Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.441 views

Turki Tolak Permintaan Israel Untuk Mendeportasi Anggota Hamas

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Menteri luar negeri Turki mengatakan Turki menolak permintaan Israel untuk mendeportasi anggota Hamas, menurut laporan, di tengah kekhawatiran bahwa pemulihan hubungan Ankara dengan Israel akan menderita setelah kemenangan elektoral mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu.

Mevlut Cavusoglu dilaporkan mengatakan pekan lalu bahwa Turki tidak menyetujui permintaan untuk mendeportasi anggota Hamas, yang dibuat bulan lalu oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz selama kunjungan ke Ankara.

“Kami tidak memenuhi permintaan terkait Hamas. Kami tidak melihat Hamas sebagai organisasi teroris,” kata Cavusoglu, menurut kantor berita Turki Sozcu.

Turki, Erdogan ingin menjadi pembawa damai Timur Tengah

Omer Özkizilcik, seorang analis kebijakan luar negeri dan keamanan yang berbasis di Ankara, mengatakan kepada The Media Line bahwa Turki berharap menjadi mediator antara Israel dan Palestina, dan percaya mendeportasi anggota Hamas dapat membahayakan hal itu.

“Kami ingat, sebelum hubungan Turki-Israel rusak, Turki adalah perantara yang jujur ​​antara pihak Palestina dan pihak Israel, dan saya pikir Turki berharap untuk membangun kembali itu,” katanya.

Özkizilcik menambahkan bahwa karena Turki tidak mengklasifikasikan Hamas sebagai organisasi teroris, tidak akan ada kerangka hukum untuk mendeportasi anggotanya.

Hubungan diplomatik antara Israel dan Turki pulih sepenuhnya selama musim panas dengan Israel menunjuk seorang duta besar untuk Turki pada bulan September, dan Turki menunjuk seorang duta besar untuk Israel pada hari Jum'at.

Sementara negara-negara mempertahankan hubungan tanpa duta besar, termasuk dalam perdagangan, pariwisata, dan keamanan, posisi Turki di Hamas selalu menjadi perhatian utama Israel.

Özkizilcik mengatakan dia tidak percaya masalah ini akan berdampak besar pada hubungan antara Turki dan Israel.

Sebaliknya, dia percaya perubahan dalam pemerintahan di Israel – yang akan membuat Netanyahu kembali menjabat, dan pemilu yang akan datang di Turki akan berdampak lebih besar pada hubungan.

Hubungan tegang Erdogan dan Netanyahu

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memiliki hubungan yang tegang dengan Netanyahu, dengan kedua pemimpin saling menghina selama bertahun-tahun.

Pada 2018, Erdogan menyatakan bahwa pembunuhan puluhan pengunjuk rasa Palestina oleh pasukan Israel adalah genosida.

Setelah itu, Netanyahu menulis tweet: “Erdogan adalah salah satu pendukung terbesar Hamas dan tidak ada keraguan bahwa dia sangat memahami terorisme dan pembantaian. Saya menyarankan agar dia tidak mengkhotbahkan moralitas kepada kita.”

Erdogan menanggapi dengan tweet bahwa perdana menteri Israel memimpin "negara apartheid."

“Pemulihan hubungan Turki-Israel [dan] normalisasi hubungan tidak didasarkan pada apa pun mengenai Palestina dan partai-partai Palestina, tetapi lebih pada realitas geopolitik dan realitas energi dan ekonomi,” kata Özkizilcik. “Ini adalah pendekatan kepentingan bersama.”

Gabriel Mitchell, direktur studi sarjana di Universitas Notre Dame di Tantur di Yerusalem, mengatakan kepada The Media Line bahwa dia yakin pernyataan menteri luar negeri tentang Hamas adalah upaya untuk menarik Netanyahu ke dalam negosiasi untuk melanjutkan pemulihan hubungan.

“Saya melihat ini sebagai cara bagi Erdogan untuk mengatakan bahwa ada hadiah yang lebih besar yang tersedia jika Netanyahu bersedia untuk bertemu di tengah, jadi saya pikir pada dasarnya negosiasi normalisasi secara efektif kembali berjalan,” katanya.

Mitchell mengatakan bahwa fakta bahwa anggota Hamas tinggal di Turki adalah salah satu hambatan terbesar dalam memulihkan hubungan penuh, dan percaya jika Netanyahu menjadi perdana menteri, kesepakatan tentang hubungan diplomatik tidak akan tercapai tanpa Ankara mengambil langkah konkret melawan Hamas.

“Saya benar-benar melihat bahwa Israel seperti mundur dari prinsip inti,” kata Mitchell.

“Turki memahami bahwa pemerintahan Netanyahu tidak akan bersemangat untuk sepenuhnya memulihkan atau bergerak menuju normalisasi dibandingkan pemerintahan sebelumnya,” tambahnya.

Erdogan terus berupaya memperbaiki hubungan

Mencairnya hubungan dengan Israel adalah bagian dari upaya yang lebih luas oleh Erdogan untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara di kawasan dan Barat dengan harapan menarik investasi asing ke negaranya, yang telah berjuang di bawah mata uang yang terdevaluasi dan inflasi besar-besaran yang secara resmi dilaporkan lebih dari 80%.

Pemulihan hubungan diplomatik penuh dengan Israel telah menjadi kisah sukses di tengah tanggapan hangat dari banyak negara, terutama AS, terhadap tawaran presiden Turki.

Turki telah berulang kali menyatakan minatnya dalam kerja sama energi dengan Israel, meskipun hal itu sarat dengan beberapa komplikasi geopolitik yang melibatkan hubungan buruk Ankara dengan negara lain di kawasan yang bekerja dengan Israel.

Mitchell menunjuk teknologi dan energi terbarukan sebagai dua bidang yang akan menjadi minat utama dalam mengembangkan hubungan ekonomi yang lebih dalam dan perdagangan bilateral.

“Mendiversifikasi dan menumbuhkan serta menggabungkan pemangku kepentingan baru dalam kemitraan itu adalah tujuan utama kedua belah pihak, tetapi khususnya untuk Turki, yang ekonominya sedang menderita,” katanya. (JP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X