Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.527 views

Prancis Tutup Kembali 9 Masjid Menjelang Pembahasan RUU Baru Kontroversial

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin mengatakan sembilan tempat ibadah umat Muslim ditutup dalam beberapa pekan terakhir.

Penutupan tersebut merupakan kelanjutan dari rencana pemerintah Prancis untuk menangani apa yang mereka klaim sebagai "separatisme Islam".

"Sesuai dengan instruksi Presiden Republik dan Perdana Menteri, kami mengambil tindakan tegas terhadap separatisme Islam," kata Darmanin di Twitter.

“Di antara 18 tempat ibadah yang dalam pengawasan khusus atas permintaan saya, 9 di antaranya bisa ditutup,” katanya.

Alasan administrasi menjadi alasan penutupan delapan masjid.

Surat kabar Prancis Le Figaro melaporkan bahwa tiga dari tempat ibadah itu berada di departemen Seine-Saint-Denis Prancis.

Pada 2 Desember, Darmanin mengumumkan bahwa dia meluncurkan "aksi luas" yang akan menargetkan 76 masjid.

Hubungan pemerintah Prancis dengan komunitas Muslimnya menjadi tegang dalam beberapa bulan terakhir, menyusul tiga serangan Islam yang mematikan, terutama pembunuhan Samuel Paty, seorang guru sekolah menengah Prancis.

Ketegangan juga berkobar antara Prancis dan negara-negara Muslim setelah Presiden Macron pada Oktober membela penerbitan kartun-kartun ofensif Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam dan menyebut Islam sebagai agama "dalam krisis" di seluruh dunia.

Di tempat lain di Prancis, 34 pemeriksaan telah dilakukan di tempat ibadah Muslim. Pemeriksaan ini mencakup pemeriksaan pajak dan proses hukum.

Penutupan itu terjadi menjelang RUU baru yang kontroversial, yang akan dibahas oleh komite khusus Majelis Nasional pada hari Senin.

'RUU Mendukung Prinsip Republik', juga dikenal sebagai 'RUU Pemisahan', memperketat aturan mengenai kapan homeschooling diizinkan, mewajibkan masjid untuk mendaftar sebagai tempat ibadah, dan juga mengharuskan masjid untuk mengumumkan dana asing lebih dari € 10.000.

Selain itu, tindakan ini menciptakan pelanggaran baru untuk ujaran kebencian online, yang memungkinkan negara untuk dengan cepat menahan individu yang mengungkapkan informasi pribadi pegawai negeri, dengan maksud yang merugikan. Ini adalah tanggapan langsung atas pembunuhan Paty.

RUU pemisahan berencana untuk memperluas undang-undang yang ada tentang pemakaian simbol-simbol agama, termasuk jilbab, untuk melarang tidak hanya pegawai negeri, tetapi juga semua kontraktor swasta layanan publik.

Ini juga menerapkan pembatasan pada sertifikat keperawanan dan termasuk langkah-langkah yang berupaya untuk mengatasi kawin paksa.

Meskipun elemen-elemen RUU tersebut mendapat dukungan dari komunitas Muslim, pemerintah Prancis juga dituduh menargetkan dan mendiskriminasi komunitas Muslim secara tidak adil.

“Represi Muslim telah menjadi ancaman, sekarang itu adalah janji. Dalam pidato satu jam, Macron mengubur  laïcité (separatisme) menguatkan sayap kanan sayap kiri anti-Muslim dan mengancam kehidupan siswa Muslim dengan menyerukan pembatasan drastis pada home schooling meskipun ada pandemi global, ”aktivis hak asasi manusia Prancis, Yasser Louati mentweet setelah pengumuman RUU oleh Presiden Macron. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X