Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.528 views

Serangan Udara Koalisi Pimpinan Saudi Tewaskan Lebih dari 150 Pemberontak Syi'ah Houtsi di Marib

MARIB, YAMAN (voa-islam.com) - Koalisi pimpinan Saudi yang mendukung pemerintah Yaman mengatakan lebih dari 150 pemberontak Syi'ah Houtsi tewas pada Kamis (14/10/2021) dalam serangan udara di selatan kota Marib, di mana pemberontak mendorong benteng terakhir pemerintah di utara.

Serangan udara terbaru terhadap pemberontak yang didukung Iran membuat jumlah mereka yang tewas di distrik Abdiya provinsi Marib yang kaya minyak menjadi lebih dari 500 hanya dalam empat hari terakhir, menurut jumlah yang dikumpulkan oleh koalisi.

Pemberontak Syi'ah Houtsi sendiri tidak pernah mau mengakui jumlah korban yang mereka derita dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Yaman.

Kehancuran yang disebabkan oleh serangan udara Kamis "termasuk 11 kendaraan militer, dan menewaskan lebih dari 150 elemen teroris," kata koalisi dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media resmi Saudi.

Serangan koalisi terbaru melibatkan 36 serangan selama 24 jam terakhir, tambahnya.

Pemberontak Syi'ah Houtsi memperbarui kampanye mereka untuk merebut Marib, kota vital yang strategis yang akan menyelesaikan pengambilalihan utara dan cadangan minyaknya, bulan lalu.

Houthi mengatakan mereka "di tepi kota" dalam sebuah pernyataan video pada hari Selasa.

Para pemberontak sejak itu harus mundur dari beberapa posisi mereka, beberapa pejabat militer pemerintah di Marib mengatakan kepada AFP, Kamis.

Meskipun mengalami kerugian, Syi'ah Houtsi "mendorong bala bantuan baru ... dan mengirim ribuan orang ke kematian mereka," menurut salah satu pejabat.

Sumber-sumber militer pro-pemerintah mengatakan 23 pejuang mereka sendiri tewas dan puluhan lainnya terluka selama 48 jam terakhir.

Perang Yaman dimulai pada tahun 2014 ketika pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran merebut sebagian besar negara berpenduduk mayoritas Sunni itu termasuk ibu kota Sana'a, 120 kilometer barat Marib, mendorong intervensi yang dipimpin Saudi untuk menopang pemerintah pada tahun berikutnya.

Puluhan ribu orang tewas dan jutaan orang mengungsi dalam apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran memulai dorongan besar untuk merebut kota Marib pada bulan Februari dan, setelah jeda, akhir-akhir ini mereka kembali mengintensifkan kampanye mereka.

Puluhan ribu orang telah mengungsi di provinsi itu tahun ini, termasuk hampir 10.000 pada September saja, kata badan migrasi PBB kepada AFP, Kamis.

“Dari 1 Januari hingga 30 September, IOM mencatat lebih dari 55.000 orang mengungsi di Kegubernuran Marib di daerah-daerah di mana tim pelacakan perpindahan dan respon cepat kami memiliki akses,” kata Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Kota Marib memiliki antara 20.000 hingga 30.000 penduduk sebelum perang tetapi populasinya membengkak menjadi ratusan ribu ketika orang Yaman melarikan diri dari kota-kota garis depan karena relatif stabilnya wilayah itu.

Tetapi dengan sekitar 139 kamp pengungsi di provinsi tersebut, menurut pemerintah, yang menampung sekitar 2,2 juta orang, banyak warga sipil yang terlantar telah terjebak dalam baku tembak sekali lagi. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya