Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.810 views

Iran Seludupkan Senjata Ke Pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman Melalui Pangkalan di Somalia

AL-MUKALLA, YAMAN (voa-islam.com) - Sekelompok penyelundup senjata yang ditangkap mengungkapkan bagaimana Iran memasok senjata ke pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman melalui pangkalan di Somalia.

Houtsi mengeksploitasi kemiskinan di Yaman untuk merekrut nelayan sebagai penyelundup senjata, dan mengirim petempur Syi'ah ke Iran untuk pelatihan militer dengan kedok penerbangan "kemanusiaan" dari Yaman ke Oman, kata geng itu.

Keempat penyelundup tersebut telah diinterogasi sejak Mei, saat mereka ditangkap dengan sejumlah senjata di Bab Al-Mandab, selat strategis yang menghubungkan Laut Merah ke Teluk Aden.

Dalam rekaman video yang disiarkan di TV Yaman, pemimpin geng Alwan Fotaini, seorang nelayan dari Hodeidah, mengakui bahwa dia direkrut oleh pemberontak Syi'ah Houtsi pada tahun 2015. Perekrutnya, seorang penyelundup bernama Ahmed Halas, mengatakan kepadanya bahwa dia dan para nelayan lainnya akan ditempatkan di pesisir Somalia kota Berbera, dari mana mereka akan mengangkut senjata dan bahan bakar ke Houtsi.

Pada akhir 2015, Fotaini melakukan perjalanan ke Sana'a dan bertemu dengan seorang penyelundup Syi'ah Houtsi bernama Ibrahim Hassam Halwan, yang dikenal sebagai Abu Khalel, yang akan menjadi kontaknya di Iran.

Ini adalah jaringan kompleks yang membutuhkan pemantauan konstan, karenanya fokus pada keamanan maritim.

Berpura-pura menjadi kerabat pejuang yang terluka, Fotaini, Abu Khalel, dan penyelundup lain bernama Najeeb Suleiman naik penerbangan kemanusiaan ke Oman, dan kemudian terbang ke Iran. Mereka dibawa ke kota pelabuhan Bandar Abbas, di mana mereka mendapat pelatihan tentang penggunaan GPS, kamuflase, kemudi kapal dan perawatan mesin.

"Kami tinggal di Bandar Abbas selama sebulan karena mereka sedang mempersiapkan pengiriman senjata yang akan kami kirim ke Yaman," kata Fotaini.

Pada misi penyelundupan pertama Fotaini, tugasnya adalah bertindak sebagai umpan bagi kapal lain yang membawa senjata Iran ke Houtsi. "Rencananya kami akan memanggil kapal lain untuk mengubah jalur jika ada yang mencegat kapal kami," katanya.

Dia kemudian dikirim ke Mahra di Yaman untuk menunggu pengiriman senjata baru. pemberontak Syi'ah Houtsi mengiriminya data untuk lokasi di laut, di mana dia dan penyelundup lainnya bertemu Abu Khalel dengan sebuah kapal yang membawa senjata dari Iran, yang dikirim ke Syi'ah Houtsi.

Analis keamanan Dr. Theodore Karasik mengatakan hubungan perdagangan yang telah berlangsung lama antara Yaman dan Somalia membuat penyelundupan senjata sulit dihentikan. “Ini adalah jaringan kompleks yang membutuhkan pemantauan terus-menerus, karenanya fokus pada keamanan maritim,” Karasik, seorang penasihat senior untuk Analisis Negara Teluk di Washington, DC, mengatakan kepada Arab News.

“Rute penyelundupan berada di jalur komunikasi tradisional yang bercampur dengan perdagangan maritim lainnya. Godaan untuk melihat ke arah lain terkadang kuat, jadi perhatian yang tajam diperlukan untuk memutuskan rantai ini." (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa