Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.686 views

Komandan Ajnad Al-Kavkaz Abdul Hakim Shishani Pindah Dari Suriah Ke Ukraina Untuk Perangi Rusia

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Seorang pemimpin organisasi jihadis Chechnya yang sebelumnya berperang di Suriah dikonfirmasi bertempur di Ukraina melawan pasukan Rusia dalam rekaman yang diterbitkan oleh intelijen militer Ukraina pada hari Sabtu (7/1/2023).

Rustam Azhiev, lebih dikenal dengan nama panggilannya Abdul Hakim al-Shishani, ditampilkan dalam video operasi di kota Bakhmut di Donbas, menembakkan apa yang diidentifikasi sebagai senjata anti-lapis baja AT-4 oleh peneliti senjata Calibre Obscura .

Sekarang menjadi pemimpin unit pejuang Chechnya di dalam Legiun Asing Ukraina – Batalyon Tujuan Khusus Kementerian Pertahanan Republik Chechnya Ichkeria – Azhiev adalah amir kelompok jihadis Ajnad al-Kavkaz.

Siapa Rustam Azhiev dan apa yang dia lakukan dalam Perang Saudara Suriah?

Ajnad al-Kavkaz adalah kelompok jihadis yang bertempur selama Perang Saudara Suriah dan terdiri dari pejuang Chechnya yang berada di pengasingan setelah datang ke Turki untuk perawatan medis atau perlindungan sementara setelah Perang Chechnya Kedua.

Di Suriah, Ajnad al-Kavkaz berperang melawan rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad, pada saat itu bersekutu dengan Jabhat Al-Nusrah dan kelompok terkait Al-Qaidah lainnya, menurut The Intercept. Namun, Azhiev menolak label terorisme yang diterapkan pada kelompoknya, mengatakan kepada The Intercept dalam wawancara tahun 2016 bahwa kebijakan Ajnad al-Kavkaz tidak menargetkan wanita, anak-anak, atau orang tua. Menurut peneliti Joanna Paraszczuk dari Chechnya di Suriah, Ajnad al-Kavkaz telah mengeluarkan pernyataan menentang Islamic State (IS) dan menargetkan semua warga sipil.

Azhiev mengatakan kepada The Intercept bahwa dia adalah seorang jihadis, dan tujuan organisasi tersebut adalah untuk membebaskan tanah airnya di Chechnya. Suriah menawarkan kesempatan baginya untuk berperang melawan Rusia, yang mempertahankan kehadiran militer yang besar di negara itu.

Rusia memiliki pangkalan udara di Latakia dan fasilitas angkatan laut di Tartus. Angkatan udara Rusia telah menerbangkan patroli di langit Suriah, mengharuskan Israel untuk menavigasi hubungan diplomatik yang tidak nyaman dengan Kremlin untuk melakukan serangan udara terhadap infrastruktur Iran di dalam negeri. Hal ini pada gilirannya telah menciptakan tindakan penyeimbangan bagi Israel dalam hubungannya dengan Ukraina selama perang.

Sekarang, sebagai bagian dari Legiun Asing Ukraina, Azhiev pada 15 Oktober dipromosikan menjadi kolonel angkatan bersenjata Republik Chechnya Ichkeria di pengasingan, menurut intelijen Ukraina.

Pada 2016, Azhiev memberi tahu The Intercept bahwa pada akhirnya akan ada perang global dengan Rusia yang akan memberinya kesempatan untuk membebaskan tanah airnya.

Pejuang Chechnya juga aktif di pihak Rusia dalam konflik tersebut. Sejak invasi ke Ukraina pada 24 Februari, tentara Chechnya yang setia kepada sekutu Putin dan kepala Republik Chechnya Ramzan Kadyrov aktif dan terkenal di medan perang. Kadyrov mengkritik manajemen perang, mendorong pendekatan yang lebih agresif.

Kelompok tentara bayaran Wagner juga dilaporkan oleh intelijen Ukraina merekrut para pembangkang politik Chechnya dari penjara, untuk berperang dalam perang dengan imbalan pengampunan. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengutuk praktik tersebut pada hari Kamis sebagai "taktik biadab."(JP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X