Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.316 views

Israel Klaim Tangkap Kembali 2 Pejuang Palestina Tersisa Yang Kabur Dari Penjara Gilboa

TEPI BARAT, ISRAEL (voa-islam.com) - Israel mengklaim pasukannya telah menangkap dua pejuang Palestina yang tersisa, yang melarikan diri dari penjara Gilboa dengan keamanan tinggi hampir dua pekan lalu.

Kementerian urusan militer Israel mengatakan pada hari Ahad (19/9/2021) pagi bahwa Iham Kamamji dan Munadil Nafiyat, keduanya anggota gerakan perlawanan Jihad Islam, ditangkap di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki.

Dikatakan kedua warga Palestina itu "ditangkap hidup-hidup", menyerah tanpa perlawanan setelah pasukan mengepung gedung tempat mereka bersembunyi.

Fouad Kamamji, ayah Iham, mengatakan kepada Associated Press bahwa putranya telah meneleponnya ketika pasukan Israel mengepung rumah dan mengatakan dia akan menyerah "agar tidak membahayakan pemilik rumah."

Media Palestina mengatakan ada baku tembak selama serangan fajar oleh pasukan khusus Israel, tetapi tidak ada laporan tentang korban.

Dua warga Palestina lainnya, dilaporkan warga Jenin, juga ditangkap dalam penggerebekan tersebut.

Kamamji, berasal dari desa Kafr Dan yang terletak 8 kilometer barat laut Jenin, ditangkap pada tahun 2006 dan dipenjara seumur hidup atas dugaan pembunuhan seorang pemukim Israel.

Nafayat tidak didakwa melakukan kejahatan selain menjadi anggota gerakan Jihad Islam. Dia ditahan di bawah praktik Israel yang disebut penahanan administratif, yang memungkinkan rezim untuk memenjarakan tersangka tanpa tuduhan.

Pada dini hari tanggal 6 September, Zakaria Zubeidi, mantan komandan Brigade Syuhada al-Aqsa di Jenin dan lima anggota Jihad Islam membuat terowongan keluar melalui sistem drainase sel mereka dan melarikan diri dari penjara Gilboa.

Empat dari anggota Jihad Islam menjalani hukuman seumur hidup.

Pada 11 September, outlet media Israel melaporkan bahwa empat dari pelarian telah ditangkap di bagian utara wilayah pendudukan.

Hamas telah memperingatkan Israel tentang konsekuensi serius di tengah laporan bahwa rezim Zionis telah meluncurkan tindakan represif terhadap tahanan Palestina setelah pelarian baru-baru ini.

Gerakan itu mengatakan bangsa Palestina dan pejuang perlawanan tidak akan tinggal diam dalam menghadapi pelanggaran yang sedang berlangsung, dan bahwa pejabat penjara Israel akan membayar harga yang mahal untuk terus menyiksa narapidana Palestina.

Otoritas penjara menahan narapidana Palestina di bawah kondisi menyedihkan yang tidak memiliki standar higienis yang layak. Para tahanan juga menjadi sasaran penyiksaan, pelecehan, dan penindasan sistematis, menurut pejabat Palestina.

Organisasi hak asasi manusia mengatakan Israel melanggar semua hak dan kebebasan yang diberikan kepada tahanan di bawah Konvensi Jenewa Keempat.

Dilaporkan ada lebih dari 7.000 warga Palestina ditahan di penjara-penjara Israel. Ratusan narapidana tampaknya telah dipenjara di bawah praktik penahanan administratif.

‘Israel akhirnya akan membebaskan keenam pelarian Palestina itu sendiri’

Gerakan perlawanan Hamas dan Jihad Islam bereaksi terhadap penangkapan tersebut, dengan mengatakan otoritas penjara Israel pada akhirnya akan dipaksa untuk membebaskan keenam narapidana Palestina itu sendiri.

"Kami memberi hormat kepada para pahlawan Operasi Terowongan Kebebasan, dan memuji mereka karena telah membuktikan kemampuan warga Palestina untuk melawan dalam situasi apapun," kata juru bicara Hamas Hazem Qassem.

“Operasi itu akan tetap menjadi bukti tak terbantahkan dari kerapuhan dan kelemahan dinas keamanan Israel serta ketidakstabilannya untuk menahan tekad kuat warga Palestina,” katanya.

“Apa yang dilakukan enam tahanan ini adalah tindakan kepahlawanan yang hebat. Itu adalah pencapaian yang luar biasa dan akan dicatat dalam sejarah perjuangan bangsa Palestina,” kata Qassem.

Dia mengatakan Brigade Izzudin Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas, akan menempatkan nama-nama enam tahanan Palestina di bagian atas daftar pertukaran tahanan masa depan dengan Israel.

“Penjaga penjara Israel pada akhirnya akan membuka pintu dan membebaskan mereka sendiri. Upaya untuk membebaskan tahanan Palestina adalah prioritas utama perlawanan,” kata Qassem.

Pemimpin Jihad Islam terkemuka Sheikh Khader Adnan mengatakan, “Penangkapan kembali Israel atas enam pelarian Palestina dan pemenjaraan berikutnya tidak akan pernah meredupkan kemuliaan dan kemenangan para narapidana.”

Adnan menekankan bahwa penangkapan itu tidak akan menghapus kekalahan memalukan yang dialami rezim Tel Aviv.

Pemimpin senior Jihad Islam itu juga meminta semua warga Palestina untuk mendukung para tahanan, terutama mereka yang ditahan di sel isolasi, mereka yang disiksa dan mereka yang mogok makan.

“Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk kebebasan, kehormatan, dan martabat 4.600 tahanan! Ini adalah kewajiban bagi bangsa kita dan semua orang yang mencintai kebebasan di dunia, ”kata Adnan. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X