Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.228 views

Liga Arab Kecam Rencana Presiden Terpilih Brazil untuk Memindahkan Kedutaan ke Yerusalem

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Liga Arab telah mengecam rencana oleh presiden sayap kanan terpilih Brasil Jair Bolsonaro untuk memindahkan kedutaan negaranya dari Tel Aviv ke Al-Quds Yerusalem yang diduduki Zionis Israel, memperingatkan bahwa langkah itu mungkin bisa membahayakan hubungan bilateral.

Dalam sepucuk surat kepada Kementerian Luar Negeri Brasil yang dilihat oleh Reuters pada hari Senin (10/12/2018), Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan Bolsonaro, yang akan dilantik pada 1 Januari, harus mempertimbangkan kembali janji kampanyenya atau berisiko menurunkan peringkat dalam hubungan.

Aboul Gheit mengatakan keputusan di mana untuk menempatkan kedutaan adalah keputusan berdaulat negara manapun, tetapi "situasi Israel tidak normal" karena telah "menduduki wilayah Palestina secara paksa - di antara mereka Yerusalem Timur [al-Quds]. ”

Relokasi kedutaan ke al-Quds Yerusalem akan dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan Nasional PBB, tulis Aboul Gheit.

Dia lebih lanjut mendesak Bolsonaro untuk "mempertimbangkan sudut pandang Arab sebagai cara untuk mempertahankan persahabatan jangka panjang kami."

Seorang diplomat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa duta besar dari 22 negara anggota Liga Arab diperkirakan akan bertemu di ibukota Brasil, Brasilia, pada Selasa untuk membahas langkah kedutaan.

“Dunia Arab sangat menghormati Brasil dan kami ingin tidak hanya mempertahankan hubungan tetapi juga meningkatkan dan mendiversifikasi mereka. Namun niat memindahkan kedutaan ke Jerusalem [al-Quds] bisa membahayakan mereka, ”kata diplomat itu.

Tak lama setelah dia terpilih pada akhir Oktober, Bolsonaro mengumumkan dia bermaksud untuk menegakkan janji kampanyenya dan memindahkan kedutaan negara Amerika Latin ke al-Quds Yerusalem untuk mengikuti jejak AS dan Guatemala.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan cepat menyambut baik rencana itu dan mengeluarkan pernyataan dalam memuji keputusan tersebut.

Keputusan itu telah mengundang kecaman keras dari orang-orang Palestina dan dunia Arab.

Pejabat Otoritas Palestina telah mengecam rencana itu menyebutnya sebagai "provokatif dan ilegal" dan gerakan perlawanan Hamas telah menggambarkannya sebagai "bermusuhan."
PressTV-Hamas mendesak Brasil untuk membatalkan tawaran kedutaan Yerusalem
Hamas menyerukan kepada Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro untuk mencabut keputusannya untuk merelokasi kedutaan negaranya untuk menduduki Yerusalem al-Quds.

Sementara itu, saluran televisi Kan 11 melaporkan bahwa selama pertemuan dua pekan lalu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, Bolsonaro mengatakan bahwa tidak ada keputusan akhir yang dibuat mengenai relokasi kedutaan Brasil ke al-Quds Yerusalem dan bahwa ada berbagai masalah pada agenda sebelum keputusan akhir tercapai.

Menurut laporan itu, kekhawatiran utama Bolsonaro adalah kemungkinan kerusakan hubungan dagang Brasil dengan negara-negara Muslim jika keputusan dibuat untuk memindahkan kedutaan.

Israel menduduki Yerusalem al-Quds pada tahun 1967 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional. Palestina menginginkan kota itu sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Ketegangan telah meninggi di wilayah Palestina yang diduduki dan Jalur Gaza sejak Desember 2017, ketika Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk mengakui al-Quds Yerusalem sebagai "ibu kota" Israel dan merelokasi kedutaan Amerika Serikat dari Tel Aviv ke kota yang diduduki tersebut. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya