Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.078 views

Abdelaziz Bouteflika Akan Mundur dari Jabatan Presiden Aljazair Sebelum Mandat Berakhir 28 April

ALGIER, ALJAZAIR (voa-islam.com) - Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika yang telah menjabat sebanyak 4 kali akan mundur sebelum mandatnya berakhir pada 28 April, kantornya mengatakan Senin (1/4/2019) dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di media pemerintah.

Presiden akan mengambil "langkah-langkah untuk memastikan lembaga-lembaga negara terus berfungsi selama masa transisi", kata pernyataan itu, dan menambahkan "pengunduran dirinya akan terjadi sebelum 28 April 2019".

Di bawah konstitusi Aljazair, Abdelkader Bensalah, ketua majelis tinggi parlemen, akan mengambil alih sebagai presiden sementara selama 90 hari sampai pemilihan diadakan.

Presiden Aljazair berusia 82 tahun yang sakit tersebut, yang jarang terlihat di depan umum sejak stroke tahun 2013, telah berada di bawah tekanan yang kuat untuk mundur dari jabatan sejak ia mengumumkan keputusannya untuk mencari masa jabatan kelima.

Menyusul demonstrasi massa berminggu-minggu, Bouteflika mengumumkan pada 11 Maret bahwa ia membatalkan upaya untuk masa jabatan kelima dan bahwa pemilihan umum April akan ditunda.

Pengumuman itu, bagaimanapun, gagal menenangkan para pengunjuk rasa yang melihat mereka sebagai cara untuk memperpanjang kekuasaan Bouteflika selama dua dekade.

Pengumuman Senin bahwa presiden akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesinambungan dalam pengelolaan lembaga-lembaga negara juga tidak mungkin memuaskan para demonstran, menurut Editor Urusan Internasional FRANCE 24 Rob Parsons.

“Mereka tidak menginginkan kontinuitas, mereka menginginkan perubahan dan sepertinya ini adalah orang yang ditunjuk Bouteflika mengendalikan proses transisi,” jelas Parsons.

Kabinet baru, panglima militer lama

Pengumuman itu muncul sehari setelah kantor Bouteflika mengumumkan pembentukan kabinet baru dengan 27 menteri yang dipimpin oleh Perdana Menteri Noureddine Bedoui yang baru saja ditunjuk.

Politisi veteran Ramtane Lamamra, yang ditunjuk sebagai wakil perdana menteri dan menteri luar negeri pada 11 Maret, tidak disebutkan dalam pemerintahan baru.

Namun Ahmed Gaid Salah, yang menyerukan agar Bouteflika mundur, tetap sebagai kepala staf tentara dan wakil menteri pertahanan.

'Orang-orang di media sosial bereaksi curiga'

Dihadapkan dengan kemarahan publik yang terus-menerus, suksesi loyalis veteran Bouteflika telah meninggalkan presiden dalam beberapa hari terakhir.

Pekan lalu, Salah, yang diangkat pada 2004, menyerukan agar presiden Aljazair yang sakit mundur atau dinyatakan tidak layak secara medis.

Kepala staf itu mengutip Pasal 102 konstitusi, di mana seorang presiden dapat dicopot jika dianggap tidak layak untuk memerintah.

Lama menjadi pendukung Bouteflika yang setia, Salah mengatakan di televisi bahwa "penting" untuk menemukan jalan keluar dari krisis "yang menanggapi tuntutan yang sah" dari orang-orang yang sejalan dengan konstitusi.

Pengusaha terkaya di Aljazair ditangkap

Otoritas Aljazair pada hari Senin menyita paspor tujuh pebisnis atas tuduhan korupsi, lapor televisi swasta Ennahar, Senin.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah Ali Haddad, seorang pengusaha Aljazair terkemuka yang memiliki hubungan dekat dengan Bouteflika, ditangkap pada Sabtu malam hingga Ahad di sebuah pos perbatasan dengan negara tetangga Tunisia, kata satu sumber keamanan kepada AFP.

Haddad, yang majalah Forbes gambarkan sebagai salah satu pengusaha terkaya di Aljazair, memiliki kepentingan bisnis di bidang konstruksi, hotel, dan juga outlet media.

"Dia membawa paspor Inggris dan sejumlah besar uang ketika dia ditangkap, menurut media setempat," kata Moncef Ait Kaci dari FRANCE 24. “Alasan penangkapan yang dilaporkan tidak jelas. Tadi malam grup ETRHB yang dimilikinya mengecam hilangnya pengusaha tersebut. ”

Pada hari Ahad, otoritas Aljazair juga melarang semua pesawat pribadi lepas landas dan mendarat sampai akhir bulan. (st/F24)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X