Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.280 views

Nikki Haley: AS Serahkan Pangkalan Udara Baghram Dan Senjata Senilai 85 Miliar USD Ke Taliban

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Mantan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden telah menyerahkan Pangkalan Angkatan Udara Bagram, dan peralatan dan senjata senilai $85 miliar (-+Rp 1.225 trilyun) kepada Taliban.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS News pada hari Ahad (22/8/2021), Haley mengecam pemerintahan Biden atas eksekusinya dalam menarik pasukan dari Afghanistan, dengan mengatakan "menyerah sepenuhnya kepada Taliban."

Ketika ditanya bagaimana pemerintah AS bernegosiasi dengan Taliban, dia berkata, “Mereka tidak bernegosiasi dengan Taliban. Mereka telah sepenuhnya menyerah kepada Taliban. Mereka menyerahkan Pangkalan Angkatan Udara Bagram, yang merupakan pusat utama NATO. Mereka menyerahkan peralatan dan senjata senilai $85 miliar yang seharusnya kita dapatkan dari sana.”

“Mereka telah menyerahkan rakyat Amerika dan benar-benar menarik pasukan kami sebelum mereka menarik rakyat Amerika. Dan mereka telah meninggalkan sekutu Afghanistan kami yang membuat orang-orang seperti suami saya tetap aman," tambah Haley.

Taliban telah menyita miliaran dolar senjata AS menyusul ambruknya pasukan keamanan Afghanistan yang dipersenjatai dengan peralatan militer Amerika.

Helikopter Black Hawk dan pesawat serang A-29 Super Tucano termasuk di antara barang-barang yang direbut oleh Taliban, menurut laporan yang diterbitkan pekan ini.

Perkelahian Taliban terlihat dalam foto-foto yang beredar di media sambil memegang karabin M4 dan senapan M16 buatan Amerika alih-alih AK-47 ikonik mereka. Dan para jihadis telah terlihat dengan Humvee Amerika dan kendaraan pelindung anti-ranjau.

Namun, Haley juga mengakui bahwa pemerintahan Biden sekarang harus melakukan "apa pun yang diperlukan untuk mengeluarkan orang Amerika kita."

"Ini adalah skenario yang luar biasa di mana secara harfiah Taliban membuat orang Amerika kami disandera," tambahnya.

Amerika Serikat mengklaim telah menghabiskan hingga $89 miliar untuk melatih dan memperlengkapi pasukan keamanan Afghanistan selama dua puluh tahun terakhir yang gagal menghentikan serangan Taliban di Kabul. Sebaliknya, menurut laporan, persentase yang signifikan dari pasukan keamanan Afghanistan yang dilatih AS telah bergabung dengan pasukan Taliban.

Amerika Serikat menyerahkan 75.898 kendaraan, 599.690 senjata, 162.643 peralatan komunikasi, 208 pesawat, dan 16.191 peralatan intelijen, pengawasan dan pengintaian kepada pasukan Afghanistan antara tahun 2003 hingga 2016, menurut laporan Kantor Akuntabilitas Pemerintah 2017.

Washington juga memberi pasukan Afghanistan 7.035 senapan mesin, 4.702 Humvee, 20.040 granat tangan, 2.520 bom dan 1.394 peluncur granat, di antara peralatan lainnya, dari 2017 hingga 2019, menurut laporan tahun lalu dari Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR).

Sekitar 46 dari pesawat itu sekarang berada di Uzbekistan setelah lebih dari 500 tentara pemerintah Afghanistan menggunakan mereka untuk melarikan diri dari Afghanistan menyusul runtuhnya pemerintah pekan lalu. Sisanya telah diambil alih oleh Taliban.

Pemerintahan Biden telah mengakui “sejumlah besar” senjata telah jatuh ke tangan Taliban.

Pada hari Sabtu, Trump mengklaim penanganan Biden atas mundurnya pasukan AS dari Afghanistan sebagai "penghinaan kebijakan luar negeri terbesar" dalam sejarah Amerika.

Trump, seorang Republikan yang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada 2024, telah berulang kali menyalahkan Biden atas jatuhnya Afghanistan ke tangan Taliban.

“Keluarnya Biden yang gagal dari Afghanistan adalah tampilan ketidakmampuan kotor yang paling menakjubkan oleh seorang pemimpin negara, mungkin setiap saat,” kata Trump pada rapat umum riuh yang dipenuhi para pendukungnya di dekat Cullman, Alabama.

"Ini bukan penarikan. Ini penyerahan total," katanya.

Taliban siap untuk menjalankan Afghanistan lagi 20 tahun setelah mereka digulingkan dari kekuasaan mereka yang sah oleh pasukan Amerika dan sekutunya menyusul serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

AS menginvasi Afghanistan pada Oktober 2001 dan menyingkirkan Taliban dari kekuasaan. Pasukan Amerika menduduki negara itu selama sekitar 20 tahun dengan dalih berperang melawan Taliban. Tetapi ketika pasukan AS meninggalkan Afghanistan, Taliban menyerbu ke Kabul, dan menguasainya pada 15 Agustus lalu. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X