Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.094 views

Erdogan Minta Saudi Ekstradisi Para Tersangka Pembunuh Jamal Khashoggi

BUENOS AIRES, ARGENTINA (voa-islam.com) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu (1/12/2018) meminta Arab Saudi mengekstradisi para tersangka yang terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di Istanbul, mengatakan kerajaan itu tidak bekerja sama.

Pada pertemuan puncak Kelompok 20 di Buenos Aires, pemimpin Turki itu mengambil nada tegas pada Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS).

Saudi Arabua telah mengumumkan penahanan 18 warga negara mereka dan bersumpah untuk menyelidiki pembunuhan Khashoggi, yang pernah menjadi kepercayaan kerajaan berubah menjadi kritikus yang dibunuh dan dipotong-potong ketika ia mengunjungi konsulat kerajaan Istanbul pada 2 Oktober, untuk mengambil dokumen untuk pernikahan yang direncanakannya.

"Sangat penting bahwa orang-orang ini diadili di Turki untuk menghilangkan tanda tanya apa pun yang mungkin dimiliki komunitas internasional," kata Erdogan kepada wartawan.

"Siapa pun yang telah memerintahkan dan mengimplementasikan kejahatan kejam ini harus segera ditemukan. Kecuali para pelakunya diketahui, seluruh dunia dan komunitas Islam tidak akan puas."

Erdogan mengatakan Saudi telah menolak untuk membantu jaksa Turki yang mencari informasi termasuk keberadaan jasad Khashoggi dan identitas antek-anteknya yang dikatakan telah mendukung tim pembunuh Arab Saudi.

Pemimpin Turki itu mengatakan dia "tidak ingin menyebabkan kerusakan" kepada keluarga kerajaan.

Namun dia mengkritik Pangeran Mohammed, mengatakan bahwa selama pertemuan puncak, pewaris berusia 33 tahun itu memberikan "penjelasan yang luar biasa" atas pembunuhan Khashoggi yang menyangkal adanya peran resmi Saudi.

Erdogan mengatakan bahwa hanya satu pemimpin G20 - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau - mengangkat kematian sang jurnalis dalam pertemuan kelompok mereka.

MBS, pada hari Jum'at, terlihat sangat menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin, tetapi ia tampaknya memiliki hubungan yang dingin dengan Erdogan ketika mereka berkumpul untuk foto bersama.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Wall Street Journal melaporkan bahwa Pangeran Mohammed mengirim 11 pesan kepada penasehat terdekatnya, yang dilaporkan mengawasi operasi pembunuhan Khashoggi.

The Journal mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah meninjau kutipan dari file intelijen yang diklasifikasikan sebagai "sangat rahasia", yang mengutip penyadapan elektronik dan informasi rahasia lainnya antara Pangeran Mohammed dan ajudannya, Saud al-Qahtani.

Namun, isi pesan antara kedua pihak tidak diketahui.

"Agar menjadi jelas, kami tidak memiliki laporan langsung bahwa putra mahkota mengeluarkan perintah pembunuhan," penilaian itu mencatat, menurut Journal.

Penilaian melaporkan bahwa Qahtani, yang mengawasi tim 15 orang yang membunuh Khashoggi, juga berkomunikasi langsung dengan pemimpin tim di Istanbul.

"Kami menilai sangat tidak mungkin tim operator ini ... melakukan operasi tanpa otorisasi Mohammed bin Salman," katanya.

CIA tidak mengomentari laporan tersebut, tetapi Sekretaris Negara Mike Pompeo menegaskan kembali bahwa dia telah melihat semua data intelijen yang dimiliki oleh Amerika Serikat pada pembunuhan Khashoggi dan bahwa tidak ada bukti langsung yang menghubungkan Pangeran Muhammad dengan insiden tersebut. (st/AJE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X