Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.232 views

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

PANJSHIR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Anak pemimpin perlawanan anti-Taliban Afghanistan yang paling terkenal telah kabur melarikan diri ke negara tetangga Tajikistan, kurang dari sebulan setelah bersumpah untuk membela tanah airnya “apa pun yang terjadi.”

Ahmad Massoud, putra mendiang pemimpin Aliansi Utara Ahmad Shah Massoud, melarikan diri ke Tajikistan tak lama setelah Taliban menguasai Lembah Panjshir pada 6 September, menurut seorang pejabat senior intelijen AS, konsultan Pentagon, dan dua mantan pejabat senior pemerintah Afghanistan.  Ahmad Massoud bergabung beberapa hari kemudian dengan Amrullah Saleh, mantan wakil presiden Afghanistan dan kepala intelijen lama, yang meninggalkan Afghanistan dengan helikopter, kata pejabat senior AS dan dua mantan pejabat Afghanistan.

Kaburnya dua tokoh utama perlawanan Afghanistan bertentangan dengan klaim publik bahwa mereka masih di Afghanistan dan bertahan melawan Taliban dan menandakan perubahan luar biasa dalam nasib mereka: Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, pemerintah Amerika Serikat dan CIA tidak muncul untuk mendukung mereka. Massoud dan Saleh sama-sama mencari bantuan dan peralatan militer dari Barat, tetapi pemerintahan Biden tidak mendukung mereka dan tidak memberikan indikasi apakah akan memberikan bantuan di masa depan, menurut dua mantan pejabat Afghanistan dan pensiunan pejabat intelijen AS.

Pada hari Rabu, Massoud menyewa pelobi Washington Robert Stryk. Massoud dan Saleh telah dirangkul oleh tokoh Republik terkemuka seperti Senator Lindsey Graham, yang ingin AS kembali ke Afghanistan.

Baik Massoud maupun Saleh tidak terlihat di depan umum sejak Taliban merebut Panjshir. Keduanya berasal dari provinsi timur laut pegunungan, basis abadi perlawanan Afghanistan, pertama melawan Uni Soviet dan kemudian Taliban. Massoud saat ini berada di “rumah aman” di ibukota Tajik, Dushanbe, menurut seorang mantan pejabat senior pemerintah Afghanistan yang berbicara dengannya pekan lalu, sementara Saleh berada di lokasi terdekat.

Saleh terakhir mentweet pada 3 September, ketika Taliban mulai mengepung Panjshir. Dalam sebuah video yang menyertainya, dia menepis laporan bahwa dia telah meninggalkan Afghanistan sebagai "sama sekali tidak berdasar." “PERLAWANAN terus berlanjut dan akan terus berlanjut,” tweet Saleh. "Saya di sini dengan tanah saya, untuk tanah saya & mempertahankan martabatnya."

Pada hari Senin, Ali Maisam Nazary, juru bicara Massoud, mengklaim kepada The Intercept bahwa Massoud “ada di dalam Afghanistan … di lokasi yang dirahasiakan.” Saleh tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Saleh, yang pernah bekerja sebagai ajudan Ahmad Shah Massoud dan menjabat bertahun-tahun di posisi senior di pemerintah Afghanistan yang didukung AS, mentweet bulan lalu bahwa ia adalah penerus sah mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, mengutip keputusan Ghani untuk melarikan diri ke Uni Emirat Arab. “Sesuai dengan konstitusi Afg, dalam ketidakhadiran, pelarian, pengunduran diri, atau kematian Presiden, FVP [Wakil Presiden Pertama] menjadi Presiden sementara,” cuit Saleh pada 16 Agustus, sehari setelah Taliban menguasai Kabul. "Saya saat ini berada di dalam negara saya & saya adalah Presiden pengambil keputusan yang sah."

Pada bulan Agustus, tokoh Republik terkemuka seperti Senator Republik Lindsey Graham dan Mike Waltz meminta pemerintahan Biden untuk mengakui Saleh dan Massoud sebagai “perwakilan pemerintah yang sah” dari Afghanistan. "Kami akan kembali ke Afghanistan," sesumbar Graham kepada BBC awal bulan ini. “Kami harus melakukannya karena ancaman [teror] akan sangat besar.”

“Saya ingin suaranya keluar,” kata Graham tentang Saleh dalam wawancara dengan Politico minggu lalu. “Saya akan melakukan semuanya. [Taliban] menyandera orang-orang kami. Mereka adalah kelompok teroris. Mereka adalah kelompok jihadis Islam radikal.”

Graham juga dilaporkan mengamankan slot Saleh di acara Fox News Sean Hannity pada bulan Agustus; Waltz juga berhasil membuat Massoud dipesan di Fox News. Pada hari Selasa, James Hewitt, juru bicara Waltz, mengulangi seruan anggota kongres untuk mengakui Saleh dan Massoud sebagai perwakilan sah Afghanistan, dengan mengatakan, "Ya, ini masih posisinya," dan menghubungkan ke siaran pers berjudul "Waltz, Graham Menyerukan Biden untuk Mengakui Pasukan Oposisi di Lembah Panjshir.” Graham tidak menanggapi permintaan komentar.

Semakin banyak senator Republik juga telah mendesak Biden untuk menunjuk Taliban sebagai organisasi teroris, dengan Wakil Ketua Komite Intelijen Senat Marco Rubio memperkenalkan undang-undang yang akan melakukan hal itu – sebuah langkah yang kemungkinan akan menghancurkan keterlibatan diplomatik dengan pemerintah baru.

AS telah lama mendukung kelompok oposisi di Afghanistan, kembali ke peran CIA dalam mempersenjatai mujahidin Afghanistan untuk melawan Soviet di bawah Presiden Ronald Reagan. Ahmad Shah Massoud, seorang komandan perlawanan legendaris, menerima dana CIA di bawah Reagan dan pemerintahan AS berikutnya, ketika milisinya menggulingkan Soviet dari Kabul dan kemudian memimpin oposisi melawan Taliban. Massoud dibunuh oleh agen operasi Al-Qaidah dua hari sebelum serangan 11 September 2001.

Tidak jelas apakah Ahmad Massoud dan Front Perlawanan Nasionalnya akan mendapat dukungan dari AS atau pemerintah Barat lainnya kali ini. Prospek perlawanan tampak suram, dengan New York Times melaporkan pekan lalu bahwa "pertempuran sebagian besar telah berhenti" di provinsi Panjshir dan bahwa "perlawanan yang tersisa tampaknya terbatas di daerah pegunungan."

Meskipun badan-badan intelijen Barat belum secara resmi bekerja sama dengan Massoud, mereka dilaporkan telah mengadakan pertemuan informal. Ada juga banyak preseden sejarah bagi kelompok-kelompok oposisi yang melarikan diri ke negara-negara tetangga untuk merencanakan kepulangan mereka pada akhirnya. Ini terjadi paling baru pada tahun 2001, ketika Taliban menghilang ke Pakistan dan Iran untuk berkumpul kembali. (Spctr)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya