Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.235 views

Uni Eropa 'Tidak Siap' Untuk Berbagi Vaksin Virus Corona Ke Negara-negara Miskin

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen mengumumkan pada hari Ahad (21/3/2021) bahwa blok tersebut tidak akan membagikan vaksin virus Corona dengan negara lain sampai negara itu memiliki "situasi produksi yang lebih baik di UE."

"Ada sedikit tekanan pada negara-negara anggota untuk mendapatkan vaksin itu sendiri," katanya kepada Funke Media Group Jerman akhir pekan lalu.

Pengumuman itu, yang datang ketika UE menghadapi gelombang virus Corona ketiga dan pembatasan baru pada kehidupan publik, menandakan pembalikan nyata dari janji blok tersebut sebelumnya.

Von der Leyen telah berkampanye keras untuk menyediakan vaksin bagi orang-orang di seluruh dunia pada musim semi 2020. Tetapi sebagian besar dosis vaksin COVID terus diberikan di negara-negara kaya.

Von der Leyen, bagaimanapun, menekankan bahwa UE akan mendorong dukungannya di belakang inisiatif COVAX Organisasi Kesehatan Dunia, sebuah upaya untuk memberi negara-negara berkembang akses ke vaksin.

"Uni Eropa telah menginvestasikan € 2,2 miliar ($ 2,6 miliar) dalam inisiatif ini. COVAX telah mengirimkan 30 juta dosis vaksin ke 52 negara," katanya.

EU mengecam AstraZeneca

Produsen yang berbasis di UE telah mengirimkan 41 juta dosis vaksin ke 33 negara sejak awal Februari, kata von der Leyen pada hari Sabtu, menjadikan blok itu salah satu wilayah ekspor terbesar di dunia untuk vaksin virus Corona.

"Saya tidak dapat menjelaskan kepada warga Eropa mengapa kami mengekspor jutaan dosis vaksin ke negara-negara yang memproduksi sendiri vaksin itu dan tidak mengirimkan apa pun kepada kami," katanya.

UE telah menyiapkan mekanisme khusus untuk membatasi ekspor vaksin. Produsen yang dikontrak untuk memasok negara anggota harus menyatakan jika mereka bermaksud mengekspor dosis ke luar blok.

Namun, sebagian besar kekhawatiran UE difokuskan pada Inggris, di mana kampanye vaksinasi telah berkembang dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Kepala UE mengancam akan menangguhkan ekspor vaksin COVID-19 AstraZeneca jika blok tersebut tidak menerima pengiriman yang dijanjikan terlebih dahulu.

"Kami memiliki opsi untuk melarang ekspor yang direncanakan. Itulah pesan untuk AstraZeneca: Anda memenuhi kontrak Anda dengan Eropa terlebih dahulu sebelum Anda mulai mengirim ke negara lain," kata von der Leyen, menambahkan bahwa perusahaan farmasi Anglo-Swedia itu hanya mengirimkan 30 % dari 90 juta dosis vaksin yang dijanjikan untuk kuartal pertama tahun ini.

Inggris memperingatkan larangan ekspor vaksin Uni Eropa

Menanggapi ancaman tersebut, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pada hari Ahad bahwa "dunia sedang mengamati" bagaimana Uni Eropa menanggapi kekurangan pengiriman AstraZeneca.

"Itu kontraproduktif (menghentikan ekspor vaksin) karena yang kita tahu tentang produksi dan pembuatan vaksin adalah kerjasama," katanya.

"Mereka (UE) tidak hanya akan merusak peluang warga negara mereka sendiri untuk memiliki program vaksin yang tepat, tetapi juga banyak negara lain di seluruh dunia dengan kerusakan reputasi untuk UE yang akan sangat sulit mereka ubah dalam jangka pendek," dia menambahkan.

Uni Eropa menuduh Inggris memberlakukan larangan ekspor de facto sendiri. Klaim tersebut dibantah keras oleh Inggris, namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Inggris telah mengekspor vaksin COVID sama sekali, karena bergantung pada pengaturan hukum yang rumit dengan produsen.

Sementara itu, UE telah mengekspor sedikitnya 8 juta dosis ke Inggris. (DW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X