Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.046 views

Rezim Assad dan Rusia Lanjutkan Kembali Serangan Udara di Idlib Suriah

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Rezim teroris Assad dan Rusia memulai lagi serangan udara di Idlib di barat laut Suriah, Senin (5/8/2019), kata sebuah pengamat, yang membatalkan gencatan senjata untuk benteng yang dikuasai pejuang oposisi dan mengklaim lawan-lawan rezim itu menargetkan pangkalan udara Rusia.

Wilayah barat laut tersebut, yang menampung sekitar tiga juta orang, adalah salah satu pusat perlawanan besar terakhir terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad setelah delapan tahun perang.

Damaskus mengklaim pada hari Kamis bahwa pihaknya telah sepakat untuk gencatan senjata dari Jum'at untuk menghentikan tiga bulan bombardir biadab dan serampanan rezim dan Rusia di daerah itu, yang telah menewaskan lebih dari 790 warga sipil dan mendorong 400.000 orang dari rumah mereka.

Tetapi para jihadis yang menguasai wilayah itu pada hari Sabtu menolak untuk mematuhi persyaratan utama untuk gencatan senjata itu, dengan menyatakan bahwa mereka tidak akan pernah mundur dari zona penyangga yang direncanakan di sekitar daerah itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara rezim dilanjutkan di wilayah itu beberapa menit setelah gencatan senjata dibatalkan, sebelum pesawat Rusia bergabung juga.

Pesawat-pesawat Rusia menghantam tepi barat kantong, sementara pesawat dari kedua sisi melanjutkan pemboman sisi selatannya, kata monitor perang yang berbasis di Inggris.

Lebih jauh ke selatan, monitor mengatakan empat warga sipil tewas dalam pemboman barel rezim di kota Morek di wilayah Hama utara, menambahkan bahwa ini adalah korban sipil pertama sejak pemboman rezim dilanjutkan.

Sebelumnya, seorang koresponden AFP melihat hembusan angin asap putih melintasi ladang setelah pesawat dan helikopter menghantam kota Khan Sheikhun di selatan wilayah itu.

Beberapa keluarga meninggalkan kota dengan mobil atau truk yang menumpuk tinggi dengan barang-barang mereka, wanita dan anak-anak bertengger di atasnya, kata sang koresponden.

Idlib seharusnya dilindungi dari serangan besar-besaran pemerintah oleh kesepakatan Turki-Rusia pada September tahun lalu.

Tetapi kesepakatan itu tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan karena para jihadis menolak untuk menarik diri dari penjagaan militer yang direncanakan, mengatakan bahwa itu sama saja memberikan gratis wilayah yang mereka kuasai kepada rezim yang akan semakin mendesak mereka.

Sementara gencatan senjata telah menghentikan serangan udara di wilayah itu mulai Jum'at, kedua belah pihak terus bertuker tembakan artileri dan roket.

Pada hari Ahad, tembakan roket rezim menewaskan seorang wanita di dalam benteng, kata Observatory.

Pada hari Jum'at, tembakan roket jihadis di dekat desa leluhur Assad di sebelah barat menewaskan satu orang.

Kelompok-kelompok kemanusiaan telah berulang kali membunyikan alarm atas pemboman Idlib oleh Rusia dan rezim baru-baru ini, takut salah satu bencana terburuk perang Suriah.

Konflik di negara itu telah menewaskan lebih dari 500.000 orang dan jutaan orang terlantar sejak dimulai dengan penindasan brutal terhadap protes damai anti-Assad pada tahun 2011.

Setelah serangkaian kemenangan yang didukung Rusia terhadap pejuang oposisi sejak 2015, rezim Damaskus saat ini mengendalikan sekitar 60 persen negara itu.

Tetapi beberapa daerah masih berada di luar jangkauannya: Idlib, wilayah terdekat yang dikuasai oleh pejuang oposisi yang didukung Turki, dan sebagian besar timur laut negara kaya minyak yang dipegang oleh Kurdi yang didukung AS. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X