Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.285 views

Orang Bersenjata Serbu Perguruan Tinggi Di Kaduna Nigeria, Culik Puluhan Mahasiswa

KADUNA, NIGERIA (voa-islam.com) - Orang-orang bersenjata menggerebek sebuah perguruan tinggi di barat laut Nigeria dan menculik 39 mahasiswa, pejabat pemerintah dan orang tua mengatakan pada hari Jum'at (12/3/2021), dalam penculikan massal terbaru yang menargetkan sebuah sekolah.

Geng penculik menyerbu Sekolah Tinggi Mekanisasi Kehutanan Federal di Mando, negara bagian Kaduna, sekitar pukul 21:30  waktu setempat pada hari Kamis, menembak tanpa pandang bulu sebelum membawa siswa.

Perguruan tinggi Kaduna itu dikatakan memiliki sekitar 300 siswa laki-laki dan perempuan - kebanyakan berusia 17 tahun ke atas - pada saat serangan itu.

Komisaris negara bagian Kaduna untuk keamanan dalam negeri Samuel Aruwan mengatakan 39 siswa hilang sementara tentara berhasil menyelamatkan 180 orang setelah pertempuran dengan orang-orang bersenjata itu.

"Pemeriksaan lebih lanjut setelah serangan oleh bandit bersenjata ... menunjukkan bahwa 39 siswa saat ini belum ditemukan," termasuk 23 perempuan dan 16 laki-laki, kata Aruwan dalam sebuah pernyataan Jum'at malam.

Dia awalnya mengatakan 30 siswa tidak ditemukan.

Aruwan mengatakan pemerintah negara bagian "menjaga komunikasi yang erat dengan manajemen perguruan tinggi sebagai upaya yang didukung oleh badan keamanan untuk melacak siswa yang hilang."

Komisaris tersebut mengatakan beberapa siswa yang diselamatkan terluka selama operasi dan sedang dirawat di rumah sakit militer.

- 'Banding kepada pemerintah' -

Polisi dan personel militer berjaga-jaga di sekitar kampus di pinggiran kota Kaduna pada Jum'at sore saat orang tua dan keluarga yang gelisah menunggu kabar. Sebuah jet tempur terbang di atas kepala.

Pejabat pemerintah mengatakan para siswa ditemukan hilang setelah penghitungan jumlah di perguruan tinggi, dan orang tua mengatakan mereka telah diambil oleh orang-orang bersenjata.

"Kami telah memastikan dari rekan-rekannya putri kami Sera bersama para penculik," kata Helen Sunday kepada wartawan, air mata membasahi wajahnya. "Saya mengimbau pemerintah untuk membantu menyelamatkan anak-anak kita."

"Tidak bisa diterima jika orang tua menyekolahkan anaknya hanya untuk diculik oleh oknum kriminal," kata Denis John, yang mengatakan bahwa saudara laki-lakinya termasuk di antara mereka yang diculik.

Geng-geng bersenjata berat di barat laut dan tengah Nigeria telah meningkatkan serangan dalam beberapa tahun terakhir, penculikan untuk tebusan, pemerkosaan dan penjarahan.

Para bandit baru-baru ini mengalihkan fokus mereka ke sekolah tempat mereka menculik siswa atau anak sekolah untuk mendapatkan uang tebusan - serangan Kamis setidaknya adalah serangan keempat sejak Desember.

Penculikan massal di barat laut memperumit tantangan keamanan yang dihadapi pasukan keamanan Presiden Muhammadu Buhari yang juga memerangi kelompok jihadis selama lebih dari satu dekade di timur laut.

- Tembakan larut malam -

Warga di dekat kampus Kaduna juga mendengar suara tembakan berulang kali di daerah itu pada Kamis malam.

"Kami terus mendengar suara tembakan yang kami abaikan sebagai latihan menembak dari Akademi Pertahanan Nigeria yang sangat dekat dengan perguruan tinggi kehutanan," kata Mustapha Aliyu, yang tinggal di daerah itu.

"Hanya ketika kami keluar untuk sholat subuh di masjid, kami mengetahui bahwa orang-orang bersenjata yang mengambil siswa dari perguruan tinggi," katanya.

Daerah ini terkenal dengan bandit dan perampokan bersenjata, terutama di sepanjang jalan raya yang menghubungkan kota dengan bandara.

Geng-geng tersebut sebagian besar didorong oleh motif keuangan dan tidak memiliki kecenderungan ideologis yang diketahui. Para korban seringkali dibebaskan segera setelah negosiasi, meskipun pejabat selalu menolak pembayaran uang tebusan.

Sabtu lalu, geng kriminal yang dikenal secara lokal sebagai bandit masuk ke tempat tinggal staf bandara Kaduna di dekatnya, menculik 12 orang, menurut pejabat bandara.

Pada 27 Februari, pria bersenjata menculik 279 siswi di dekat negara bagian Zamfara.

Dan seminggu sebelumnya, orang-orang bersenjata menangkap 42 orang, termasuk 27 siswa dari sekolah berasrama khusus laki-laki di negara bagian Niger tengah.

Pada bulan Desember, ratusan anak sekolah ditangkap di Katsina, negara bagian asal Buhari, saat dia sedang berkunjung. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam