Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.625 views

Ribuan Muslim di Cina Berdemo Menentang Rencana Pembongkaran Masjid oleh Pemerintah Komunis

WEIZHOU, CINA (voa-islam.com) - Ribuan Muslim berkumpul di sebuah masjid di barat laut Cina untuk memprotes rencana pembongkaran.

Sekelompok besar orang Hui, minoritas etnis Muslim, mulai berkumpul di Masjid Agung yang menjulang tinggi di kota Weizhou pada Kamis, penduduk setempat Hui mengatakan kepada kantor berita Associated Press.

"Orang-orang sangat menderita," kata Ma Sengming, pria berusia 72 tahun yang ikut serta dalam protes dari Kamis pagi hingga Jum'at (10/8/2018) sore. "Banyak orang menangis. Kami tidak bisa mengerti mengapa ini terjadi."

Ma mengatakan kelompok itu berteriak, "Lindungi agama di Cina!" dan "Cintailah negara, cintai agama!"

Protes itu muncul ketika kelompok-kelompok agama yang sebagian besar ditoleransi di masa lalu telah melihat kebebasan mereka menyusut ketika pemerintah berusaha untuk "mensiniskan" agama-agama dengan membuat para penganutnya untuk memprioritaskan kesetiaan kepada Partai Komunis yang secara resmi ateis.

Lambang bulan sabit dan kubah telah dicopot dari masjid-masjid, gereja-gereja Kristen telah ditutup dan Alkitab disita, dan anak-anak Tibet telah dipindahkan dari kuil-kuil Buddha ke sekolah-sekolah.

Penduduk Weizhou khawatir dengan berita bahwa pemerintah berencana untuk menghancurkan masjid meskipun pada awalnya otoritas tampaknya menyetujui pembangunannya, yang selesai tahun lalu.

Sekretaris Partai Komunis kota itu bahkan membuat pidato ucapan selamat di lokasi ketika pembangunan masjid dimulai, kata Ma Zhiguo, seorang penduduk di berusia 70-an.

Pihak berwenang berencana untuk menurunkan delapan dari sembilan kubah di atas masjid dengan alasan bahwa bangunan itu dibangun lebih besar dari yang diizinkan, kata Ma. Tetapi anggota masyarakat berdiri tegak dengan pendirian mereka, tambahnya.

"Bagaimana kami bisa membiarkan mereka merobohkan masjid yang masih dalam kondisi baik?" katanya, menambahkan bahwa masjid tersebut mengadakan sholat yang dihadiri oleh sekitar 30.000 Muslim dan dibangun menggunakan dana pribadi orang Muslim.

Foto-foto online menunjukkan masjid putih yang megah, dengan tiang-tiang menjulang, jendela vertikal dan bendera nasional Cina yang dikibarkan di depan.

Pejabat di kantor propaganda kabupaten dan kota mengatakan mereka tidak sadar akan situasi ini. Otoritas lokal lainnya tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Ma Sengming mengatakan para pemrotes tetap di masjid sepanjang malam dari Kamis hingga Jum'at dan dua kali dikunjungi oleh pejabat lokal yang mendorong mereka untuk pulang.

Ma mengatakan pejabat itu tidak membuat janji-janji spesifik, tetapi berusaha meyakinkan para pengunjuk rasa bahwa pemerintah akan bekerja dengan mereka mengenai masalah itu.

Lebih dari seratus petugas polisi mengepung masjid, tetapi tidak berusaha menghentikan protes, menurut Ma.

Penindasan yang disetujui negara

Demonstrasi publik jarang terjadi di China, di mana pemerintah sering dengan cepat memberangus tanda-tanda perbedaan pendapat.

Di bawah Presiden Xi Jinping, Partai Komunis menindak tegas ekspresi agama dan menyerang apa yang disebutnya ide-ide radikal di antara lebih dari 20 juta Muslim di negara itu.

Di wilayah barat jauh Xinjiang, ratusan ribu anggota Muslim Uighur dan minoritas Muslim Kazakh telah ditahan sewenang-wenang di kamp-kamp indoktrinasi di mana mereka dipaksa untuk mengecam Islam dan menyatakan kesetiaan kepada partai.

Dibandingkan dengan kelompok etnis tersebut, suku Hui secara kultural jauh lebih dekat dengan mayoritas suku Han Cina, mirip dalam penampilan dan berbicara variasi dari bahasa Mandarin umum.

Namun baru-baru ini, laporan mengatakan pihak berwenang telah menutup sekolah agama dan kelas bahasa Arab etnis Hui dan melarang anak-anak mereka berpartisipasi dalam kegiatan Muslim. (st/AJE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X