Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.528 views

Telepon Trump, Raja Saudi Salman Serukan Solusi yang 'Adil' Bagi Palestina

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi mendukung solusi yang "adil" untuk perjuangan Palestina, Raja Salman mengatakan kepada Donald Trump melalui panggilan telepon, saat Presiden AS memuji kerajaan itu karena telah membuka wilayah udaranya untuk penerbangan Israel-Uni Emirat Arab (UEA).

Arab Saudi mengatakan tidak akan mengikuti Uni Emirat Arab, yang bulan lalu mengumumkan akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, sampai negara Yahudi itu menandatangani perjanjian perdamaian yang diakui secara internasional dengan Palestina.

Dalam panggilan telepon ke Trump pada hari Ahad (6/9/2020) Raja Salman menegaskan "keinginan kerajaan untuk mencapai solusi yang langgeng dan adil bagi perjuangan Palestina untuk membawa perdamaian," lapor resmi Saudi Press Agency.

Pekan lalu, Arab Saudi setuju untuk mengizinkan penerbangan UEA ke "semua negara" untuk terbang melintasi kerajaan, ketika perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan peluncuran penerbangan langsung reguler yang menghubungkan UEA dengan negara Yahudi tersebut.

Pengumuman itu datang hanya beberapa hari setelah penerbangan komersial langsung pertama dari Tel Aviv ke Abu Dhabi melewati wilayah udara Saudi, menandai normalisasi hubungan Israel-UEA di bawah kesepakatan yang didukung AS yang dikenal sebagai Abraham Accords.

Keputusan Riyadh menandai tanda konkret lain dari kerja sama Arab Saudi dengan Israel bahkan setelah secara terbuka menolak untuk mengikuti langkah UEA.

"Presiden Trump ... menyambut baik pembukaan ruang udara Saudi untuk penerbangan antara Israel dan Uni Emirat Arab, dimulai dengan penerbangan komersial bersejarah pekan lalu dari Tel Aviv ke Abu Dhabi," kata Gedung Putih yang membacakan panggilan telepon tersebut.

"Presiden Trump menyoroti pentingnya Kesepakatan Abraham dan membahas cara-cara untuk meningkatkan keamanan dan kemakmuran kawasan."

Mengizinkan penerbangan antara Israel dan Emirates untuk melintasi wilayah udara Saudi menghemat jalan memutar yang panjang di sekitar semenanjung Arab.

Arab Saudi, ekonomi terbesar di dunia Arab dan rumah bagi situs-situs paling suci Islam, menghadapi perhitungan politik yang lebih sensitif daripada UEA.

Terlepas dari hubungan klandestinnya dengan Israel, pengakuan resmi negara Yahudi akan dilihat oleh warga Palestina dan pendukung mereka sebagai pengkhianatan atas perjuangan mereka dan merusak citra kerajaan sebagai pemimpin dunia Islam, kata para analis.

Trump juga mendesak Arab Saudi untuk "bernegosiasi dengan negara-negara Teluk lainnya" untuk menyelesaikan keretakan regional dengan Qatar, Gedung Putih menambahkan.

Riyadh dan sekutunya memutuskan hubungan dengan Doha dalam langkah mengejutkan pada tahun 2017, menuduh emirat kaya gas itu mendukung ekstremis dan berpihak pada saingan regional Arab Saudi, Iran. Qatar membantah tuduhan tersebut.

Krisis tidak menunjukkan tanda-tanda mereda meski tekanan internasional meningkat. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X

Jum'at, 13/05/2022 12:09

Menikah dengan Nonmuslim, Bolehkah?