Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.586 views

Takut Masuk Daftar Hitam FATF Pakistan Jatuhkan Sanksi Keuangan Besar-Besaran Pada Taliban

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pakistan mengeluarkan sanksi keuangan besar-besaran terhadap Taliban Afghanistan, saat kelompok jihadis itu berada di tengah-tengah proses perdamaian yang dipimpin AS di negara tetangga.

Perintah tersebut, yang diumumkan pada Jum'at malam, mengidentifikasi puluhan orang, termasuk kepala negosiator perdamaian Taliban Abdul Ghani Baradar dan beberapa anggota keluarga Haqqani, termasuk Sirajuddin, kepala jaringan Haqqani saat ini dan wakil ketua Taliban.

Daftar kelompok yang terkena sanksi termasuk yang lain selain Taliban dan sesuai dengan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berusia lima tahun yang memberikan sanksi kepada kelompok jihadis Afghanistan itu dan membekukan aset mereka.

Perintah tersebut dikeluarkan sebagai bagian dari upaya Pakistan untuk menghindari daftar hitam oleh Financial Action Task Force (FATF), yang memantau pencucian uang dan melacak aktivitas kelompok teroris, menurut pejabat keamanan yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk  berbicara dengan media.

Tahun lalu, kelompok yang berbasis di Paris itu memasukkan Islamabad ke dalam daftar abu-abu. Hingga saat ini hanya Iran dan Korea Utara yang masuk daftar hitam, yang sangat membatasi kemampuan pinjaman internasional suatu negara. Pakistan sedang mencoba untuk keluar dari daftar abu-abu, kata para pejabat.

Tidak ada tanggapan langsung dari Taliban, tetapi banyak dari pemimpin kelompok itu diketahui memiliki properti di Pakistan.

Banyak pemimpin Taliban, termasuk mereka yang memimpin jaringan Haqqani yang sangat ditakuti, telah tinggal di Pakistan sejak 1980-an, ketika mereka menjadi bagian dari mujahidin Afghanistan dan sekutu Amerika Serikat untuk mengakhiri invasi 10 tahun Sovyet terhadap  Afghanistan. Itu berakhir pada Februari 1989.

Pakistan membantah memberikan perlindungan kepada Taliban setelah penggulingan mereka pada tahun 2001 oleh koalisi pimpinan AS, tetapi baik Washington dan Kabul secara rutin menuduh Islamabad memberi mereka tempat berlindung yang aman.

Masih hubungan Pakistan dengan Taliban yang akhirnya berusaha dieksploitasi oleh Washington untuk memajukan negosiasi damai dengan gerakan jihadis tersebut.

Amerika menandatangani kesepakatan damai dengan Taliban pada 29 Februari.

Kesepakatan itu dimaksudkan untuk mengakhiri hampir 20 tahun keterlibatan militer Washington di Afghanistan, dan telah disebut-sebut sebagai harapan terbaik Afghanistan untuk perdamaian setelah lebih dari empat dekade perang.

Tetapi bahkan ketika Washington telah mulai menarik tentaranya, upaya untuk memulai pembicaraan antara kepemimpinan politik Kabul dan Taliban telah terhalang oleh penundaan program pembebasan tahanan.

Kedua belah pihak akan membebaskan tahanan - 5.000 oleh pemerintah dan 1.000 oleh Taliban - sebagai isyarat niat baik menjelang pembicaraan. Kedua belah pihak saling menyalahkan atas keterlambatan tersebut.

Waktu keputusan Pakistan untuk mengeluarkan perintah yang menerapkan sanksi pembatasan juga dapat dilihat sebagai langkah untuk menekan Taliban agar segera memulai negosiasi intra-Afghanistan.

Kabul telah menentang jirga tradisional atau perintah dewan untuk membebaskan tahanan Taliban terakhir yang mereka pegang, mengatakan pihaknya menginginkan 22 pasukan komando Afghanistan yang ditahan oleh Taliban dibebaskan terlebih dahulu.

Selain Taliban, perintah itu juga menargetkan Al-Qaidah dan afiliasi Islamic State (IS) yang telah melakukan serangan mematikan di Pakistan dan Afghanistan.

Mereka juga membidik kelompok-kelompok terlarang Pakistan seperti Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), ribuan di antaranya diyakini oleh PBB bersembunyi di daerah-daerah terpencil di Afghanistan.

TTP telah menyatakan perang terhadap Pakistan, melakukan salah satu serangan terburuk di negara itu pada tahun 2014 yang menewaskan 145 anak dan guru mereka di sekolah umum militer di barat laut Pakistan.

Perintah itu juga ditujukan pada kelompok anti-India terlarang yang dianggap bersekutu dengan dinas keamanan negara. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X