Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.888 views

PBB: Lebih 100.000 Orang Telah Ditahan, Diculik atau Hilang dalam 8 Tahun Konflik di Suriah

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Laporan-laporan menunjukkan bahwa lebih dari 100.000 orang di Suriah telah ditahan, diculik, atau hilang selama konflik delapan tahun, dengan pemerintah Assad terutama bertanggung jawab, kepala politik PBB mengatakan Rabu (7/8/2019).
 
Rosemary DiCarlo mendesak semua pihak untuk mengindahkan seruan Dewan Keamanan untuk pembebasan semua yang ditahan secara sewenang-wenang dan untuk memberikan informasi kepada keluarga tentang orang yang mereka cintai sebagaimana diharuskan oleh hukum internasional.
 
Dia mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa PBB tidak dapat memverifikasi angka lebih dari 100.000 karena tidak dapat memperoleh akses ke tempat-tempat penahanan dan tahanan di Suriah. Dia mengatakan informasinya berasal dari akun yang dikuatkan oleh Komisi Penyelidikan tentang Suriah yang disahkan oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan organisasi hak asasi manusia sejak konflik dimulai pada 2011.
 
DiCarlo juga menegaskan kembali seruan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk konflik Suriah agar dirujuk ke Mahkamah Pidana Internasional, dengan mengatakan pertanggungjawaban atas pelanggaran serius hak asasi manusia internasional dan hukum humaniter "sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan perdamaian yang tahan lama di Suriah."
 
DiCarlo berbicara pada sebuah pertemuan terbuka menyusul persetujuan bulat Dewan Keamanan pada bulan Juni mengenai resolusi pertamanya yang berfokus pada ribuan orang yang hilang dalam konflik di seluruh dunia.
 
Komite Palang Merah Internasional, yang diberi mandat oleh Konvensi Jenewa 1949 untuk menangani dan mengawasi masalah orang hilang dalam konflik, mengatakan pihaknya mendaftarkan lebih dari 45.000 kasus orang hilang di negara-negara di dunia pada tahun 2018 saja.
 
Pertemuan dewan, awalnya diminta oleh Amerika Serikat, menawarkan kesempatan langka bagi badan paling kuat PBB untuk mendengar langsung dari keluarga para tahanan.
 
Hala al-Ghawi dan Amina Khoulani, yang keduanya mengkampanyekan kebebasan dan keadilan bagi tahanan Suriah, mengkritik dewan karena kegagalannya mengakhiri perang dan mendesak anggotanya yang terpecah untuk mengadopsi resolusi baru untuk menekan semua pihak yang bertikai untuk mengungkapkan nama dan keberadaan semua yang ditahan dan lepaskan semua yang ditahan secara sewenang-wenang.
 
Al-Ghawi mengatakan dia meninggalkan Suriah pada akhir 2011 setelah suaminya ditahan dan ditahan di sel "sangat kecil sehingga dia tidak memiliki ruang untuk duduk." Dia dibebaskan tetapi dia mengatakan saudara laki-lakinya, ayah mertuanya dan beberapa sepupunya tetap hilang.
 
Al-Ghawi mengatakan banyak rekan medis juga ditahan oleh pemerintah Suriah karena membantu para demonstran yang terluka, dan "beberapa dari mereka terbunuh di bawah penyiksaan saat dalam penahanan."
 
"Sebagai keluarga, kami telah cukup menderita dan saya di sini hari ini untuk mendesak Anda untuk bertindak," katanya.
 
Dia mengatakan dewan harus mengeluarkan resolusi untuk menekan pemerintah Suriah dan semua pihak yang bertikai untuk segera mengeluarkan daftar tahanan, "untuk segera menghentikan penyiksaan dan penganiayaan," dan dalam kasus kematian memberikan "laporan tentang penyebab sebenarnya kematian dan lokasi pemakaman ”untuk keluarga.
 
Khoulani, yang tiga saudara lelakinya diambil oleh pemerintah Suriah delapan tahun lalu, mengatakan mereka semua mati dalam tahanan dan dia sendiri dipenjara selama enam bulan, "ditangkap oleh Cabang Intelijen Angkatan Udara karena aktivis damai saya."
 
Suaminya ditahan di penjara militer selama 2 setengah tahun, dan "kami berdua beruntung bisa selamat, tetapi banyak orang lain yang tidak seberuntung itu."
 
Khoulani mengatakan bahwa sementara sebagian besar yang hilang ditahan oleh pemerintah Suriah, oposisi bersenjata dan kelompok-kelompok seperti Islamic State (IS) "juga bersalah atas penahanan dan penghilangan paksa."
 
"Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah benar-benar mengecewakan para tahanan Suriah dan keluarga mereka," katanya. "Adalah tanggung jawab Anda untuk melindungi warga Suriah dari sistem yang membunuh, menyiksa, dan secara ilegal menahan warga negaranya sendiri, dalam pelanggaran sistematis hukum internasional." (st/Aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X