Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.858 views

Nigeria Konfirmasi Kematian Pemimpin Cabang ISIS Di Afrika Barat Abu Musab al-Barnawi

BORNO, NIGERIA (voa-islam.com) - Militer Nigeria telah mengumumkan kematian Abu Musab al-Barnawi, pemimpin cabang ISIS di Afrika Barat.

"Dia sudah mati dan tetap mati," klaim Kepala Staf Pertahanan Jenderal Lucky Irabor.

Jenderal Irabor tidak memberikan rincian tentang keadaan kematian Barnawi, yang pertama kali dilaporkan pada bulan September.

Islam State Provinsi Afrika Barat (ISWAP) belum mengomentari klaim tersebut.

ISWAP telah dilihat sebagai kelompok jihadis terkuat di Nigeria sejak kematian pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau awal tahun ini.

Sejak itu, ribuan pejuang Boko Haram telah menyerah baik kepada militer maupun dilaporkan ke ISWAP.

Siapa Al-Barnawi?

Sedikit yang diketahui tentang Barnawi, termasuk usia dan penampilannya.

Lahir sebagai Habib Yusuf, diyakini dia adalah putra tertua dari pendiri Boko Haram Mohammed Yusuf.

Dia dipandang sebagai orang yang relatif moderat, menghindari kebijakan Boko Haram yang lebih ekstrem seperti menggunakan anak-anak sebagai pelaku bom jibaku, dan menargetkan umat Islam secara sembarangan.

Setelah kematian ayahnya dalam tahanan polisi pada 2009, Shekau ditunjuk sebagai pemimpin baru kelompok itu.

Barnawi menjabat sebagai juru bicara Boko Haram, tetapi sering bentrok dengan Shekau dan para pemimpin senior lainnya dan pada 2013 ia membelot ke Ansaru - cabang Boko Haram yang memiliki hubungan dengan Al-Qaidah.

Terlepas dari perbedaan mereka, kedua kelompok itu kadang-kadang bekerja sama.

Untuk membantu meningkatkan profil internasional Boko Haram, Shekau menyelaraskan kelompok itu dengan ISIS pada tahun 2015. Tahun berikutnya ISIS menunjuk Barnawi sebagai wali baru Boko Haram (bahasa Arab untuk gubernur), menyebabkan perseteruan internal yang besar. Analis percaya perubahan kepemimpinan didorong oleh bentrokan ideologis antara Shekau dan kepemimpinan pusat ISIS.

Surat kabar ISIS al-Nabaa menerbitkan wawancara dengan Barnawi pada Agustus 2016. Dalam artikel tersebut, ia menggambarkan pertempuran kelompok itu dengan negara-negara Afrika Barat sebagai pertempuran melawan "murtad" dan "tentara salib". Dia mengancam, sebagai pemimpin, untuk memerintahkan pembunuhan orang-orang Kristen dan pemboman gereja-gereja. Namun dalam perubahan besar dalam strategi kelompok itu, dia berjanji untuk mengakhiri serangan membabi buta terhadap masjid dan pasar.

Perubahan kepemimpinan yang terkenal itu tidak disambut baik oleh semua orang, dan Shekau menuduh Barnawi mengobarkan kudeta.

Akibat pertikaian ini, mereka yang setia kepada ISIS bergabung dengan ISWAP yang memisahkan diri dari Boko Haram, dipimpin oleh Barnawi, sementara Shekau tetap sebagai pemimpin Boko Haram. Kelompok-kelompok tersebut sejak itu menjadi saingan berat.

ISWAP mengumumkan bahwa Shekau meninggal pada bulan Mei setelah melarikan diri dari pertempuran dengan pejuang Iswap - memilih untuk meledakkan rompi jibaku daripada menyerah. Iswap mengatakan operasi itu, di hutan Sambisa Nigeria, diperintahkan langsung oleh pemimpin pusat ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi.

Menurut outlet Nigeria HumAngle, Barnawi menyebarkan berita kematiannya dalam rekaman audio pada bulan Juni, mengatakan bahwa Shekau telah melakukan "terorisme yang tak terbayangkan."

"Ketika tiba saatnya, Allah menurunkan tentara pemberani setelah menerima perintah dari pemimpin orang-orang beriman," kata Barnawi.

Belakangan bulan itu, tersangka pejuang Boko Haram mengkonfirmasi kematian Shekau dalam sebuah video yang diterbitkan oleh outlet berita Nigeria dan analis keamanan.

IS juga telah mengkonfirmasi rincian kematian Shekau, dan membual bahwa "ribuan" pejuang Boko Haram telah membelot ke mereka.

Di bawah kepemimpinan Barnawi, ISWAP membuat keuntungan teritorial di Nigeria utara, dan Cekungan Chad yang lebih luas, selama beberapa tahun terakhir. Mereka juga aktif di negara-negara tetangga, termasuk Burkina Faso, Kamerun, Chad, Niger dan Mali.

Kelompok ini telah merebut beberapa pangkalan militer, mengamankan senjata dan pasokan dari pasukan militer regional. Pajak atas penduduk setempat juga telah memberikan sumber pendapatan, bersama dengan keterlibatannya dalam perusahaan komersial seperti penangkapan ikan. (BBC)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa