Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.846 views

Militer Filipina Masih Melihat Ancaman dari Kelompok Afiliasi IS di Marawi

MARAWI, FILIPINA (voa-islam.com) - Militer Filipina mengakui masih melihat ancaman dari kelompok-kelompok militan di Kota Marawi menjelang peringatan pertama serangan ke kota itu oleh kelompok Maute yang diilhami Islamic State pada Mei tahun lalu.

Kolonel Romeo Brawner Jr., juru bicara untuk Satuan Tugas Gabungan Ranao, pada hari Ahad (20/5/2018) mengatakan mereka masih meramalkan ancaman di dalam area pertempuran utama Marawi, terutama di sekitar Danau Lanao.

“Kami menerima laporan bahwa mereka [Maute] sedang meelakukan perekrutan tetapi kami memiliki perkembangan positif, sangat baik karena penyerahan diri terbaru dari anggota Maute-ISIS,” Brawner menambahkan dalam wawancara dengan radio dzBB, menggunakan akronim lain untuk IS atau Islamic State.

Dia menyebutkan 27 orang yang menyerahkan diri dari kelompok Maute yang pertempukan kepada Presiden Rodrigo Duterte awal bulan ini di Malacañang.

Pada 23 Mei 2017, kelompok itu menyerang Kota Marawi dan anggotanya bersembunyi di sana selama lima bulan, menyebabkan kematian lebih dari 1.000 orang termasuk tentara, warga sipil dan  pejuang kelompok Maute.

Brawner mengatakan dibandingkan dengan penyerahan sejumlah pejuang Maute tahun lalu atau selama minggu-minggu pertama pertempuran, penyerahan baru-baru ini adalah anggota kelompok "murni".

"Mereka yang menyerah selama perang [memilih untuk] bertahan hidup tetapi karena perang telah berakhir, mereka [anggota kelompok Maute] hanya di tempat-tempat perekrutan namun kami masih berhasil [membuat] beberapa [dari mereka menyerah]," tambahnya.

"Ini bukan hanya pendukung, ini adalah anggota murni dari kelompok Maute dan mereka adalah orang-orang yang sama yang berjuang selama minggu-minggu pertama perang," kata Brawner.

Salah satu penyerahan diri terakhir adalah putra Ottoh Maute yang berusia 15 tahun dan istrinya.

Brawner, bagaimanapun, menolak untuk mengidentifikasi anak itu.

Ottoh adalah yang tertua di antara saudara-saudara Maute, yang paling menonjol di antaranya adalah Abdullah, Maddie dan Omarkhayam, yang semuanya gugur dalam pengepungan.

Brawner mengatakan pasukan tambahan dari Pasukan Khusus Angkatan Darat Filipina akan dikerahkan ke Marawi City untuk membantu dalam "proses penyembuhan" orang-orang yang terlantar di dalam zona perang.

Dia menambahkan bahwa peringatan pengepungan sepihak pemerintah dimulai pada 17 Mei.

Presiden diperkirakan akan mengunjungi Marawi City pada 24 Mei, akhir dari peringatan.

Brawner mengatakan 85 persen dari persenjataan dan bom yang tidak meledak di kota Islam tersebut telah dibersihkan.

"Ini adalah bom yang dijatuhkan oleh pesawat (Angkatan Udara) yang tidak meledak," kata Brawner.

Pejabat itu mengatakan penting untuk menemukan semua bahan peledak sehingga upaya pembangunan dan rehabilitasi dapat berjalan tanpa gangguan.

"Kami lagi-lagi menutup daerah yang paling terkena dampak sehingga operasi pembersihan kami dari bom yang tidak meledak dapat terus berlanjut," kata Brawner, mengacu pada 24 desa yang sangat terpengaruh oleh perang tahun lalu. (st/mt)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa