Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.297 views

Eropa Peringatkan Turki Setelah Reperendum yang Dimenangkan Pendukung Erdogan

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Pejabat tingkat atas Eropa telah bereaksi terhadap referendum baru-baru ini di Turki dengan menyerukan Ankara untuk memilih langkah berikutnya dengan hati-hati dan mencari konsensus yang lebih luas dalam melaksanakan reformasi konstitusi.

Turki mengadakan referendum pada paket perubahan konstitusi pada hari Ahad 16/4/2017). Kemudian pada hari itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang telah berkampanye keras untuk suara “Ya”, menyatakan kemenangan.

Reformasi tersebut akan mengubah sistem parlemen Turki menjadi kepresidenan; kantor perdana menteri akan dihapuskan; Presiden akan menunjuk kabinet dan jumlah wakil presiden yang tidak ditentukan, dan akan dapat memilih dan menghapus pegawai negeri senior tanpa persetujuan parlemen.

Perubahan itu juga akan berpotensi membuat Erdogan terus berkuasa sampai 2029. Dia telah berada di sana sejak tahun 2003.

Erdogan mengatakan setelah pemungutan suara bahwa 51,5 persen dari pemilih - 25 juta orang - telah mendukung reformasi.

Namun, hampir sama banyak orang menentang mereka, yang berarti bahwa suatu perubahan yang mencakup segala sesuatu dalam politik Turki akan berlanjut untuk berlaku meskipun penentangan dari hampir setengah dari pemilih.

Merunjuk ke segi suara, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini dalam sebuah pernyataan bersama menyerukan “pada otoritas Turki untuk mencari seluas mungkin konsensus nasional” dalam pelaksanaan reformasi.

Dewan Eropa, yang Turki juga merupakan anggota, juga mengeluarkan pernyataan pada hari Ahad, mengatakan bahwa, “Dalam pandangan hasil yang sebentar lagi, pimpinan Turki harus mempertimbangkan langkah-langkah berikutnya dengan hati-hati.”

“Hal ini sangat penting untuk menjamin independensi pengadilan sejalan dengan prinsip aturan hukum yang tercantum dalam Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Thorbjorn Jagland.

Dia mengatakan Dewan “siap mendukung negara [Turki] dalam proses ini.”

Pelapor Parlemen Eropa di Turki, Kati Piri, juga menggambarkan reformasi sebagai “perubahan besar jauh dari nilai-nilai Eropa.”

“Perilaku otokratis Erdogan telah sangat mempolarisasi masyarakat Turki dan merugikan ekonomi,” klaimnya.

Sebuah masyarakat pecah-pecah

Hasil akhir referendum akan diumumkan dalam waktu sekitar 10 hari setelah keberatan telah dipertimbangkan. Oposisi Turki telah menentang hasil tersebut, mengatakan mereka ingin sekitar 60 persen suara dihitung ulang.

Erdogan menyebut hasil referendum “sangat signifikan” karena, menurut dia, itu adalah perubahan pertama kalinya yang sedang dibawa secara damai dan tidak melalui kudeta militer, sebuah fitur biasa dari beberapa dekade politik Turki.

Erdogan sendiri selamat dari kudeta pada bulan Juli tahun lalu. Dia telah telah mengawasi tindakan keras terhadap pemberontak dan simpatisan mereka. Sekitar 47.000 orang telah ditahan dan 120.000 dipecat atau ditangguhkan dari pekerjaan mereka dalam sebuah tindakan pembersihan.

Turki telah berada di bawah keadaan darurat sejak upaya kudeta gagal tersebut. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X