di Semenanjung Arab, serta infrastruktur teroris (baca;jihadis), posisi dan peralatan tempur,” menurut ringkasan berita dari konferensi pers pada Senin (3/4/2017) yang diselenggarakan oleh juru bicara Pentagon Kapten. Jeff Davis.

Serangan tersebut, “yang sebagian besar tak berawak,” menurut Davis, terjadi di provinsi Shabwa, yang dikenal sebagai sarang Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP).

“Kami terus menargetkan AQAP di Yaman, dan ini dilakukan untuk kepentingan mengganggu organisasi teror yang menghadirkan ancaman yang sangat signifikan untuk Amerika Serikat,” kata Davis.

Menurut Pentagon, militer AS telah meluncurkan “sekitar 50 serangan udara” antara 28 Februari dan akhir pekan lalu, dan tambahan 20 serangan selama akhir pekan.

Kenaikan kecil dalam serangan udara di Yaman menyusul serangan kontroversial oleh pasukan operasi khusus AS terhadap AQAP di provinsi Al Baydah pada bulan Januari yang dilaporkan telah menjaring data intelijen signifikan. Satu anggota pasukan khusus Navy Seal, dan sedikitnya 15 warga sipil, termasuk anak perempuan pemimpin AQAP Syaikh Anwar Al-Awlaki yang berusia delapan tahun, berada di antara mereka yang tewas dalam serangan, yang dengan cepat berkembang menjadi baku tembak berat yang juga mengakibatkan hancurnya sebuah pesawat Osprey.

Meskipun bertahun-tahun menargetkan AQAP, kelompok ini masih bertahan secara signifikan. Awal bulan lalu, Davis memperkirakan AQAP mempertahankan kekuatan di “di bawah ribuan,” dan bahwa kelompok tersebut “dapat terampil mengeksploitasi gangguan di Yaman untuk membangun kekuatan dan menghidupkan kembali keanggotaan dan pelatihan.”

AQAP masih mengendalikan daerah pedesaan Yaman tengah dan selatan meskipun kedua serangan dari serangan darat yang dipimpin AS dan Uni Emirat Arab, yang mendorong kelompok itu dari kota-kota besar yang mereka kuasai pada pertengahan 2016. AQAP mengatakan masih mengoperasikan kamp-kamp pelatihan di Yaman hingga hari ini. Pada pertengahan Juli, AQAP menyebut-nyebut kamp Hamza al Zinjibari Camp mereka, di mana kelompok itu melatih “pasukan khususnya.” Zinjibari adalah komandan lapangan militer AQAP yang gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS pada bulan Februari 2016. (st/TLWJ)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X