Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.617 views

Mantan Menlu Qatar Sebut Blok Pimpinan Saudi Miliki Rencana Lengkap Serang Qatar Tahun 2014

DOHA QATAR (voa-islam. com) - Aliansi anti-Doha yang dipimpin Saudi memiliki "rencana lengkap" untuk menyerang Qatar selama perselisihan tahun 2014 antara negara-negara Teluk, kata menteri luar negeri negara tersebut.

Arab Saudi, UAE dan Bahrain mengerahkan pasukan di sepanjang perbatasan emirat Teluk kecil tersebut, Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Mohammed al-Attiyah mengatakan kepada televisi nasional pada hari Ahad (19/11/2017).

Dia mengatakan bahwa mereka secara terbuka merencanakan untuk menyerang negara tersebut sampai mereka akhirnya mundur dari perbatasan.

"Pada tahun 2013 dan 2014, saya menjadi saksi mata mantan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah Bin Abdul Aziz dan mantan Putra Mahkota Mohammed bin Nayef menarik pasukan yang ditempatkan di perbatasan," Attiyah - yang adalah menteri luar negeri saat itu - mengatakan kepada Qatar TV.

"Ini adalah fakta yang tidak ada yang bisa menyangkal," katanya. Perselisihan terakhir antara Doha dan Riyadh telah membuat Arab Saudi memimpin satu blok negara lagi untuk memblokade Qatar.

Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir dan negara-negara lain memutuskan hubungan dengan Doha pada 5 Juni dan menuduh Qatar mendukung terorisme dan terlalu dekat dengan Iran yang merupakan saingan regional.

Terlepas dari blokade darat, udara dan laut, kepemimpinan Qatar telah mempertahankan kesediaan untuk melakukan dialog dengan pihak-pihak yang bertikai.

"Kami di Qatar tidak takut apa-apa selain Allah ... [ancaman invasi 2014] bukanlah niat [tapi] rencana yang terperinci penuh," katanya.

"Di Qatar, kita telah mengalami ketidakadilan yang parah sejak lama, meskipun kita selalu mempercayai saudara kita dan berusaha untuk memiliki hubungan kita berdasarkan prinsip kita. Kita berurusan dengan orang lain dengan prinsip kita," katanya.

Setelah kudeta yang gagal pada tahun 1996, dua pemimpin dari negara-negara yang memblokade mengatakan "jangan takut, pukulan lain akan terjadi", kata pejabat Qatar tersebut.

Attiyah menekankan bahwa krisis tahun 1996 serupa dengan yang di tahun 2014 - ketika negara-negara Teluk memutuskan hubungan dengan Doha - "namun taktiknya berbeda".

Dia mengatakan upaya invasi 2014 dirancang untuk mengejutkan Qatar namun "Doha selalu menegaskan bahwa kedaulatannya adalah garis merah".

Berbicara tentang krisis saat ini, Attiyah menekankan bahwa dialog adalah cara terpendek dan termudah untuk menyelesaikan perselisihan apapun.

Dia mengatakan bahwa dia berharap negara-negara yang memblokade akan mendengarkan alasan tersebut dan menanggapi secara positif undangan Sheikh Sabah al-Jaber al-Sabah untuk melakukan pembicaraan.

Awal bulan ini, mantan perdana menteri Qatar mengatakan blokade di Doha hanya memperkuat tekad Qatar.

"Qatar telah mencapai keajaiban nyata dengan penanganan krisis dan dapat menyesuaikannya dalam beberapa pekan.

Mereka mengira blokade tersebut akan menyebabkan runtuhnya ekonomi Qatar," Abdullah bin Hamad al-Atiyyah mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The New Arab.

"Tapi sebaliknya telah terjadi, kami bersyukur atas krisis karena kami telah belajar banyak, Qatar tidak akan pernah sama lagi bahkan setelah ini diselesaikan Kami harus mengandalkan diri kami sendiri," katanya.

Dia menambahkan bahwa waktu tindakan yang dipimpin oleh Saudi terhadap Qatar sangat menyakitkan karena mereka bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

"Saudara-saudara kita menusuk kita pada malam hari di bulan suci Ramadhan. Bagaimana kita bisa mempercayai mereka lagi?" ( st/TNA) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X