Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.430 views

Pasukan Pro-Pemerintah Yaman Lancarkan Serangan Baru ke Kota Pelabuhan Hodeidah

HODEIDAH, YAMAN (voa-islam.com) - Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pasukan pro-pemerintah di Yaman melancarkan serangan baru pada Senin (18/9/2018) malam terhadap kota pelabuhan Hodeidah yang dikuasai pemberontak Syi'ah Houtsi, setelah jeda 11-minggu selama upaya PBB untuk mengadakan pembicaraan damai.

"Operasi militer untuk membebaskan Hodeidah dan pelabuhannya telah dimulai di berbagai bidang," kata seorang pejabat koalisi senior kepada AFP, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Brigadir Jenderal Ali al-Taniji, komandan pasukan koalisi di pantai barat Yaman, mengkonfirmasikan operasi tersebut dalam sambutannya kepada media pemerintah di Uni Emirat Arab, mitra utama Arab Saudi dalam koalisi.

Pasukan pro-pemerintah meluncurkan serangan udara terhadap posisi pemberontak Syi'ah kaki tangan Iran di dalam dan sekitar kota berpenduduk 600.000 jiwa. Warga mengatakan kepada AFP bahwa mereka mendengar ledakan.

Koalisi itu mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi yang terkait dengan Teheran menyelundupkan senjata dari Iran melalui Hodeidah dan telah memberlakukan blokade parsial di pelabuhan itu, yang direbut pemberontak pada 2014.

Pada bulan Juni, mereka meluncurkan operasi besar untuk merebut kembali kota dan pelabuhannya, titik masuk sebagian besar impor dan bantuan negara-negara miskin.

Pasukan tersebut, yang didukung oleh serangan udara koalisi, telah merebut kembali sejumlah kota di seluruh provinsi Hodeidah tetapi belum menembus kota.

Koalisi Juli mengumumkan gencatan senjata sementara di Hodeidah untuk memberi kesempatan bagi pembicaraan perdamaian yang ditengahi PBB.

Utusan Yaman PBB, Martin Griffiths, tiba hari Ahad di ibukota Sanaa yang dikuasai pemberontak.

Dia mendorong negosiasi baru setelah upaya gagal untuk mempertemukan kedua belah pihak di Jenewa awal bulan ini.

Arab Saudi dan sekutu-sekutunya campur tangan pada 2015 dalam konflik di Yaman yang dipimpin Abedrabbo Mansour Hadi, yang pemerintahannya diakui oleh PBB, dan pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran. (st/aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Jum'at, 06/12/2019 08:50

Negara Darurat Hukum