Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.582 views

Sumber-sumber: Mata-mata di Irak dan Suriah Bantu AS Bunuh Soleimani

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Jenderal Iran Qassem Soleimani tiba di bandara Damaskus dengan kendaraan kaca berwarna gelap. Empat tentara dari Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) berkendara bersamanya. Mereka parkir di dekat tangga yang mengarah ke Cham Wings Airbus A320, yang tujuannya Baghdad.

Baik Soleimani maupun para prajurit tidak terdaftar pada manifesto penumpang, menurut seorang karyawan maskapai Cham Wings yang menggambarkan tempat keberangkatan mereka dari ibukota Suriah ke Reuters. Soleimani menghindari penggunaan pesawat pribadinya karena meningkatnya kekhawatiran tentang keamanannya sendiri, kata sumber keamanan Syi'ah Irak yang memiliki pengetahuan tentang pengaturan keamanan Soleimani.

Penerbangan itu akan menjadi yang terakhir di Soleimani. Roket yang ditembakkan dari pesawat tak berawak AS membunuhnya ketika ia meninggalkan bandara Baghdad dalam konvoi dua kendaraan lapis baja. Juga terbunuh adalah orang yang menemuinya di bandara: Abu Mahdi Muhandis, wakil kepala milisi Unit Mobilisasi Populer (PMU) Irak, kelompok payung pemerintah Irak untuk milisi negara.

Investigasi Irak terhadap serangan yang menewaskan kedua pria itu pada 3 Januari dimulai beberapa menit setelah serangan AS, kata dua pejabat keamanan Syi'ah Irak kepada Reuters. Para agen Keamanan Nasional menutup bandara dan mencegah puluhan staf keamanan untuk pergi, termasuk polisi, petugas paspor dan agen intelijen.

Penyelidik telah berfokus pada bagaimana informan yang dicurigai di dalam bandara Damaskus dan Baghdad berkolaborasi dengan militer AS untuk membantu melacak dan menentukan posisi Soleimani, menurut wawancara Reuters dengan dua pejabat keamanan dengan pengetahuan langsung tentang penyelidikan Irak, dua pegawai bandara Baghdad, dua pejabat polisi dan dua karyawan Cham Wings Airlines dari Suriah, sebuah maskapai penerbangan komersial swasta yang berkantor pusat di Damaskus.

Penyelidikan sedang dipimpin oleh Falih al-Fayadh, yang bertindak sebagai Penasihat Keamanan Nasional Irak dan kepala PMF, badan yang berkoordinasi dengan milisi Syi'ah Irak, yang banyak di antaranya didukung oleh Iran dan memiliki hubungan dekat dengan Soleimani .

Para penyelidik Badan Keamanan Nasional memiliki "indikasi kuat bahwa jaringan mata-mata di dalam Bandara Baghdad terlibat dalam membocorkan rincian keamanan sensitif" pada kedatangan Soleimani ke Amerika Serikat, salah satu pejabat keamanan Irak mengatakan kepada Reuters.

Para tersangka termasuk dua staf keamanan di bandara Baghdad dan dua karyawan Cham Wings - "seorang mata-mata di bandara Damaskus dan satu lagi bekerja di dalam pesawat," kata sumber itu. Para penyelidik Badan Keamanan Nasional yakin keempat tersangka, yang belum ditangkap, bekerja sebagai bagian dari kelompok yang lebih luas yang memberi informasi kepada militer AS, kata pejabat itu.

Sedang dalam investigasi

Dua karyawan Cham Wings sedang diselidiki oleh intelijen Suriah, kata dua pejabat keamanan Irak. Direktorat Intelijen Umum Suriah tidak menanggapi permintaan komentar. Di Baghdad, agen Keamanan Nasional sedang menyelidiki dua pekerja keamanan bandara, yang merupakan bagian dari Layanan Perlindungan Fasilitas negara itu, salah satu pejabat keamanan Irak mengatakan.

"Temuan awal tim investigasi Baghdad menunjukkan bahwa informasi pertama tentang Soleimani berasal dari bandara Damaskus," kata pejabat itu. "Pekerjaan sel bandara Baghdad adalah mengkonfirmasi kedatangan target dan detail konvoinya."

Kantor media agen Keamanan Nasional Irak tidak menanggapi permintaan komentar. Misi Irak untuk PBB di New York tidak menanggapi permintaan komentar.

Departemen Pertahanan AS menolak mengomentari apakah informan di Irak dan Suriah berperan dalam serangan itu. Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Reuters bahwa Amerika Serikat telah dengan cermat melacak pergerakan Soleimani selama berhari-hari sebelum serangan itu tetapi menolak mengatakan bagaimana militer menunjukkan lokasinya pada malam serangan itu.

Seorang manajer Cham Wings di Damaskus mengatakan karyawan perusahaan penerbangan dilarang mengomentari serangan atau penyelidikan itu. Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Irak, yang mengoperasikan bandara-bandara negara itu, menolak mengomentari penyelidikan tetapi menyebutnya itu rutin setelah "insiden semacam itu yang termasuk pejabat tinggi."

Pesawat Soleimani mendarat di bandara Baghdad sekitar pukul 12:30 pagi pada 3 Januari, menurut dua pejabat bandara, mengutip rekaman dari kamera keamanan. Sang jenderal dan pengawalnya keluar dari pesawat di tangga langsung ke landasan, melewati bea cukai. Muhandis menemuinya di luar pesawat, dan kedua pria itu masuk ke kendaraan lapis baja yang sudah menunggu. Para prajurit yang menjaga sang jenderal menumpuk ke dalam SUV lapis baja lain, kata pejabat bandara.

Ketika petugas keamanan bandara menengok, dua kendaraan menuju ke jalan utama yang mengarah keluar dari bandara, kata para pejabat. Dua roket AS pertama menghantam kendaraan yang membawa Soleimani dan Muhandis pada pukul 12.55 pagi. SUV yang membawa keamanannya dihantam beberapa detik kemudian.

Sebagai komandan pasukan Quds elit Pengawal Revolusi, Soleimani menjalankan operasi klandestin di negara-negara asing dan merupakan tokoh kunci dalam kampanye lama Iran untuk mengusir pasukan AS keluar dari Irak. Dia menghabiskan bertahun-tahun menjalankan operasi rahasia dan membina para pemimpin milisi Syi'ah di Irak untuk memperluas pengaruh Iran dan melawan kepentingan Amerika Serikat. Reuters melaporkan pada hari Sabtu bahwa, mulai bulan Oktober, Soleimani secara diam-diam telah meluncurkan serangan lanjutan terhadap pasukan AS yang ditempatkan di Irak dan melengkapi milisi Irak dengan persenjataan canggih untuk melaksanakannya.

Serangan terhadap jenderal itu memicu kemarahan yang luas dan janji pembalasan di Iran, yang menanggapi pada hari Rabu dengan serangan rudal terhadap dua pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS. Tidak ada orang Amerika atau Irak yang terbunuh atau terluka dalam serangan itu.

Beberapa jam setelah serangan itu, para penyelidik meneliti semua panggilan masuk dan pesan teks oleh staf shift malam bandara untuk mencari siapa yang mungkin telah memberi tahu Amerika Serikat tentang gerakan Soleimani, kata pejabat keamanan Irak. Agen Keamanan Nasional melakukan interogasi selama berjam-jam pada karyawan keamanan bandara dan Cham Wings, kata sumber tersebut. Seorang petugas keamanan mengatakan para agen menanyai dia selama 24 jam sebelum membebaskannya.

Selama berjam-jam, mereka memberitahunya tentang siapa yang dia ajak bicara atau kirim pesan teks sebelum pesawat Soleimani mendarat - termasuk segala "permintaan aneh" terkait penerbangan Damaskus - dan menyita ponselnya.

"Mereka menanyakan sejuta pertanyaan," katanya.  (Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X