Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.591 views

Donald Trump Umumkan Pencalonan Diri Sebagai Presiden Tahun 2024

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Donald Trump, yang telah melancarkan serangan tanpa henti terhadap integritas pemungutan suara AS sejak kekalahannya dalam pemilihan tahun 2020, pada hari Selasa (15/11/2022) meluncurkan upaya untuk mendapatkan kembali kursi kepresidenan pada tahun 2024, yang bertujuan untuk mendahului calon saingan dari Partai Republik. 

Trump, yang mengupayakan kemungkinan pertandingan ulang dengan Presiden Demokrat Joe Biden, membuat pengumumannya di perkebunan Mar-a-Lago miliknya di Florida seminggu setelah pemilihan paruh waktu di mana Partai Republik gagal memenangkan kursi sebanyak yang mereka harapkan di Kongres.

Dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi AS, Trump berbicara kepada ratusan pendukungnya di sebuah ballroom yang dihiasi beberapa lampu gantung dan berjajar puluhan bendera Amerika.

"Untuk membuat Amerika kembali hebat, malam ini saya mengumumkan pencalonan saya sebagai presiden Amerika Serikat," kata Trump kepada kerumunan donor dan pendukung lama yang melambai-lambaikan bendera.

Sebelumnya pada hari itu, para pembantunya mengajukan dokumen ke Komisi Pemilihan Federal AS yang membentuk sebuah komite yang disebut "Donald J. Trump untuk Presiden 2024."

Ada jalan panjang sebelum calon dari Partai Republik secara resmi dipilih pada musim panas 2024, dengan kontes tingkat negara bagian pertama lebih dari setahun lagi.

Pengumuman Trump datang lebih awal dari biasanya bahkan di negara yang terkenal dengan kampanye presiden yang berlarut-larut dan menandakan minatnya untuk mengecilkan calon pesaing lainnya seperti Gubernur Florida Ron DeSantis atau mantan wakil presidennya sendiri, Mike Pence, untuk mengajukan tawaran untuk pemilihan presiden 2024 dari pencalonan Partai Republik.

DeSantis dengan mudah memenangkan pemilihan kembali sebagai gubernur selama pemilihan paruh waktu. Pence, saat mempromosikan buku barunya, berusaha menjauhkan diri dari Trump. Calon presiden dari Partai Republik lainnya termasuk Gubernur Virginia Glenn Youngkin, Gubernur Texas Greg Abbott, mantan Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley dan mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Trump memainkan peran aktif dalam pemilihan paruh waktu, merekrut dan mempromosikan kandidat yang menggemakan klaim palsunya bahwa pemilu 2020 dicuri darinya melalui penipuan pemungutan suara yang meluas.

Tetapi banyak dari kandidatnya di negara bagian medan pertempuran utama kalah, mendorong beberapa anggota partai Republik terkemuka untuk secara terbuka menyalahkannya karena mempromosikan kandidat lemah yang menggagalkan harapan partai untuk mengambil kendali Senat.

Kontrol Dewan Perwakilan Rakyat tetap belum di pastikan, tetapi Partai Republik berada di jalur yang tepat untuk memenangkan mayoritas tipis.

Trump akan mencari pencalonan partainya bahkan ketika dia menghadapi masalah di beberapa bidang, termasuk penyelidikan kriminal atas kepemilikan dokumen pemerintah yang diambil ketika dia meninggalkan jabatannya serta panggilan pengadilan dari kongres terkait perannya dalam serangan Capitol AS oleh pendukungnya pada 6 Januari 2021. Trump menyebut berbagai penyelidikan yang dia hadapi bermotivasi politik dan membantah melakukan kesalahan.

Trump, 76, berusaha menjadi presiden AS kedua. dalam sejarah untuk menjalani masa jabatan tidak berturut-turut, setelah Grover Cleveland, yang tugas keduanya berakhir pada 1897. Biden, 79, mengatakan pekan lalu dia berniat mencalonkan diri untuk pemilihan kembali dan kemungkinan akan membuat keputusan akhir pada awal tahun depan.

Dalam jajak pendapat Edison Research, tujuh dari 10 pemilih paruh waktu menyatakan pandangan bahwa Biden, yang tetap sangat tidak populer, tidak boleh mencalonkan diri lagi. Dalam jajak pendapat yang sama, enam dari 10 responden mengatakan bahwa mereka memiliki pendapat yang tidak baik tentang Trump.

Kepresidenan Trump

Selama masa kepresidenannya yang penuh gejolak 2017-2021, Trump membela norma-norma demokrasi dan mempromosikan nasionalisme "America First" sambil menampilkan dirinya sebagai populis sayap kanan. Ia menjadi presiden AS pertama untuk dimakzulkan dua kali, meskipun Kongres Demokrat gagal dalam upaya mereka untuk mencopotnya dari jabatan.

Pada rapat umum yang mendahului serangan Capitol, Trump mendesak para pendukung untuk "bertarung sekuat tenaga" dan berbaris di Kongres untuk "menghentikan pencurian", tetapi massa yang kemudian menyerbu Capitol gagal mencegah Kongres secara resmi mengesahkan kemenangan pemilihan Biden.

Meskipun pejabat pengadilan dan pemilihan negara bagian menolak klaim pemilihan palsu Trump, sekitar dua pertiga pemilih Republik percaya bahwa kemenangan Biden tidak sah, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos.

Trump telah mendapat dukungan penuh semangat dari banyak orang Amerika, terutama pria kulit putih, konservatif Kristen, penduduk pedesaan, dan orang-orang tanpa pendidikan perguruan tinggi. Kritikus menuduh Trump mengejar kebijakan yang dibangun di sekitar "keluhan kulit putih" di negara dengan populasi non-kulit putih yang terus bertambah.

Lanskap politik telah berubah secara dramatis sejak dia memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 2016 dan beberapa orang di partainya, termasuk para donor utama, kelelahan dengan drama yang mengelilinginya.

 

Masa jabatan tunggalnya sebagai presiden berdiri sebagai salah satu yang paling kontroversial dalam sejarah AS. Dia mengamankan pemotongan pajak, memberlakukan pembatasan imigrasi dan mengatur pergeseran ke kanan dari peradilan federal, termasuk Mahkamah Agung.

Dia mengasingkan sekutu AS di luar negeri, meninggalkan perjanjian internasional tentang perdagangan dan perubahan iklim, dan memuji para pemimpin otoriter di luar negeri, termasuk Putin.

DPR yang dipimpin Demokrat memakzulkannya pada 2019 atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi Kongres setelah dia menekan pemimpin Ukraina untuk menyelidiki Biden dan putranya atas tuduhan korupsi yang tidak berdasar. Senat mendapatkannya, berkat dukungan Republik.

DPR memakzulkan Trump lagi seminggu sebelum dia meninggalkan jabatannya, kali ini karena menghasut pemberontakan. Dia diakuisisi oleh Senat setelah meninggalkan jabatannya, sekali lagi berkat senator Republik. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X