Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.593 views

Pertempuran Antara Pasukan Kurdi Dan Islamic State Berlanjut Hingga Hari Ke Empat Di Hasakah Suriah

HASAKAH, SURIAH (voa-islam.com) - Pertempuran di sebuah penjara di kota Suriah utara Al-Hasakah memasuki hari keempat pada hari Ahad (23/1/2022) ketika pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) Kurdi terus memerangi pejuang dari kelompok "Islamic State" (IS) setelah pelarian di fasilitas itu.

Pasukan Kurdi mengatakan jihadis menyerang penjara sekali lagi pada hari Ahad dan mencoba mendobrak penjagaan keamanan di sekitarnya. Dalam sebuah pernyataan, SDF mengklaim serangan itu telah berhasil dihalau dan para pejuang IS didorong kembali ke daerah pemukiman. Serangan lain oleh pejuang Islamic State yang datang dari luar kota juga digagalkan, kata seorang juru bicara.

Hampir 80 anggota IS dan 39 petempur Kurdi tewas dalam kekerasan di penjara Ghwayran sejak pertama kali diserang oleh pejuang Islamic State pada Kamis, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris. Kelompok itu, yang berafiliasi dengan oposisi Suriah, telah memantau konflik negara itu sejak pecah pada 2011.

Observatorium mengatakan bahwa setidaknya tujuh warga sipil juga tewas dalam pertempuran, yang telah melihat pasukan koalisi pimpinan AS melakukan serangan udara untuk mendukung pasukan Komunis Kurdi. Pasukan AS juga dilaporkan telah mengambil posisi di sekitar penjara, yang menampung orang-orang yang dicurigai sebagai anggota IS.

Pada hari Kamis, pejuang Islamic State meledakkan bom mobil di dekat gerbang penjara, yang memungkinkan puluhan narapidana melarikan diri.

SDF awalnya mengklaim bahwa mereka telah menggagalkan pelarian penjara dan menangkap sejumlah jihadis. Namun kemudian, ia mengakui bahwa narapidana telah menguasai bagian-bagian penjara.

Observatorium mengatakan bahwa pasukan Kurdi telah berhasil menangkap kembali lebih dari 100 tahanan yang mencoba melarikan diri tetapi masih banyak lagi yang masih dalam pelarian. Jumlah pasti mereka masih belum jelas.

Siapa yang ada di penjara?

Penjara Ghwayran adalah fasilitas terbesar di mana SDF menahan orang-orang yang dicurigai berafiliasi dengan kelompok IS, meskipun tidak diketahui berapa banyak narapidana di penjara tersebut.

Namun, kerabat dari banyak narapidana mengatakan mereka adalah anak-anak kecil atau orang-orang yang telah ditangkap dengan tuduhan palsu karena menolak wajib militer ke SDF.

Pejuang Islamic State pernah menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Irak tetapi kehilangan sebagian besar wilayah setelah pertengkaran militer yang panjang dengan pasukan Kurdi dari kedua negara, yang didukung oleh Amerika Serikat dan kekuatan lainnya.

Serangan penjara adalah operasi terbesar mereka di negara itu sejak 2019.

Tumbuhnya kebencian

Kelompok hak asasi manusia yang berbasis di AS Human Rights Watch mengatakan sekitar 12.000 pria dan anak laki-laki, termasuk sebanyak 4.000 orang asing dari hampir 50 negara, ditahan oleh SDF di beberapa pusat penahanan. Kelompok-kelompok sipil mengatakan SDF melakukan penyiksaan di beberapa, tuduhan yang tidak mau diakui oleh otoritas Kurdi.

Penahanan, seringkali dalam apa yang disebut kelompok hak asasi sebagai kondisi yang tidak manusiawi dan terkadang tanpa tuduhan atau pengadilan, telah menyebabkan kebencian di pihak orang-orang Arab yang tinggal di bagian Suriah yang dikuasai Komunis Kurdi, yang mengatakan mereka menderita diskriminasi rasial.

Para tetua Arab setempat mengatakan dukungan untuk Islamic State di komunitas mereka telah tumbuh sebagai akibat dari perlakuan buruk yang dirasakan. (DW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X