Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.017 views

Palestina Tolak Ambil Bagian dalam Konferensi yang Disponsori AS di Polandia

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Palestina mengatakan meskipun telah menerima undangan, mereka tidak akan mengambil bagian dalam konferensi yang disponsori AS tentang Timur Tengah yang dijadwalkan akan diselenggarakan oleh Polandia pekan depan.

"Mengenai pernyataan bahwa kami telah diundang, kami dapat mengatakan bahwa hanya hari ini ada beberapa kontak dari pihak Polandia," kata kepala perunding Palestina Saeb Erekat dalam tweet Jum'at (8/2/2019).

"Posisi kami tetap jelas: Kami tidak akan menghadiri konferensi ini dan menegaskan kembali bahwa kami tidak mengamanatkan siapa pun untuk berbicara atas nama Palestina," kata Erekat, yang juga Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

 Mengenai pernyataan bahwa kami telah diundang, kami dapat mengatakan bahwa hanya hari ini ada beberapa kontak dari pihak Polandia. Posisi kami tetap jelas: Kami tidak akan menghadiri konferensi ini dan menegaskan kembali bahwa kami belum mengamanatkan siapa pun untuk berbicara atas nama #Palestine.

Dalam tweet terpisah, Hussein al-Sheikh, seorang pejabat senior Otoritas Palestina, juga menolak undangan itu, dengan mengatakan hanya PLO yang dapat berbicara atas nama rakyat Palestina.

Komentar itu muncul sehari setelah seorang pejabat AS mengatakan Palestina telah diundang ke konferensi Warsawa, yang ia gambarkan lebih sebagai "diskusi" daripada "negosiasi."

Sebelumnya pada hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Palestina mencap konferensi bersama AS-Polandia sebagai "konspirasi Amerika yang dimaksudkan untuk membuat para peserta mengadopsi pandangan AS tentang isu-isu kawasan, khususnya masalah Palestina."

Pertemuan internasional akan berlangsung di ibukota Polandia mulai 13-14 Februari, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan bulan lalu, dengan Sekretaris Negara Mike Pompeo mengklaim pada saat pertemuan itu akan fokus pada "stabilitas dan perdamaian, kebebasan dan keamanan" di Timur Tengah.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Palestina lebih jauh menekankan bahwa Palestina akan mengabaikan semua kesimpulan konferensi, mengkritik Presiden AS Donald Trump karena memuji relokasi kedutaan negaranya dari Tel Aviv ke Yerusalem al-Quds dalam pidato kenegaraannya pada hari Selasa.

Kushner in Timur Tengah untuk rencana 'perdamaian' Trump

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Pompeo serta penasihat senior Trump Jared Kushner dan Jason Greenblatt adalah di antara mereka yang diharapkan untuk menghadiri konferensi Warsawa.

Pada akhir Februari, Kushner dan Greenblatt dijadwalkan untuk melakukan perjalanan ke setidaknya lima negara Arab untuk "memberikan diplomasi singkat mengenai bagian ekonomi" dari proposal perdamaian yang disebut AS untuk Timur Tengah dan mencari dukungan mereka, kata para pejabat Kamis.

Dua penasihat rencana berhenti di Oman, Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar dalam perjalanan selama sepekan, kata dua pejabat senior Gedung Putih. Mereka dilaporkan dapat menambahkan dua negara lain ke dalam rencana perjalanan mereka.

Hubungan antara AS dan Otoritas Palestina mengalami kemunduran yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir 2017, ketika Washington mengakui Al-Quds Yerusalem sebagai "ibukota" rezim Israel.

Sejak itu, Presiden Palestina Mohammed Abbas telah menolak untuk berbicara tentang rencana perdamaian dengan Amerika Serikat setelah pemindahan kedutaan oleh Trump, tetapi pejabat Gedung Putih berharap itu akan berubah.

"Kami berharap Abbas membaca rencana itu, menilai berdasarkan kemampuannya, dan datang ke meja untuk perundingan setelah kami merilis rencana itu," kata seorang pejabat seperti dikutip Jum'at.

Seorang pejabat tinggi Palestina mengatakan pada hari Rabu bahwa Otoritas Palestina akan tetap berpikiran terbuka tentang apa yang disebut rencana perdamaian Trump jika itu memenuhi semua tuntutannya, bahkan jika presiden AS tidak secara eksplisit mencabut pengakuannya atas Al-Quds Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Jika rencana AS mendukung negara Palestina di perbatasan pra-1967, dengan ibukotanya di Al-Quds Yerusalem Timur, "kami siap untuk duduk di meja dan bernegosiasi segera," Menteri Informasi dan juru bicara kepresidenan Nabil Abu Rudeineh mengatakan kepada wartawan asing di Ramallah, Bloomberg melaporkan.

Marah dengan penolakan Abbas untuk terlibat, Trump memotong ratusan juta dolar bantuan untuk Palestina dan menyerukan perubahan besar-besaran di badan PBB yang peduli pada pengungsi Palestina.

Langkah-langkah itu telah membuat mustahil bagi Palestina untuk menerima AS sebagai satu-satunya pialang perdamaian, kata Abu Rudeineh, yang menyerukan sebaliknya sebuah blok kekuatan dunia - mirip dengan yang merundingkan kesepakatan nuklir Iran 2015 - untuk mensponsori proses perdamaian. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X