Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.980 views

Ex Pejuang Taliban-Amerika John Walker Lindh Berencana Pindah ke Irlandia Setelah Bebas dari Penjara

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - John Walker Lindh, seorang mantan pejuang Taliban Amerika yang dihukum pada 2002 karena mendukung organisasi jihadis tersebut dan akan dibebaskan pada Mei, telah memperoleh kewarganegaraan Irlandia pada 2013 berkat leluhur keluarganya - dan ia berencana untuk tinggal di negara itu ketika ia meninggalkan penjara.

Mantan pejuang Taliban tersebut, bernama "Tahanan 001 dalam perang melawan teror (baca; Islam)" ditangkap pada tahun 2001, hanya beberapa bulan setelah serangan 11 September dan dimulainya perang di Afghanistan, bersama dengan sekelompok pejuang Taliban yang ditangkap oleh pasukan AS.

Pembebasan Walker Lindh telah menimbulkan kekhawatiran sejumlah pihak, beralasan dia menyatakan keinginannya untuk pergi ke Irlandia sementara Lindh juga tidak mengecam ideologi Jihad, termasuk yang diduga membuat komentar pro-Islamic State kepada jurnalis.

Pindah ke Irlandia menjadi pilihan bagi Walker Lindh setelah ia memperoleh kewarganegaraan di sana, saat masih di penjara, sekitar tahun 2013 berkat garis keturunan keluarganya.

Nenek dari pihak ayah, Kathleen Maguire, adalah seorang warga negara Irlandia yang lahir pada tahun 1929 di sebuah kota di Irlandia barat laut, lapor majalah Foreign Policy.

Undang-undang kewarganegaraan Irlandia mengizinkan siapa pun, dalam batasan tertentu, untuk meminta kewarganegaraan jika setidaknya salah satu kakek-nenek mereka adalah warga negara Irlandia yang lahir di Irlandia.

Beberapa laporan sebelumnya menunjukkan Frank Lindh, ayah John, juga memegang kewarganegaraan Irlandia dan mendesak putranya untuk pergi ke Irlandia setelah pembebasannya.

Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional menulis sebuah dokumen bertanggal 24 Januari 2017 yang mengklaim Walker Lindh tetap sama radikalnya dengan dirinya pada 2001.

"Pada Mei 2016, John Walker Lindh (USPER) - yang dijadwalkan akan dibebaskan pada Mei 2019 setelah dinyatakan bersalah mendukung Taliban - terus mengadvokasi jihad global dan menulis serta menerjemahkan teks-teks ekstremis yang kejam," kata dokumen itu.

Namun terlepas dari itu, pemerintah Irlandia tidak akan mengikuti contoh pemerintah Inggris - yang membatalkan kewarganegaraan Inggris Shamima Beghum, remaja putri yang pergi ke Suriah dan bergabung dengan Islamic State - dan tidak akan menghentikan Walker Lindh untuk memasuki negara tersebut.

"Warga Irlandia tidak dikenai kontrol imigrasi," kata juru bicara Departemen Kehakiman Irlandia kepada London Times. “Karena itu, jika seseorang memiliki kewarganegaraan Irlandia dan menunjukkan paspor Irlandia pada saat kedatangan, mereka tidak akan ditolak masuk ke negara ini. (st/fox)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Sopir Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Magelang Digerogoti Tumor Usus. Ayo Bantu..!!

Mantan preman yang jadi sopir pesantren ini tak bisa lagi mengantar jemput santri, para guru dan ustadz pesantren. Menderita tumor usus stadium 4, ia butuh biaya transport dan obat-obatan kemoterapi....

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Terancam Roboh, Mushalla Al-Fatihah Butuh Renovasi Total. Ayo Bantu Sedekah Jariyah.!!!

Kondisi mushalla di pelosok Tasikmalaya ini sangat memprihatinkan, reyot dan tidak layak. Dihantam longsor, rusakanya semakin parah dan terancam roboh. Dibutuhkan dana 55 juta rupiah untuk renovasi...

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

Sudah 10 hari Maymunah terbaring menahan perihnya patah tulang paha akibat kecelakaan. Ia harus menjalani pencangkokan dan pengobatan tulang selama 60 hari dengan biaya 9,6 juta. Ayo bantu.!!...

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Farhan Syafero: Aktivis Dakwah Gugur Salah Tembak dalam Tragedi Berdarah Jakarta, Ayo Bantu.!!

Aktivis dakwah ini gugur di bulan suci Ramadhan saat siaga menjaga markas FPI dan rumah Habib Rizieq. Jasadnya terkapar bersimbah darah dengan lubang peluru menembus dada hingga punggung....

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Ditimpa Musibah Bertubi-tubi, Keluarga Muallaf Hidup Memprihatinkan, Ayo Bantu...!!!

Muallaf Evelyn harus berjuang keras menafkahi kelima anaknya, meski fisiknya rapuh mengidap kanker tiroid. Betapapun pahitnya hidup, ia tetap tegar mewujudkan mimpi anaknya yang hafal Al-Quran...

Latest News

Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X