Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.674 views

Rusia Lanjutkan Serangan Udara di Provinsi Idlib

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Jet-jet tempur Rusia menghantam beberapa kota yang dikuasai oposisi di barat laut Suriah untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata yang disepakati dengan Turki mulai berlaku dua hari lalu, kata saksi mata dan sumber-sumber.

Mereka mengatakan kota-kota Khan al Subl, Maasaran dan beberapa lainnya di provinsi Idlib selatan menjadi sasaran setelah jeda dua hari dalam serangan udara terhadap benteng oposisi terakhir yang telah ditumbuk selama lebih dari sebulan dalam serangan baru.

"Serangan udara Rusia telah menghancurkan dua hari ketenangan relatif yang memberi orang sedikit kelegaan dari serangan harian," kata Mohamad Rashid, seorang aktivis.

Ratusan ribu orang telah melarikan diri dari provinsi Idlib dalam beberapa pekan terakhir ketika jet-jet Rusia dan artileri Suriah menghantam kota-kota dan desa-desa dalam serangan pemerintah baru yang bertujuan membersihkan oposisi.

Pejabat senior PBB mengatakan bulan ini bahwa situasi kemanusiaan telah menjadi lebih akut dengan sedikitnya 300.000 warga sipil kini dalam pelarian di provinsi Idlib, menambah lebih dari setengah juta orang yang melarikan diri dari pertempuran sebelumnya berjuang ntuk mendapatkan keamanan di kamp-kamp dekat perbatasan Turki.

Serangan terbaru telah membawa kampanye militer yang dipimpin Rusia lebih dekat ke bagian-bagian yang sangat ramai di provinsi Idlib, di mana hampir 3 juta orang terperangkap, sebagian besar di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, menurut PBB.

Turki hari Jum'at mengumumkan bahwa gencatan senjata baru di Idlib, yang telah diguncang oleh kekerasan - meskipun "tindakan agresi" sudah secara resmi dilarang - akan dimulai tepat setelah tengah malam pada hari Ahad, 12 Januari.

Turki sebelumnya meminta Rusia untuk melakukan gencatan senjata pada bulan Desember, mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sedat Önal ke Moskow ketika serangan terhadap zona de-eskalasi semakin meningkat. Wilayah Idlib telah melihat peningkatan kekerasan dalam beberapa pekan terakhir ketika pasukan yang setia kepada rezim teroris  Assad, yang didukung oleh serangan udara Rusia, telah melancarkan serangan baru untuk menangkap salah satu pusat kota terbesar di daerah itu.

Sebelumnya pada bulan Agustus, Damaskus membatalkan perjanjian gencatan senjata yang sama hanya tiga hari setelah diberlakukan, menuduh pasukan oposisi dan jihadis menargetkan pangkalan udara Rusia. Kemudian, menjelang akhir Agustus, sekutu rezim Assad Rusia mengumumkan bahwa pasukan rezim Damaskus akan mengamati gencatan senjata baru di Idlib. Dikatakan gencatan senjata bertujuan "untuk menstabilkan situasi" di Idlib tetapi tentara "berhak untuk menanggapi pelanggaran" oleh kelompok oposisi, tambahnya. Sekali lagi, gencatan senjata itu berumur pendek karena serangan udara Rusia diluncurkan di sebuah fasilitas kesehatan di pedesaan barat Aleppo dengan dalih yang sama, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan hanya beberapa jam sebelum perjanjian akan dilangsungkan berlaku. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X