Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.904 views

50% Siswa Muslim Di Karnataka India Pindah Dari Kampus Pemerintah Ke Swasta Menyusul Larangan Jilbab

KARNATAKA, INDIA (voa-islam.com) - Menyusul larangan jilbab oleh pemerintah Karnataka di lembaga pendidikan, banyak siswa Muslim telah pindah ke kampus swasta dari kampus-kampus negeri.

Data yang diakses oleh Indian Express menunjukkan bahwa total 1.296 anak terdaftar di Kelas XI (juga dikenal sebagai Pre-University College PUC di Karnataka) selama tahun 2021-22. Pada 2022-23 jumlahnya 1.320.

Di kampus-kampaus negeri, 388 siswa Muslim terdaftar di Kelas XI pada 2021-22, jumlahnya menurun menjadi 186 pada 2022-23.

Menurut penelitian, hanya 91 siswi Muslim yang terdaftar di perguruan tinggi negeri pada tahun akademik ini, dibandingkan dengan 178 pada tahun akademik 2021-2022.

Jumlah anak laki-laki Muslim yang terdaftar di perguruan tinggi negeri turun dari 210 menjadi 100.

Sebaliknya, pendaftaran siswa Muslim di perguruan tinggi pra-universitas swasta (atau tanpa bantuan) telah meningkat. 927 siswa Muslim mendaftar di PUCL di perguruan tinggi tanpa bantuan pada tahun 2022–2023 dibandingkan dengan 662 pada tahun 2021–2022. Ada peningkatan penerimaan siswa laki-laki Muslim dari 334 menjadi 440 dan penerimaan siswa perempuan Muslim dari 328 menjadi 487.

Perguruan Tinggi Salihatah PU di Udupi adalah contohnya. Menurut lembaga swasta, 30 siswi Muslim belajar di PUCI (atau Kelas 11) pada 2021-22, jumlahnya meningkat menjadi 57 pada 2022-23.

“Pendaftaran gadis Muslim di kampus PU kami hampir dua kali lipat untuk pertama kalinya. Ini adalah bukti bagaimana masalah jilbab benar-benar berdampak pada mereka secara pribadi dan akademis,” kata Aslam Haikady, administrator Saliath Group of Education seperti dikutip dari Indian Express.

Habeeb Rehman, kepala kampus Al Ihsan PU, sebuah lembaga swasta lainnya, mengatakan kepada Indian Express, “Tren pada anak laki-laki juga mungkin karena orang tua ingin mereka menjauhi agitasi tentang hijab. Mempertimbangkan komunalisasi dan politisasi jilbab di kampus PU negeri di Udupi, orang tua mungkin telah memutuskan untuk memastikan mereka fokus pada pendidikan dan disiplin di kampus PU swasta tahun ajaran ini.”

BC Nagesh, Menteri Pendidikan dan Keaksaraan Sekolah Karnataka, berkata, “Dalam hal penerimaan siswa, kami melihat tren siswa secara keseluruhan, terlepas dari agama, kasta, atau kepercayaan mereka. Kami tidak memilih komunitas atau bagian tertentu dan menilai jumlah penerimaan mereka. Pada akhirnya, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan pendidikan berkualitas kepada semua siswa, terlepas dari latar belakang mereka. Kami merasa, secara keseluruhan jumlah penerimaan seluruh mahasiswa di perguruan tinggi PU negeri meningkat jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, jika ada penurunan jumlah siswa Muslim di perguruan tinggi PU negeri Udupi, kami akan menyelidikinya.”

Menurut survei resmi, GAR (Gross Attendance Ratio) perempuan Muslim di pendidikan tinggi naik dari 1,1 persen pada 2007-08 menjadi 15,8 persen pada 2017-18. Dalam konteks ini, GAR adalah rasio wanita Muslim berusia 18 sampai 23 tahun yang kuliah dengan jumlah total wanita Muslim dalam kelompok usia tersebut.

Selanjutnya, semua siswa perempuan Muslim yang terdaftar telah tampil dalam ujian akhir yang diadakan pada April 2022, menurut satu-satunya distrik di wakil direktur Dewan PU (Pra-Universitas) Dakshina Kannada dan Udupi.

Catatan penerimaan menyoroti tren yang terlihat di Kampus PU Pemerintah di Udupi, yang menjadi pusat demonstrasi. Di sini, 41 gadis Muslim mendaftar di PU pertama pada 2021-2022, jumlah tertinggi sejak 2018-19. Pada 2022-23, perguruan tinggi memiliki 27 penerimaan baru di kelas yang sama.

Cekcok Jilbab Karnataka

Sengketa seragam sekolah dilaporkan terjadi di negara bagian Karnataka, India, pada awal Februari 2022, ketika beberapa siswa Muslim dari sebuah kampus junior yang ingin mengenakan jilbab ke kelas ditolak masuk dengan alasan bahwa hal itu melanggar kebijakan seragam perguruan tinggi.

Pemerintah Karnataka mengeluarkan perintah pada tanggal 5 Februari yang menyatakan bahwa seragam harus dipakai di mana ada kebijakan dan tidak ada pengecualian yang dapat dibuat untuk pemakaian jilbab. Beberapa lembaga pendidikan menggunakan arahan ini dan melarang masuknya gadis-gadis Muslim yang mengenakan jilbab.

Pada 10 Februari, Pengadilan Tinggi mengeluarkan keputusan sementara yang melarang semua murid mengenakan pakaian keagamaan. Arahan tersebut dilaksanakan di semua sekolah dan perguruan tinggi Karnataka, dengan siswa dan, dalam keadaan tertentu, guru diminta untuk melepas jilbab dan burqa mereka di luar gerbang sekolah.

Putusan pengadilan untuk menegakkan batasan hijab dibuat pada 15 Maret 2022. Pengadilan menetapkan bahwa jilbab bukanlah persyaratan untuk menjalankan ajaran Islam. (MM)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X