Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.557 views

Agen Intelijen Kanada Seludupkan Remaja Inggris Shamima Beghum Ke Wilayah Islamic State Di Suriah

LONDONG, INGGRIS (voa-islam.com) - Seorang mata-mata yang bekerja untuk intelijen Kanada menyeludupkan Shamima Begum dan dua siswi Inggris lainnya ke daerah-daerah yang dikuasai kelompok Islamic State (IS) di Suriah, demikian klaim BBC.

Mohammed Al Rasheed membantu Begum, 15 tahun, Kadiza Sultana, 16 tahun, dan Amira Abase, 16 tahun, melakukan perjalanan dari terminal bus Istanbul ke perbatasan Suriah pada 2015, di mana mereka memasuki wilayah yang dikendalikan oleh kelompok jihadis tersebut.

Turki telah melaporkan pada saat penangkapan seorang pria pada tahun 2015 setelah Begum dan gadis-gadis lainnya hilang.

Al Rasheed sekarang mengatakan dia membantu pria, wanita, dan anak-anak Inggris lainnya memasuki Suriah tetapi hanya untuk menyampaikan informasi ini, bersama dengan intelijen lainnya tentang IS, ke kedutaan Kanada di Yordania.

Dia mengklaim bahwa kedutaan telah menjanjikannya kewarganegaraan Kanada jika dia membantu pengumpulan informasi tentang Islamic State, yang pada tahun 2015 menguasai sebagian besar wilayah timur dan utara Suriah dan Irak.

Ini termasuk rincian paspor Begum, yang Kanada bagikan dengan Inggris tetapi diduga bukan keseluruhan cerita tentang peran Al Rasheed dalam operasi perdagangan IS sampai jauh kemudian ketika plot itu terungkap, menurut sebuah buku baru yang eksplosif.

Seorang agen intelijen senior mengkonfirmasi kepada BBC bahwa Al Rasheed menyampaikan informasi tentang IS di Suriah ke intelijen Kanada sambil menyelundupkan orang ke zona perang.

Pengungkapan itu bisa menjadi bagian penting dari upaya Begum untuk mengembalikan kewarganegaraan Inggrisnya dan kembali ke Inggris, setelah menghabiskan bertahun-tahun dalam kondisi yang mengerikan di sebuah kamp tahanan di Suriah.

Kewarganegaraan Begum dicabut oleh Menteri Dalam Negeri saat itu Sajid Javid pada tahun 2019 dengan alasan keamanan nasional karena dugaan perannya dalam Islamic State, membuatnya tidak memiliki kewarganegaraan dan terdampar di Suriah.

Informasi bahwa dia adalah korban perdagangan anak di bawah umur akan menjadi "salah satu argumen utama" dalam tantangan Begum atas keputusan pemerintah Inggris untuk mengambil paspornya selama sidang hukum pada bulan November, Tasnime Akunjee, seorang pengacara untuk keluarganya mengatakan kepada BBC.

"Inggris memiliki kewajiban internasional tentang bagaimana kami memandang orang yang diperdagangkan dan kesalahan apa yang kami berikan kepada mereka atas tindakan mereka," katanya kepada penyiar.

Begum melahirkan tiga anak selama waktunya di Suriah, yang semuanya telah meninggal.

Al Rasheed mengatakan dia pergi ke kedutaan Kanada di Amman pada tahun 2013 mencari suaka tetapi diberitahu kewarganegaraan akan bersyarat bahwa dia berbagi intelijen tentang IS.

Dia melakukan banyak kunjungan ke Yordania antara 2013 dan 2015 sampai dia ditangkap oleh polisi Turki, kata BBC, beberapa hari setelah Begum diperdagangkan ke Suriah.

Begum mengkonfirmasi kepada BBC dalam podcast mendatang 'I'm Not A Monster' peran Al Rasheed dalam operasi tersebut.

"Dia mengatur seluruh perjalanan dari Turki ke Suriah ... Saya tidak berpikir ada orang yang bisa sampai ke Suriah tanpa bantuan penyelundup," katanya.

"Dia telah membantu banyak orang masuk... Kami hanya melakukan semua yang dia suruh kami lakukan karena dia tahu segalanya, kami tidak tahu apa-apa." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X