Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.920 views

Turki Ancam Deportasi Pengungsi Uighur ke Cina

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengancam akan mendeportasi para pengungsi Uighur kembali ke Cina, di mana mereka dapat menghadapi hukuman penjara dan pembunuhan, setelah para pejabat Turki menolak permohonan mereka untuk suaka dan tempat tinggal jangka panjang.

Dokumen yang diperoleh oleh Middle East Eye menunjukkan bahwa Turki telah menolak beberapa aplikasi untuk Muslim Uighur yang berharap mendapatkan tempat tinggal jangka panjang di dalam negeri itu.

Para pejabat imigrasi tidak merinci mengapa mereka menolak aplikasi Uighur, tetapi mengatakan mereka akan dideportasi dalam 10 hari.

Menurut beberapa laporan, lebih dari satu juta orang Uighur, sebuah etnis Turki mayoritas Muslim, saat ini ditahan di kamp-kamp interniran di Xinjiang di Cina barat.

Human Rights Watch (HRW) mengatakan pada bulan September 2018 bahwa hingga 13 juta Muslim di Xinjiang telah menjadi sasaran "indoktrinasi politik secara paksa, hukuman kolektif, pembatasan gerakan dan komunikasi, peningkatan pembatasan agama, dan pengawasan massal yang melanggar hukum HAM internasional".

Orang-orang Uighur telah menjadi sasaran sejak pemimpin partai Komunis Chen Quanguo menjadi sekretaris partai Xinjiang pada 2016. Di bawah kepemimpinannya, infrastruktur pengawasan besar-besaran dibuka di seluruh wilayah yang dirancang untuk memantau dan mengendalikan komunitas Muslim.

Orang-orang Uighur dan etnis Kazakh telah secara rutin ditangkap karena mempraktikkan keyakinan Islam mereka, termasuk shalat, memakan makanan halal, atau mengenakan pakaian yang identik sebagai Muslim.

Pemerintah Komunis Cina bahkan telah menyebut Islam sebagai "penyakit ideologis" dan telah menghancurkan banyak masjid di wilayah tersebut. Di kamp-kamp interniran tersebut, para tahanan dipaksa untuk belajar bahasa Mandarin, memuji Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa dan menghadapi pelecehan psikologis dan fisik yang berulang.

Aktivis Uighur mengatakan bahwa seluruh keluarga telah menghilang ke dalam kamp, ​​atau telah dieksekusi.

Cina tidak mau mengakui bahwa mereka menganiaya kelompok minoritas, sebaliknya mengklaim kamp itu sebagai "pusat pelatihan kejuruan" yang dirancang untuk melawan ekstremisme agama.

Negara Komunis ini juga menyebut keprihatinan yang diajukan oleh anggota masyarakat Uighur, kelompok hak asasi manusia dan lainnya "tidak adil" dan "campur tangan dalam urusan internal Cina".

Beberapa pengungsi telah mengajukan permohonan izin tinggal jangka panjang pada tahun 2017 dan memberi tahu hasilnya sebulan lalu. Makalah penolakan menyatakan bahwa para pengungsi bisa mengajukan permohonan kembali tetapi hanya dari negara asal mereka.

Abuduaini Abulaiti, seorang pengungsi Uighur yang telah tinggal di Turki sejak 2012, mengajukan kembali izin tinggal jangka panjang pada 2017. Dia mengatakan permintaan ini ditolak seminggu yang lalu, dalam sebuah surat yang menyatakan dia memiliki 10 hari untuk meninggalkan negara itu.

"Ketika surat itu tiba, saya sangat terkejut bahwa ini telah terjadi," kata Abulaiti kepada Middle East Eye dari rumahnya di Istanbul.

Setelah pergi ke Turki melalui Malaysia untuk menghindari penganiayaan di Tiongkok, Abulaiti menjelaskan bagaimana tiga saudara lelakinya hilang dalam dua tahun terakhir.

"Saya harus pergi ke Turki melalui Malaysia karena mengambil penerbangan langsung ke negara itu akan menimbulkan kecurigaan dari otoritas Cina," kata Abulaiti.

"Kami tahu bahwa dua saudara lelaki saya berada di kamp pendidikan ulang [di Cina] dan hidup setelah seseorang memberi tahu kami, tetapi salah satu dari mereka masih hilang, dan kami tidak tahu apakah dia sudah mati atau masih hidup.

"Aku tidak tahu apa yang akan terjadi padaku jika aku kembali. Aku mungkin menghadapi nasib yang sama seperti saudara-saudaraku."

Pengungsi Uighur lain yang berbasis di Inggris berusaha keras untuk mendapatkan kembali istri dan lima anaknya dari Istanbul. Keluarganya menyerahkan surat-surat deportasi oleh pemerintah Turki setelah permohonan mereka untuk tinggal jangka panjang ditolak.

Khawatir pembalasan dari polisi imigrasi Turki, warga Uighur itu ingin tetap anonim, karena keluarganya tinggal di Turki tanpa dokumen resmi.

"Kami telah berdagang di Turki selama beberapa tahun dan berkontribusi pada masyarakat di sana juga, jadi ketika penolakan untuk tempat tinggal jangka panjang kami tiba pada Mei 2018, kami sangat terkejut," kata pengungsi itu kepada MEE.

"Pemerintah Turki memberikan perpanjangan untuk tempat tinggal kami, tetapi itu habis pada Mei 2019. Dia [istrinya] kemudian menerima surat kabar yang mengatakan mereka akan dideportasi dalam sepuluh hari dan dia sekarang tinggal bersama anak-anak saya di bayang-bayang, di mana mereka bersembunyi dari polisi untuk menghindari dibawa kembali ke Cina. "

Kementerian Dalam Negeri Turki tidak menanggapi permintaan komentar berulang pada saat penulisan.

Tempat bersejarah yang aman

Turki secara historis menjadi tempat yang aman bagi Muslim Uighur, minoritas Turki, yang melarikan diri dari penganiayaan agama di Tiongkok sejak 1960-an, dengan ribuan tinggal di kota-kota di seluruh negeri.

Sementara Ankara telah mengkritik Beijing karena perlakuannya terhadap Uighur, Turki tidak termasuk di antara 22 negara yang menyerukan penyelidikan atas pelanggaran di dalam China di Dewan HAM PBB awal bulan ini.

Awal tahun ini, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan dia "sangat prihatin" dengan "penganiayaan terhadap Muslim Uighur di Xinjiang" oleh Tiongkok.

Cavusoglu, bagaimanapun, tidak mengomentari kamp pendidikan ulang yang telah memenjarakan sekitar satu juta orang Uighur dan Muslim lainnya.

Namun, para kritikus mengklaim bahwa dukungan Turki untuk minoritas Uighur berkurang setelah Ankara mencari hubungan perdagangan yang lebih baik dengan Beijing.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak membahas masalah ini dalam sambutan publik selama kunjungan ke Beijing bulan lalu.

Seorang juru bicara kepresidenan Turki mengatakan Erdogan dan timpalannya dari Cina Xi Jinping membahas para Uighur dalam pembicaraan pribadi.

Erdogan juga menerima undangan untuk mengirim delegasi ke wilayah Xinjiang untuk mengamati bagaimana orang Uighur diperlakukan, kata juru bicara itu.

Abduweli Ayup, seorang pembela hak asasi manusia yang berbasis di Turki, telah membantu warga Uighur menghadapi deportasi yang akan segera terjadi. Dia mengatakan kepada MEE bahwa banyak orang Uighur telah menunggu bertahun-tahun sebelum menerima surat-surat deportasi mereka.

Ayup mengatakan bahwa "alasan mengapa permohonan mereka ditolak tidak diketahui tetapi akan berarti mereka dapat menghadapi hukuman penjara jika dikirim kembali ke Ciina".

Pembela hak asasi manusia mencatat: "Turki mengatakan bahwa mereka dapat mengajukan permohonan kembali untuk tinggal jangka panjang, tetapi hanya dari negara asal mereka, yang berarti mereka harus secara fisik kembali ke Cina, di mana ada tindakan keras yang berkelanjutan terhadap warga Uighur." (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X