Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.565 views

Israel Klaim Hancurkan Terowongan Bawah Air Pasukan Komando Angkatan Laut Hamas

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Militer Israel pekan lalu membom berbagai terowongan Hamas yang tidak diketahui sebelumnya di Jalur Gaza, yang diperluas ke laut dan tampaknya dimaksudkan untuk digunakan oleh pasukan elit angkatan laut kelompok perlawanan Palestina itu untuk melakukan serangan dari pantai, militer mengklaim hari Ahad (10/6/2018).

Pada 3 Juni, sebagai tanggapan atas serangan roket berulang dari Gaza, Angkatan Udara Israel melakukan serangkaian serangan di daerah kantong Palestina, menyerang "sebuah komplek militer milik pasukan angkatan laut kelompok  Hamas di Jalur Gaza utara," kata tentara pada saat itu.

Pada hari Ahad sore, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim bahwa target spesifik serangan udara di kompleks itu adalah terowongan angkatan laut.

Pangkalan Hamas terletak sekitar tiga kilometer dari perbatasan Israel. Terowongan yang dimaksud tidak melintasi perbatasan ke wilayah Israel, tetapi malah memperpanjang puluhan meter di bawah air ke laut, menurut juru bicara IDF Letnan Kolonel Jonathan Conricus.

Militer yakin terowongan itu dimaksudkan untuk memungkinkan para pasukan katak dari unit elit angkatan laut Hamas untuk melakukan perjalanan dari pangkalan mereka di pantai ke laut bawah tanah, dan dengan demikian tidak terdeteksi. Dari sana, mereka dapat melakukan perjalanan bawah air ke target Israel mereka, Conricus mengatakan kepada wartawan dalam briefing telepon.

"Kami tahu bahwa itu adalah terowongan operasional yang telah digunakan, atau setidaknya digunakan untuk berlatih, sebelumnya," katanya.

Petugas itu mengatakan tentara memutuskan untuk mengungkapkan bahwa mereka telah menghancurkan terowongan "strategis" Hamas satu minggu kemudian untuk "menjadi jelas apa konsekuensinya" untuk serangan roket.

"IDF tidak akan mengizinkan Hamas menyerang sasaran Israel, militer atau sipil, dari laut," kata Conricus.

Terowongan itu ditemukan setelah "kerja intelijen yang luas, baik oleh intelijen angkatan laut dan Intelijen Militer," klaimnya.

Conricus tidak akan mengatakan berapa lama IDF telah memantau terowongan itu sebelum menyerangnya, tetapi mengatakan itu sudah "sementara."

Dia mengatakan itu adalah "kemungkinan" bahwa Hamas memiliki lebih banyak terowongan seperti itu. "Kami terus memantau [daerah] menggunakan semua kemampuan operasional, teknologi dan intelijen yang kami miliki," katanya.

Conricus mengakui bahwa tiga kilometer adalah jarak yang jauh bagi manusia katak untuk bepergian. Dia mengatakan asumsi militer adalah bahwa angkatan laut Hamas memiliki "peralatan menyelam sipil, siap pakai" untuk membantu mereka mencapai pantai Israel, termasuk sistem propulsi, kadang-kadang dikenal sebagai skuter bawah air, serta sistem pernapasan tertutup yang tidak melepaskan gelembung "untuk membuat deteksi lebih sulit."

Penghalang laut

Pada tanggal 27 Mei, Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa pekerjaan telah dimulai pada penghalang laut untuk membantu mencegah serangan dari laut.

Dinding angkatan laut, yang digambarkan oleh kementerian sebagai "pemecah gelombang yang tak tertembus," akan diperpanjang sekitar 200 meter (660 kaki) ke laut dan akan berfungsi sebagai rintangan tambahan bagi para pasukan katak Hamas yang berusaha menyusup ke wilayah Israel, seperti yang terjadi selama perang Gaza 2014.

Pada 8 Juli 2014, Hamas mengirim empat komando angkatan laut mereka ke wilayah Israel, di luar Kibbutz Zikim di pantai selatan.

Pasukan katak itu membawa senjata otomatis, granat dan bahan peledak, yang terakhir mereka gunakan untuk melawan tank Israel, tidak berhasil. Sekitar 40 menit setelah mereka datang dari laut, para pejuang Hamas tersebut terbunuh dalam serangan gabungan dari laut, darat dan udara.

Awalnya dipresentasikan oleh militer sebagai kemenangan yang tak tanggung-tanggung, peninjauan IDF yang bocor dari insiden itu kemudian menunjukkan respons tentara telah lebih lambat, dan serangan komando telah lebih berhasil, daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Militer Israel telah lama percaya bahwa Hamas memperluas kemampuan angkatan lautnya, baik dalam hal teknologi canggih dan dalam melatih manusia katak untuk menyusup ke wilayah Israel dari laut dan menyerang kapal-kapal Israel.

"Hamas sedang membuat perkembangan serius dalam domain bawah laut," kata seorang perwira angkatan laut kepada The Times Israel tahun lalu.

Akhir bulan lalu, sebagai tanggapan atas serangan mortir dan roket besar oleh kelompok-kelompok pejuang dari Gaza, militer Israel menargetkan kapabilitas utama angkatan laut Hamas lainnya, kata tentara.

Pada tanggal 29 dan 30 Mei, Hamas, Jihad Islam Palestina dan berbagai kelompok pejuang lainnya di Jalur Gaza menembakkan sejumlah mortir dan roket ke Israel selatan selama 22 jam. Militer mengatakan lebih dari 100 proyektil yang ditembakkan berada di lintasan untuk menghantam Israel, sementara banyak lagi yang tampaknya diluncurkan tetapi gagal membersihkan perbatasan.

Menanggapi serangan itu - yang terbesar sejak perang Gaza 2014 - Angkatan Udara Israel membom sedikitnya 65 sasaran di Jalur Gaza, termasuk yang mereka klaim sebagai persenjataan angkatan laut yang berisi "persenjataan maritim canggih yang mampu melakukan infiltrasi angkatan laut dan melakukan serangan teror oleh pasukan laut Hamas. (st/TOI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X