Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.410 views

Presiden Chad Idris Deby Tewas Setelah Perangi Pemberontak Di Garis Depan

N'DJAMENA, CHAD (voa-islam.com) - Presiden Chad Idriss Deby Itno telah tewas di medan perang setelah tiga dekade berkuasa, militer mengumumkan di televisi pemerintah pada hari Selasa (20/4/2021).

Pengumuman mengejutkan itu datang hanya sehari setelah pria berusia 68 tahun itu diproklamasikan sebagai pemenang pemilihan presiden yang memberinya masa jabatan keenam.

Militer mengatakan Deby telah memimpin tentaranya pada akhir pekan saat bertempur melawan pemberontak yang melancarkan serangan besar-besaran ke bagian utara negara itu pada hari pemilihan.

Deby "baru saja menghembuskan nafas terakhir membela negara yang berdaulat di medan perang," kata juru bicara militer Jenderal Azem Bermandoa Agouna dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah.

Deby, 68, telah memerintah Chad dengan tangan besi selama tiga dekade tetapi merupakan sekutu kunci dalam kampanye anti-jihadis Barat di wilayah Sahel yang bermasalah.

Tentara mengatakan dewan militer yang dipimpin oleh putra mendiang presiden berusia 37 tahun Mahamat Idriss Deby Itno, seorang jenderal bintang empat, akan menggantikannya.

Pada hari Senin, tentara telah mengklaim "kemenangan besar" dalam pertempurannya melawan pemberontak dari negara tetangga Libya, mengatakan telah menewaskan 300 pejuang, dengan hilangnya lima tentara di barisannya sendiri selama delapan hari pertempuran.

Deby akan menjadi salah satu pemimpin terlama di dunia, setelah hasil sementara menunjukkan dia memenangkan pemilihan 11 April.

Dia adalah putra seorang penggembala dari kelompok etnis Zaghawa yang mengambil jalan klasik menuju kekuasaan melalui tentara, dan menyukai budaya militer.

Kemenangan terakhirnya dalam pemilu - dengan hampir 80 persen suara - tidak pernah diragukan, dengan oposisi yang terpecah, seruan boikot, dan kampanye di mana demonstrasi dilarang atau dibubarkan.

Deby telah berkampanye dengan janji membawa perdamaian dan keamanan ke wilayah tersebut, tetapi janjinya dirusak oleh serangan pemberontak.

Pemerintah telah meminta hari Senin untuk meyakinkan penduduk yang khawatir bahwa serangan telah berakhir.

Ada kepanikan di beberapa daerah N'Djamena pada hari Senin setelah tank dikerahkan di sepanjang jalan utama kota, seorang jurnalis AFP melaporkan.

Tank-tank tersebut kemudian ditarik terlepas dari perimeter di sekitar kantor presiden, yang berada di bawah pengamanan ketat selama waktu normal.

"Pembentukan penempatan keamanan di daerah tertentu di ibu kota tampaknya telah disalahpahami," kata juru bicara pemerintah Cherif Mahamat Zene di Twitter pada hari Senin.

"Tidak ada ancaman khusus untuk ditakuti."

Namun, kedutaan besar AS di N'Djamena pada hari Sabtu telah memerintahkan personel yang tidak penting untuk meninggalkan negara itu, memperingatkan kemungkinan kekerasan di ibu kota. Inggris juga mendesak warganya untuk pergi.

Kedutaan Prancis mengatakan dalam sebuah nasihat kepada warganya di Chad bahwa penempatan itu adalah tindakan pencegahan dan tidak ada ancaman khusus terhadap ibu kota.

Serangan pemberontak di provinsi Tibesti dan Kanem dilakukan oleh Front for Change and Concord in Chad (FACT), yang berbasis di Libya.

Kelompok itu memiliki pakta non-agresi dengan Khalifa Haftar, orang kuat militer yang menguasai sebagian besar wilayah timur Libya.

FACT, sebuah kelompok yang sebagian besar terdiri dari orang-orang Sahara Goran, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu bahwa mereka telah "membebaskan" wilayah Kanem. Klaim semacam itu di zona pertempuran gurun terpencil sulit untuk diverifikasi.

Pegunungan Tibesti di dekat perbatasan Libya sering kali menyaksikan pertempuran antara pemberontak dan tentara, serta di timur laut yang berbatasan dengan Sudan. Serangan udara Prancis diperlukan untuk menghentikan serangan di sana pada Februari 2019.

Pada Februari 2008, serangan pemberontak mencapai gerbang istana kepresidenan sebelum didorong kembali dengan dukungan Prancis. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X