Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.241 views

Netanyahu Bertemu Penasihat Keamanan AS Bahas Normalisasi Hubungan Dengan Saudi

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membahas normalisasi hubungan dengan Arab Saudi dalam pembicaraan dengan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada hari Kamis (18/1/2023), kata kantornya.

Netanyahu, yang kembali berkuasa bulan lalu dengan pembentukan pemerintahan baru, juga memimpin pada tahun 2020 ketika Israel menjalin hubungan dengan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko sebagai bagian dari Abraham Accords.

Perdana Menteri Israel itu telah berulang kali menyatakan keinginannya untuk melihat Arab Saudi bergabung dalam daftar tersebut.

Dalam pembicaraan mereka, Netanyahu dan Sullivan membahas "langkah-langkah untuk memperdalam Abraham Accords dan memperluas siklus perdamaian, dengan penekanan pada terobosan dengan Saudi," kata kantor pemimpin Israel dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga membahas upaya bersama untuk mengekang program nuklir Iran dan kegiatan regionalnya, dengan Netanyahu berterima kasih kepada tamunya dari Amerika atas komitmen Presiden Joe Biden untuk mencegah Teheran memperoleh senjata nuklir, kata pernyataan itu.

“Anda datang pada waktu khusus karena kami memiliki tantangan akut terhadap keamanan kami dan peluang besar untuk perdamaian,” kata Netanyahu dalam pidato televisi yang disampaikan oleh kantornya.

“Saya yakin dengan bekerja sama kita dapat menghadapi tantangan dan mewujudkan peluang,” katanya. “Itu adalah sesuatu yang mendukung aliansi luar biasa kami tetapi juga dapat mengubah kawasan dan mengubah sejarah.”

Gedung Putih mengatakan bahwa Sullivan menegaskan kembali janji AS untuk "memastikan Iran tidak akan pernah memperoleh senjata nuklir".

Netanyahu dan Sullivan "juga membahas Ukraina, serta kemitraan pertahanan yang berkembang antara Rusia dan Iran dan implikasinya terhadap keamanan di Timur Tengah," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson dalam sebuah pernyataan.

Menyinggung area di mana pemerintah Israel garis keras baru dan pemerintahan Biden tidak saling berhadapan, Sullivan mengatakan dia menentang kebijakan yang membahayakan "keberlangsungan" negara Palestina di masa depan, menurut pernyataan itu.

Sullivan juga “menggarisbawahi pentingnya menghindari langkah sepihak oleh pihak mana pun yang dapat mengobarkan ketegangan di lapangan, dengan perhatian khusus untuk mempertahankan status quo bersejarah sehubungan dengan tempat-tempat suci di Yerusalem.”

Kunjungan Sullivan, yang pertama oleh seorang pejabat senior AS sejak pemerintahan baru Netanyahu dilantik, juga membuatnya bertemu dengan Presiden Isaac Herzog pada hari Rabu untuk pembicaraan tentang "cara memperdalam kerja sama strategis", kata kantor Herzog.

Sebelum berbicara dengan Netanyahu pada hari Kamis, Sullivan telah bertemu dengan kepala agen mata-mata Israel Mossad, David Barnea, dan penasihat keamanan nasional Israel Tzachi Hanegbi.

Hanegbi dan Sullivan juga mengadakan panggilan video dengan rekan-rekan Emirat dan Bahrain mereka, dengan empat "berkomitmen untuk meningkatkan Abraham Accords", kata kantor Netanyahu. (AN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X