Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.062 views

AS Minta Malaysia Tidak Ekstradisi 11 Muslim Uighur ke Cina

WASHINGTON (voa-islam.com) - Amerika Serikat pada hari Jum'at (16/2/2018) mendesak Malaysia untuk menawarkan perlindungan sementara kepada 11 orang Muslim Uighur yang ekstradisinya sedang diusahakan oleh China. Departemen Luar Negeri AS mengatakan telah meminta Malaysia untuk mengizinkan akses badan pengungsi PBB ke Uighur - di antaranya sebuah kelompok yang terdiri dari 20 orang yang berasal dari China yang melarikan diri dari Thailand tahun lalu - untuk menentukan kelayakan mereka untuk perlindungan internasional dan pada akhirnya pemukiman kembali di negara ketiga.

"Kami mendesak pihak berwenang Malaysia untuk melakukan penyelidikan yang transparan dan memberikan perlindungan sementara kepada orang-orang ini yang mungkin mengalami penyiksaan atau penganiayaan jika kembali melawan keinginan mereka," kata Michael Cavey, juru bicara biro Asia Timur Departemen Luar Negeri AS.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan Sabtu lalu bahwa Malaysia telah menerima permintaan resmi dari Cina untuk melakukan ekstradisi ke-11 orang tersebut.

Zahid mengatakan Malaysia sedang mempertimbangkan permintaan tersebut, dan bahwa polisi sedang menyelidiki apakah ada kelompok yang terlibat dalam kegiatan teroris.

Human Rights Watch telah meminta Malaysia untuk memastikan orang-orang Uighur itu tidak dideportasi secara paksa karena mereka menghadapi "ancaman penjara dan penyiksaan."

Beijing menuduh ekstremis separatis di kalangan minoritas Uighur merencanakan serangan terhadap mayoritas Han Cina di wilayah barat Xinjiang yang bergolak dan daerah lain di Cina.

Cina telah dituduh melakukan pelanggaran hak di Xinjiang, penyiksaan terhadap tahanan Uighur dan kontrol ketat terhadap agama dan budaya mereka. Namun negara itu tidak mau mengakuinya dan menyangkal melakukan kesalahan. Selama bertahun-tahun, ratusan, mungkin ribuan, orang Uighur telah lolos dari kerusuhan di Xinjiang dengan bepergian secara sembunyi-sembunyi melalui Asia Tenggara ke Turki.

Ke 20 orang Uighur tersebut keluar dari sebuah sel dekat perbatasan Thailand-Malaysia pada bulan November dengan menggali lubang di dinding dan menggunakan selimut sebagai tangga. Lima orang ditangkap di Thailand pada bulan itu. Pelarian tersebut merupakan bagian dari kelompok yang lebih besar dari 200 Uighur yang ditahan di Thailand pada tahun 2014.

Anggota kelompok tersebut mengidentifikasi diri mereka sebagai warga negara Turki dan meminta untuk dikirim ke Turki namun lebih dari 100 orang dipaksa kembali ke China pada bulan Juli 2015, sebuah tindakan yang memicu kecaman internasional. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X