Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.660 views

Pemerintah Inggris Dikecam Setelah Meninggalnya Bayi Shamima Beghum

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Keputusan Inggris untuk mencabut kewarganegaraan seorang gadis remaja yang bergabung dengan Islamic State di Suriah digambarkan sebagai "noda pada hati nurani" pemerintah pada hari Sabtu (9/3/2019) setelah bayinya yang berumur tiga minggu meninggal.

Shamima Begum dicabut kewarganegaraannya dengan alasan keamanan bulan lalu, meninggalkannya di sebuah kamp penahanan di Suriah tempat bayinya meninggal, anak ketiga dari bayi berusia 19 tahun yang meninggal sejak ia melakukan perjalanan ke Suriah pada 2015.

Pihak oposisi Partai Buruh mengatakan langkah untuk meninggalkan anak yang tidak bersalah di sebuah kamp pengungsi, di mana angka kematian bayi tinggi, secara moral tercela. Seorang anggota parlemen dalam partai Konservatif yang berkuasa mengatakan pihaknya menampar populisme atas prinsip.

"Kematian tragis bayi Shamima Begum, Jarrah, adalah noda pada hati nurani pemerintah ini," kata Diane Abbott, jurubicara urusan dalam negeri oposisi.

"Menteri Dalam Negeri  mengecewakan anak Inggris ini dan dia memiliki banyak hal untuk dijawab."

Ditemukan di sebuah kamp pengungsi pada bulan Februari, Shamima Begum yang tidak menyesal memicu perdebatan di Inggris dan ibu kota Eropa lainnya mengenai apakah seorang remaja dengan anak jihadis harus ditinggalkan di zona perang untuk mengurus dirinya sendiri.

Secara lebih luas telah menunjukkan kesulitan yang dihadapi pemerintah ketika mempertimbangkan konsekuensi etika, hukum dan keamanan yang memungkinkan para jihadis dan keluarga mereka kembali.

Begum meninggalkan London pada usia 15 dengan dua siswi lainnya untuk bergabung dengan Islamic State. Dia menikahi Yago Riedijk, seorang pejuang IS Belanda yang ditahan di pusat penahanan Kurdi di timur laut Suriah.

Setelah memberikan wawancara kepada media di mana dia mengatakan dia tidak menyesal bepergian ke Suriah dan tidak terganggu dengan pemandangan pemenggalan kepala , dia meminta untuk dapat kembali ke London untuk membesarkan bayinya.

Namun Menteri Dalam Negeri Sajid Javid menarik kewarganegaraan Begum, mengatakan prioritasnya adalah keselamatan dan keamanan Inggris dan orang-orang yang tinggal di sana.

Jajak pendapat menunjukkan langkah itu populer di kalangan mayoritas warga Inggris, tetapi mendapat kecaman dari partai oposisi dan pengacara hak asasi manusia, dan keresahan di antara beberapa anggota parlemen di dalam partai Perdana Menteri Theresa May yang merasa bahwa Inggris mengekspor masalahnya sendiri.

Phillip Lee, mantan menteri kehakiman dan anggota partai May, mengatakan dia sangat prihatin dengan keputusan itu.

"Jelas Shamima Begum memiliki pandangan yang menjijikkan," katanya kepada BBC Radio. "Tapi dia masih kecil. Dia adalah produk dari masyarakat kita ... dan saya pikir kita memiliki tanggung jawab moral kepadanya dan bayinya, Jarrah.

"Saya terganggu oleh keputusan itu. Tampaknya didorong oleh populisme, bukan oleh prinsip apa pun yang saya kenal."

Dua anggota senior pemerintah mengatakan pada hari Sabtu bahwa kematian itu adalah tragedi tetapi Menteri Dalam Negeri mengambil keputusan atas dasar keamanan nasional.

"Setiap bayi yang meninggal adalah tragedi absolut, dan itu adalah bayi Inggris," kata pemimpin parlemen Andrea Leadsom kepada Reuters. "Namun demikian pekerjaan inti  menteri dalam negeri adalah untuk melindungi rakyat Inggris dan Aku mendukung keputusannya." (st/JP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X